Beauty

Manfaat Es Batu untuk Wajah

  by: Yovita Pratiwi       15/7/2019
  • Di musim panas, seringkali kondisi kulit jadi tak menentu. Terutama saat kilau alami kulit ikut meleleh bersama dengan keringat, dan perawatan kulit terasa tak mempan. Tapi ladies, tahukah kamu, ada senjata rahasia untuk keluhan-keluhanmu seputar kecantikan? Jawabannya adalah es batu! Wait, what?! Ternyata, es batu memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rutinitas makeup kita, lho


    Menggosokan es batu pada wajah setelah hari yang panjang memang terasa menyegarkan. Jika stres harian mempengaruhi kulitmu, es batu dapat membantu dengan cara meningkatkan sirkulasi darah ke wajah dan membuat wajahmu jadi lebih cerah.




    Di Korea, tren ‘Ice Facial’ telah menjadi hal yang lazim. Hal ini menginspirasi banyak orang di seluruh dunia untuk menggosokan es batu pada wajah mereka agar terlihat lebih mulus dan bercahaya. Ingin tahu apa saja khasiat es batu untuk wajah? Yuk, simak!


    1. Kunci Agar Kulit Terlihat Bercahaya


    Semua orang pastinya ingin kulit yang tampak cerah dan bercahaya. Pijatan dengan es batu pada wajah dapat mewujudkannya untukmu. Aktivitas ini dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan membuatnya cerah. Mengaplikasikan es pada wajah akan mengencangkan pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah untuk kulit akan menjadi lebih pelan. Untuk menyeimbangkannya, tubuhmu akan mulai menyediakan lebih banyak darah untuk wajahmu, yang membuatnya jadi lebih segar bercahaya. 


    2. Meningkatkan Penyerapan Produk


    Ini adalah trik lama yang memastikan kulit dapat menyerap seluruh produk yang kamu aplikasikan. Jika kamu mengaplikasikan krim malam atau serum apapun untuk kulitmu, gosokkan es batu diatasnya. Hal tersebut dapat mengencangkan pembuluh darah pada wajahmu dan menciptakan efek tarikkan pada kulit, dan membantu kulit agar menyerap produk secara maksimal.


    3. Menghilangkan Kantung Mata Hitam


    Mengaplikasikan es pada wajahmu secara reguler dapat membantumu mengatasi kantung mata hitam yang membandel. Yang perlu kamu lakukan adalah merebus air mawar dan mencampurkannya dengan sari timun. Bekukan campuran ini hingga jadi es dan aplikasikan pada area matamu. Namun, jangan berharap perubahan terjadi dalam waktu semalam. Diperlukan beberapa waktu untuk melihat hasilnya. 


    4. Menenangkan Jerawat Pada Wajah


    Jika kamu tengah frustasi menghadapi jerawat pada wajah, biarkan es batu mengambil alih. Saat kamu mengaplikasikan es batu pada wajah, produksi minyak pada kulit jadi lebih minim. Hal ini juga dapat membantu untuk sembuhkan jerawat dan pembengkakan akibat jerawat. 


    5. Mata Yang Tampak Lelah




    Mata yang tampak lelah tentunya tak terlihat menarik. Akumulasi cairan pada area bawah mata dapat diobati dengan menggunakan es batu. Cukup aplikasikan dengan gerakan melingkar dari bagian dalam mata hingga ke bagian alis. Aktivitas ini dapat mengurangi pembengkakan. 


    6. Mengecilkan Pori


    Wajahmu memiliki pori yang akan memproduksi minyak alami dan keringat, jadi sebaiknya jaga kebersihannya. Namun, jika debu dan kotoran terakumulasi pada pori, jerawat akan muncul. Mengaplikasikan es batu pada wajah sehabis membersihkannya dapat menyusutkan pori. Hal ini dapat mencegah menumpuknya kotoran pada pori dan menjaga kulit tetap bersih. 


    7. Mengurangi Kerutan


    Meskipun penuaan tak dapat dihindari, kamu dapat mencegahnya agar tak terjadi terlalu dini. Aplikasikan es batu untuk mengontrol kerutan dan tanda-tanda penuaan. Tak hanya mengurangi tampilan kerutan, namun juga bisa mencegah terbentuknya kerutan yang baru.


    8. Melembutkan Bibir


    Bibirmu kering dan mengelupas? Aplikasikan es batu untuk meredakan inflamasi. Selain itu, jangan lupa untuk minum air yang cukup agar kulit dan bibir terhidrasi. 


    9. Mengatasi Luka Terbakar Matahari


    Es batu dapat menjadi obat ajaib untuk luka akibat terbakar matahari. Setelah mengaplikasikan es batu pada area yang terbakar, kamu akan melihat perubahan signifikan pada inflamasi dan kemerahan. Sunburns akan perlahan hilang seiring waktu.



    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. It's Me Neosiam on Pexels)