Lifestyle

11 Lokasi Syuting Drama Korea yang Menarik Untuk Dikunjungi

  by: Alvin Yoga       27/7/2019
  • Kalau kamu termasuk salah satu orang yang gemar maraton serial drama Korea, kamu pasti menyadari bahwa ada beberapa lokasi syuting yang familier dan (sebenarnya) bisa kamu kunjungi kala berlibur ke Korea Selatan. Mulai dari Nami Island untuk serial drama Winter Sonata, sampai N Seoul Tower untuk serial drama Boys Over Flowers, berikut ini adalah 11 daftar destinasi liburan yang bisa kamu tambahkan ke dalam itinerary, just in case kamu sedang ingin berlibur ke Korea Selatan. Simak!


    1. Nami Island

    Kamu mungkin mengenalnya dari: Winter Sonata (2002)



    Siapa sih yang tak mengenal serial drama yang satu ini? Winter Sonata bahkan disebut-sebut sebagai serial drama pertama yang berhasil memasarkan drama Korea ke seluruh Asia. Adegan-adegannya yang tak terlupakan kebanyakan diambil di pulau ini, dan sejak saat itu, pulau ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang penasaran dengan lokasi aslinya.


    2. Sanmotoonge Cafe

    Kamu mungkin mengenalnya dari: Coffee Prince (2007)

    Bagi para penggemar kopi, kamu jelas tak boleh melewatkan kafe yang satu ini. Selain menyajikan kopi (pesan americano-nya, ya!), kafe berlantai dua ini juga terkenal akan view-nya yang cantik. Waktu terbaik untuk menikmati tempat ini adalah menjelang matahari terbenam, karena kamu bisa menikmati sunset sambil menyesap kopi di lantai atas, atau duduk bersantai di taman di samping kafe sambil menyeruput segelas kopi hangat. Aaah, kalau saja ada Gong Yoo seperti di serial drama Coffee Prince, pasti jadi sempurna!


    3. Petite France

    Kamu mungkin mengenalnya dari: My Love from the Stars (2013)

    Area yang dibuat mirip seperti Strasbourg, Prancis ini terletak di daerah Gyeonggi, Korea. Lokasinya sendiri agak jauh dari pusat kota di Seoul, dan justru lebih dekat dengan Nami Island. Petite France sendiri sebenarnya merupakan sebuah theme park, dan ikonis dengan patung Little Prince-nya - karakter rekaan Saint-Exupery, penulis novel legendaris berjudul Le Petit France. Nah, kalau kamu pernah menonton My Love from the Stars, kamu pasti ingat dengan adegan di mana Do Min-joon (diperankan oleh Kim Soo-hyun) mencium Cheon Song-yi (diperankan oleh Jun Ji-hyun). Berlatar perumahan mungil berwarna-warni dan lampu-lampu kecil yang cantik, adegan tersebut pun sukses menjadi salah satu adegan paling romantis di sejarah serial drama Korea.


    4. N Seoul Tower

    Kamu mungkin mengenalnya dari: Boys Over Flowers (2009)

    Dikenal juga dengan Namsan Tower atau Seoul Tower. Terletak di Gunung Namsan, area wisata ini selalu dipenuhi dengan pengunjung - setiap waktu - bahkan sampai sekarang. Kalau kamu mengaku penggemar berat Lee MIn-ho, kamu wajib banget datang ke tempat ini untuk mencoba sendiri cable car yang sempat menjadi lokasi syuting untuk Boys Over Flowers. Yup, kamu pasti masih ingat kan, adegan di mana tuan muda Gu Jun-pyo (diperankan oleh Lee Min-ho) bermalam bersama Geum Jan-di (diperankan oleh Ku Hye-sun) di cable car? Can hardly forget that one.


    5. Cheonjuho Lake

    Kamu mungkin mengenalnya dari: The Legend Of The Blue Sea (2017)

    Siapa sih yang bisa melupakan adegan reuni romantis antara Se-hwa (yang diperankan oleh Jun Ji-hyun) dan Dam-ryung (yang diperankan oleh Lee Min-ho)? Adegan romantis tersebut ternyata diambil di Cheonjuho Lake yang terletak di Pocheon Art Valley, di mana kamu bisa melihat air jernih berwarna hijau - hasil dari pantulan warna tebing-tebing yang dipenuhi pepohonan di sekitarnya. Epic!


    6. Jumunjin Beach

    Kamu mungkin mengenalnya dari: Goblin (2016)

    Bawa syal merah favoritmu karena mungkin kamu akan bertemu dengan sang Goblin di Jumunjin Beach. Terletak di Gangwon, pantai yang terkenal akan deburan ombaknya yang ganas tersebut pasti membuatmu teringat dengan momen ketika Ji Eun-tak (yang diperankan oleh Kim Go-eun) tak sengaja "memanggil" Kim Shin (yang diperankan oleh Gong Yoo). Kamu tak punya scarf merah? Tenang saja, kamu bisa menyewa jasa peminjaman syal merah plus bunga buckwheat hanya dengan 1000 won atau sekitar Rp12.000,- saja!




