Celebrity

Ini Profil dan Fakta Unik Song Joong Ki yang Perlu Kamu Tahu

  by: Alvin Yoga       13/7/2019
  • Nama Song Joong-ki mulai benar-benar dikenal di seluruh dunia sebagai Hallyu superstar ketika ia berhasil mengambil alih hati para penggemarnya lewat perannya sebagai Kapten Yoo Si-jin dalam drama Descendants of the Sun pada 2016 lalu. Ia bahkan menjadi headline (dan membuat para penggemar menangis) setahun setelah serial tersebut rilis, ketika ia akhirnya memutuskan untuk menikahi lawan mainnya dalam Descendants of the Sun, Song Hye-kyo. Baru-baru ini, ia kembali menjadi headline, dengan sebuah berita mengejutkan yang menyatakan bahwa ia melayangkan surat perceraian pada istrinya.

    But let's put that big news aside. Bagi kamu yang belum tahu, tahun 2018 merupakan tahun ke-10 bagi Song Joong-ki dalam derap kariernya sebagai seorang aktor. Sebagai bentuk rasa terima kasihnya pada para penggemarnya, aktor Korea Selatan tersebut bahkan menyempatkan diri untuk keluar dari masa hiatusnya demi merayakan hari spesialnya tersebut. 1 September 2018 pun menjadi hari yang begitu menyenangkan bagi para Ki Aile, sebutan bagi loyal fan club Song Joong-ki (artinya adalah sayap-sayap Song Joong-Ki).




    Kehidupan sebelum menjadi aktor

    Dilahirkan pada 19 September 1985, Song Joong-ki merupakan anak kedua dari tiga bersaudara (ia memiliki seorang saudara lelaki yang lebih tua dan seorang saudara perempuan yang umurnya tujuh tahun lebih muda dari dirinya). Joong-ki awalnya tinggal di sebuah daerah kecil di pinggir kota Daejeon, sebuah kota yang terletak di tengah Korea Selatan. Seperti yang sering ia sendiri katakan di beberapa wawancara, Song Joong-ki adalah seorang yang pemalu - bahkan sejak ia masih kecil. Namun ia sangat berbakat di bidang olahraga, dan nilai-nilai akademiknya pun memuaskan. Ia bahkan membawa kebanggaan bagi kota kelahirannya ketika ia memenangkan beberapa kompetisi skating, serta meraih nilai-nilai pelajaran yang sempurna di sekolahnya. Untuk menghadapi rasa malunya yang tinggi serta mengajarinya untuk mau lebih banyak bersosialisasi, orang tuanya kemudian memasukkannya ke dalam kelas akting - akar dari keberhasilannya saat ini. Di masa-masa latihannya tersebut, ia tetap konsisten menjadi model student dan nilai-nilai sempurnanya kemudian membawanya masuk ke Sungkyunkwan University yang terkenal, di mana ia akhirnya lulus dengan gelar di bidang Administrasi Bisnis pada tahun 2012 silam.



    Peran Song Joong-ki yang tidak terlupakan

    Song Joong-ki kemudian melakukan debutnya di dunia hiburan pada tahun 2008 dengan bermain di sebuah film historis berjudul A Frozen Flower, bersama sederet artis ternama lainnya seperti Jo In-sung, Song Ji-hyo, dan Joo Jin-mo. Aktingnya yang menarik kemudian membuahkannya banyak tawaran. Setahun setelahnya, ia bermain di sebuah film pendek Believe in the Moment, yang merupakan bagian dari film Five Senses of Eros. Eksposur di layar kaca pun ia dapatkan dengan bermain di Triple, Will it Snow for Christmas? serta sebuah drama medis berjudul OB/GYN Doctors.



    Perlahan-lahan, para pelakon dunia hiburan serta masyarakat Korea Selatan mulai mengenali wajahnya. Kepopulerannya pun menapak naik, masih lamban memang, namun pasti. Ia pun dikenal dengan fiturnya, "flower boy", yang menggoda, terutama ketika di tahun 2010 silam ia mendapatkan peran yang memorable, yaitu sebagai seorang playboy yang memikat, Yeo-rim, dalam sebuah serial drama historis Sungkyunkwan Scandal bersama dengan Park Min-young (yang kamu kenal di drama What's Wrong with Secretary Kim?), Park Yoo-chun (dari grup K-pop JYJ), serta Yoo Ah-in (yang juga akan tampil pada Descendants of he Sun). Para penggemarnya pun mulai bertumbuh, thanks to adegan-adegan bromance-nya yang menggemaskan bersama dengan Yoo Ah-in di layar kaca - yang bahkan menghadiahi keduanya Best Couple Award di KBS Drama Awards pada tahun 2010 silam.

