Lifestyle

Resep Membuat Bubble Tea Sendiri, Coba Yuk!

  by: Yovita Pratiwi       16/7/2019
  • Ingin coba membuat bubble tea sesuai dengan seleramu di rumah? We’ve got you covered. Kamu dapat memperoleh bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat milk tea di supermarket terdekat. Bahkan, tak mustahil untuk membuat chewy boba sendiri, lho! Simak bagaimana caranya membuat pearl milk tea alias bubble tea sendiri di rumah!


    Cara Membuat Milk Tea




    Mulai dengan teh yang akan kamu gunakan. Saat kamu membeli milk tea di toko, biasanya tersedia variasi seperti black, green, Hokkaido, Okinawa, dan wintermelon. Di rumah, kamu dapat menggunakan teh favoritmu.


    Teh sangat mudah ditemukan di supermarket atau bahkan minimarket. Kamu juga dapat mengunjungi toko yang khusus menjual teh dengan rasa dan perpaduan yang unik. 


    Pilih Oolong, black tea, green tea, atau jasmine jika kamu membutuhkan kafein. Atau, jika kamu bukan penggemar kafein, pilih chamomile atau peppermint yang memiliki rasa herbal yang kuat. Kamu juga dapat menggunakan bubuk matcha. Atur kekuatan rasa teh yang kamu buat dengan mengatur lama waktu merendam teh. Untuk pemanis dan susu, kamu dapat memilih yang sesuai dengan seleramu, dan biasanya sangat mudah ditemukan. Kamu dapat menggunakan gula putih yang tersedia di rumah, atau gula merah, atau gunakan sirup gula atau madu. Sementara untuk susu, full-cream atau whole milk adalah pilihan terbaik jika kamu menginginkan rasa yang creamy. Namun, kamu juga dapat menggabungkannya dengan susu low-fat atau susu berbasis sayuran seperti susu kacang atau susu almond. 


    P.S. Jangan lupa siapkan es yang cukup!


    Kamu dapat membeli boba alias pearls yang siap masak. Toko-toko yang menjual bahan spesial untuk memasak biasanya menjual boba dari tapioka yang telah dikemas per kilogram. Kamu juga dapat membelinya secara online. Biasanya, sudah ada aturan masak yang tertera pada kemasan.


    Cara Membuat Boba atau Tapioca Pearls Sendiri


    Jika kamu adalah seorang ratu DIY, kamu hanya membutuhkan 3 atau 4 bahan untuk membuat boba. Kuncinya adalah tepung tapioka atau pati, yang dapat kamu peroleh di toko bahan kue atau secara online. Atau jika kamu tak keberatan dengan warna boba yang bening, langkahi step ini. Berikut resep untuk membuat boba tapioka (sekitar 2 porsi):


    Yang kamu butuhkan:

        • 2 ½ gelas air

        • 6 sendok teh tepung tapioka atau pati

        • Optional: pewarna makanan warna hitam (alternatif: activated charcoal atau black sugar)

        • Madu atau sirup gula dalam mangkuk kecil (Note, jika kamu tidak mau boba yang terlalu manis, campurkan sirup dengan air)

        • Sendok dan gelas pengukur

        • Panci untuk merebus

        • 2 mangkuk kecil

        • Garpu

        • Sendok besar


    Cara Memasak:

    1. Rebus air dalam panci

    2. Masukkan tepung tapioka ke dalam mangkuk, tambahkan 1 sendok teh air panas.



    3. Pada mangkuk yang lain, campurkan 2-3 tetes pewarna makanan warna hitam dengan 1 sendok teh air panas. Tuangkan campuran ini ke mangkuk yang berisi tapioka dan air panas.

    4. Aduk dengan menggunakan garpu, lalu remas adonan menggunakan tangan sampai adonan lembut.

    5. Bagi adonan jadi 2 bagian, lalu gulung menjadi bentuk stik (sekitar 1cm tebalnya). Potong stik dalam bagian-bagian lebih kecil, lalu gulung jadi bentuk bola.

    6. Rebus air sampai mendidih dan masukkan butir-butir tapioka. Aduk dan masak selama 15 menit hingga kamu mendapatkan konsistensi yang kenyal. 

    7. Matikan api, biarkan selama beberapa menit. Setelah boba mendingin, menyusut, dan berubah warna jadi hitam, pindahkan ke mangkuk berisi sirup gula atau madu.


    Note: Boba yang telah dimasak harus segera dikonsumsi dalam rentan waktu 8 jam. 


    Menginginkan brown sugar pearls? Kamu dapat membuatnya dengan menggunakan resep yang sama, namun modifikasi langkah terakhir. Daripada membiarkan boba dalam suhu ruangan, letakkan ke dalam air es untuk menghentikan proses memasak. Lalu, dalam panci dengan panas yang rendah, masukkan 1½ gelas air, aduk sembari mencampurkan 8 sendok teh gula merah. 


    Saat kamu telah mendapatkan sirup yang pas, masukkan boba yang telah didinginkan dan aduk. Pastikan aduk dengan baik untuk mencegah boba saling menempel. Setelah 5 hingga 10 menit, kamu dapat menggunakan boba gula merah dan sirup untuk milk tea kamu. 


    Resep Mudah Membuat Milk Tea


    Cukup mudah untuk membuat milk tea jika semua bahan-bahanmu termasuk boba telah tersedia. Setelah merendam teh dalam air panas selama beberapa menit (biasanya 3-5), dinginkan pada suhu ruangan. Kamu dapat meletakannya ke dalam kulkas untuk mempercepat prosesnya.  


    Jika kamu menggunakan gula pasir, kamu dapat mempermanis rasa tehnya selagi masih panas. Jika kamu ingin mengatur tingkat kemanisan setelah menambahkan susu, kamu dapat menggunakan sirup gula atau madu nantinya.


    Untuk milk tea ukuran tall, tambahkan sekitar 2 sendok teh boba (atau sebanyak apapun yang kamu mau!) . Lalu, isi gelas dengan es batu dan tambahkan teh yang telah didinginkan. Aduk sembari menambahkan 3 sendok teh susu, lalu coba untuk mengetes tingkat kemanisan. Atur proporsinya sesuai dengan seleramu. 


    Topping Tambahan Yang Bisa Kamu Coba


    Silahkan bereksperimen untuk menciptakan kombo milk tea yang kamu suka. Ada banyak pilihan topping yang dapat menambahkan varian rasa yang bermacam-macam. Coba tambahkan salted cream, rock salt dan cheese cream, atau satu scoop es krim favoritmu. Atau kamu bisa mengganti boba (atau tambahkan) pudding, nata de coco, coffee jelly, hingga chia seeds.


    Kamu juga bisa tambahkan remahan Oreo, taro, kacang merah, atau apapun yang kamu inginkan. The possibilities are endless! Good luck!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Yovita Pratiwi / Images: Rosalind Chang on Unsplash)