    7. Taebaek City

    Kamu mungkin mengenalnya dari: Descendants of the Sun (2016)

    Sekitar 180 km jauhnya dari Seoul, terdapat sebuah kota bernama Taebaek, yang bisa kamu tempuh dengan kereta selama 2 jam. Daerah ini mulai ramai pengunjung sejak para penggemar Descendants of the Sun mengetahui bahwa tempat ini dipakai sebagai lokasi syuting untuk daerah fiktif bernama "Urk" - yang merupakan markas militer dari Kapten Yoo Si-jin (diperankan oleh Song Joong-ki). Walaupun pada akhirnya set syuting tersebut dirobohkan karena izin pembangunannya berakhir, para fans di seluruh dunia tetap meminta agar markas militer fiktif tersebut bisa kembali dibangun, dan dibuka sebagai tempat wisata bagi para pengunjung yang penasaran. Hmmm, suatu ide yang menarik!


    8. Baekje Cultural Land

    Kamu mungkin mengenalnya dari: Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

    Pengambilan gambar dari serial drama Korea yang dipenuhi oleh deretan aktor-aktor tampan ini ternyata dilakukan di Baekje Cultural Land. Terletak sekitar tiga setengah jam jauhnya dari selatan kota Seoul, area ini memang didirikan untuk membangun kembali struktur istana Baekje yang historis dari zaman Three Kingdoms. Di sini, kamu seakan bisa melihat dan merasakan sendiri keadaan Korea di zaman lampau. Berkelilinglah untuk mengeksplor berbagai makam kuno dari anggota keluarga kerajaan, benteng-benteng tinggi, desa-desa khas Korea zaman lampau, dan berbagai lokasi menarik lainnya. Kalau kamu berkunjung ke sini, jangan lupa juga untuk mengunjungi kuil Neungsa, pagoda kayu setinggi 38 meter yang ikonis.


    9. Hantangang Sky Bridge

    Kamu mungkin mengenalnya dari: What's Wrong with Secretary Kim? (2018)

    Bagi kamu penggemar drama romantis What's Wrong with Secretary Kim?, kamu pasti ingat sebuah adegan di mana Lee Yoong-joon (yang diperankan oleh Park Seo-joon) dan Kim Mi-so (yang diperankan oleh Park Min-young) saling bertukar cerita mengenai masa kecil mereka ketika sedang berjalan di sky bridge terkenal ini. Nah, kalau kamu ingin mengunjungi tempat tersebut, saran Cosmo adalah datang ketika menjelang matahari terbenam, waktu ini merupakan saat-saat terbaik sehingga kamu bisa menyaksikan pemandangan spektakuler (and IG-worthy!) Hantangang River dari atas tebing. Untuk kamu yang fearless, Cosmo tantang untuk mencoba sky bridge dengan alas kaca yang mendebarkan - trust us, it's worth it!


    10. Sangdong Lake Park

    Kamu mungkin mengenalnya dari: While You Were Sleeping (2017)

    Apakah kamu ingat adegan ketika Jung Jae-chan (yang diperankan oleh Lee Jong-suk) mencoba untuk menghibur Nam Hong-joo (yang diperankan oleh Bae Suzy) di antara pepohonan cherry yang sedang bermekaran? Adegan tersebut ternyata dilakukan di Sangdong Lake Park, Bucheon. Nah, di samping pepohonan cherry yang cantik, di sini kamu juga bisa berfoto di tengah lapangan luas dengan hamparan bunga poppy yang cantik. Datanglah ketika musim semi, dijamin kamu akan puas berfoto dan menikmati indahnya bunga poppy di tempat ini!


    11. Naksan Beach

    Kamu mungkin mengenalnya dari: Something in the Rain atau Pretty Noona Who Buys Me Food (2018)

    Terletak di bagian timur laut provinsi Gangwon, pantai sepanjang empat kilometer ini dikenal akan pasir putih dan airnya yang jernih dan berwarna biru. Di episode empat Something in the Rain, Seo Joon-hee (yang diperankan oleh Jung Hae-in) membawa Yoon Jin-ah (yang diperankan oleh Son Ye-jin) ke pantai ini dalam perjalanan bisnisnya. Kalau kamu ingin menghindari keramaian ketika berkunjung ke Korea Selatan, pantai Naksan adalah tempat yang ideal untuk bermandikan matahari dan bersantai di tepi pantai. Yes, time to relax~!


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Instagram, Layout: Severinus Dewantara)