    Dan jangan lupakan perannya yang atletis, kompetitif, serta down-to-earth dalam variety show terkenal asal Korea Selatan, Running Man. Meski dirinya sering kalah dalam permainan, acara tersebut tetap sukses melambungkan popularitasnya. Walau hanya sempat bergabung selama setahun, namun ternyata Song Joong-ki banyak meninggalkan memori berharga bagi para fans acara tersebut berkat persahabatannya yang kental bersama sang BFF, Lee Kwang Soo. Psst, ia juga sering mengajak sahabatnya tersebut muncul di berbagai serial drama yang ia perankan. What a good man he is!





    Brand kecantikan asal Korea Selatan, Tony Moly, kemudian menyadari kepopuleran Song Joong-ki, dan mengakui bahwa ia memiliki kulit wajah yang sempurna. Song Joong-ki pun menjadi spokesperson resmi untuk brand tersebut pada tahun 2010. Tak butuh lama hingga brand-brand lain kemudian mulai ikut melakukan endorsement pada dirinya. Hingga akhirnya Song Joong-ki memutuskan untuk lebih serius di dunia akting. Ia kemudian mendapatkan peran utama pertamanya dalam film Penny Pinchers di tahun 2011. Karismanya yang menguar di film tersebut membuatnya langsung menduduki peringkat atas pelakon drama terbaik, membuatnya ditawari sederet peran penting lain seperti King Sejong muda dalam Deep Rooted Tree, dan tentunya perannya yang menyentuh hati dalam A Werewolf Boy (a must-watch for true fans) di mana ia bermain bersama aktris terkenal Park Bo-young (yang juga bermain dalam Strong Woman Do Bong Soon). Film terakhirnya tersebut, A Werewolf Boy, memberikan dirinya kesempatan untuk bersinar, karena di film tersebut ia tampil jauh dari kesan glamor - dan justru hampir tak mengeluarkan sepatah kata pun, membuat akting dan ekspresi wajahnya yang menyentuh menjadi pusat perhatian para pembuat film di Korea Selatan. Kalimat yang ia katakan di akhir film, bahkan bisa dikatakan berhasil menjadi punch line yang sempurna (pastikan kamu menyiapkan sekotak tisu di tangan sebelum menonton film ini).

    Song Joong-ki kemudian menerima tawaran bermain sebuah film drama, The Innocent Man, sebelum akhirnya ia memenuhi kewajibannya untuk wajib militer. Di film tersebut, ia bermain bersama Moon Chae-won dan berhasil menunjukkan bahwa dirinya cocok menjadi pemain utama yang memikat hati. Ia pun dikabarkan masuk ke dalam unit infanteri pada Agustus 2013, dan selama dua tahun ia bertugas di kota Chuncheon. 

    Dua tahun merupakan waktu yang tak terbuang sia-sia - baik bagi Song Joong-ki, maupun para penggemar yang setia menunggunya. Begitu selesai dari wajib militer, Song Joong-ki langsung menerima tawaran bermain dalam sebuah serial drama yang melambungkan namanya, Descendants of the Sun, sekaligus mengukuhkan kembalinya ia ke dalam industri hiburan. Dalam drama tersebut, setiap orang bisa melihat bahwa ada begitu banyak perubahan dalam dirinya, termasuk di antaranya adalah kemampuan aktingnya yang terus meningkat, serta aura memikatnya yang sulit ditepis - membuat setiap orang mengakui kehebatannya, baik di dalam maupun di luar layar kaca.



    “Song Joong Ki Effect” yang melanda seluruh dunia - terutama bagi mereka yang menonton serial drama Descendants of the Sun - membuahkan sang aktor sebuah penghargaan, yaitu menjadi Honorary Ambassador bagi Korea Tourism Organization di tahun 2016. Hal ini membuat seluruh brand yang mengusung Song Joong-ki sebagai brand model, mulai dari makanan, fesyen, kosmetik, lini penerbangan (bahkan hingga rice cooker!), seluruhnya laku keras di pasaran. Para penggemarnya bertambah banyak dan masif hanya dalam waktu singkat, dan nampaknya mereka tak bisa puas hanya dengan menonton ulang drama tersebut. Di tahun 2017, Song Joong-ki kemudian bermain dalam sebuah film aksi berjudul Battleship Island, bersama dengan beberapa aktris-aktor legendaris seperti Hwang Jung-min dan So Ji-sub. Promosi film tersebut kemudian menjadi awal masa hiatus bagi aktivitas Song Joong-ki di dunia hiburan. Setelah bekerja tanpa-henti sepulangnya ia dari wajib militer, ia lalu memutuskan bahwa sudah saatnya untuk beristirahat sejenak, serta membagi waktunya yang berharga untuk hal-hal yang lebih personal, seperti berkomitmen.






    Kedekatan dengan penggemarnya

    Salah satu hal yang membuat Song Joong-ki berbeda dengan aktor Korea Selatan lainnya mungkin adalah kesederhanaan, serta perhatiannya yang besar pada para penggemarnya. Semisal, surat yang ia tulis untuk para penggemarnya ketika ia menyatakan cintanya pada Song Hye-kyo pada Oktober 2017 lalu. Isi pesan tersebut bisa dikatakan cukup personal, dan penuh dengan kepedulian, seakan-akan ia memang merupakan bagian utuh dari lingkup hidup para fans-nya. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Esquire Korea pada September 2018 silam, ia menunjukkan sisi romantisnya dengan mengaku, "Beberapa pria mungkin menganggap kekayaan atau kepopuleran sebagai suatu hal yang penting dalam hidup, tetapi menurut saya, yang bisa membuat lelaki berubah seutuhnya menjadi pria dewasa, adalah ketika ia mencintai pasangan hidupnya sampai akhir hayat, tanpa sekalipun meragukannya."


    “Some men may find riches or fame important in life, but I think that for a man to become the manliest he must love his woman until the end, without changing.” - Song Joong-ki, Esquire Korea, Sept 2018.


    Seperti yang kita semua tahu, setelah menikah, Song Joong-ki seperti menghilang dari dunia hiburan. Ia memang sempat menolak beberapa tawaran bermain drama. Dan ketika ia memutuskan untuk kembali ke dunia hiburan, prioritas pertamanya adalah bertemu kembali dengan orang-orang yang membantunya menjadi aktor sebesar sekarang - para penggemarnya. Fan meeting yang ia gelar, "Our Day Together", berlangsung pada 1 September 2018 silam di Kyung Hee University Peace Hall, dan dipenuhi oleh para penggemar dari Korea serta mancanegara. Tentu saja di acara tersebut ia tak sendirian. Ditemani dengan beberapa sahabat terdekatnya seperti Lee Kwang Soo, Junho (dari grup 2PM), serta aktor Kim Min-seok (yang juga bermain di Descendants of the Sun) mereka berpartisipasi dalam beberapa permainan yang sudah disiapkan, serta membagikan beberapa fakta unik mengenai Song Joong-ki yang mungkin belum diketahui publik - membuat para penggemarnya berteriak histeris ketika mendengarnya.



    Salah satu highlight penting dari acara tersebut adalah ketika Song Joong-ki membaca sebuah pesan yang ia tulis sendiri bagi para penggemarnya. Dalam pesannya, ia berterima kasih pada mereka yang telah terus mendukungnya tanpa henti, serta berjanji akan segera kembali ke dunia hiburan dengan karakter baru yang menarik, performa yang lebih baik, serta akan melakukan lebih banyak aktivitas lain agar mereka bisa terus melihatnya. Ia juga berkata bahwa merupakan suatu kehormatan baginya, untuk bisa bertemu dengan orang-orang yang mau meluangkan waktunya selama 10 tahun terakhir, mendukungnya dalam kariernya dan berkata bahwa ia mencintai mereka semua.



    Untuk para penggemarnya, janji tersebut terbayarkan ketika ia mengumumkan bahwa ia akan bermain dalam sebuah drama historis berjudul Arthdal Chronicles. Diambil dari nama ibukota Gojoseon, kerajaan pertama Korea, drama tersebut menyajikan penampilan yang apik dari Song Joong-ki, bersama sederet aktris dan aktor seperti Kim Ji-won (rekan mainnya dalam Descendants of the Sun) serta Jang Dong-gun (juga bermain dalam Suits). Belum menonton dramanya? Percayalah, kamu tak mau melewatkan drama yang satu itu.



    Teruslah berakting, Song Joong-ki, Ki Aile akan terus mendukungmu!



    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Instagram, Layout: Severinus Dewantara)