Beauty

Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dari Ahlinya

  by: Kissy Aprilia       18/7/2019
  • Ngaku, deh.. kamu pasti pernah tergoda untuk potong rambut dan menyesal beberapa setelahnya. Sedihnya lagi, tidak semua orang dianugerahi dengan genetik pertumbuhan rambut yang cepat, alias harus menunggu waktu lama untuk memanjangkannya seperti semula. Beruntung, Cosmo tahu cara menumbuhkan rambut yang efektif dari ahlinya. Simak!


    1. Identifikasi Penyebab





    Jika merasa pertumbuhan rambutmu lebih lama dibandingkan yang seharusnya, seorang trichologist asal London, Annabel Kingsley, mengatakan bahwa ada tiga penyebab umum yang dapat kamu identifikasi, yaitu batang rambut mudah patah atau rontok, pola makanmu tidak tepat, atau sedang merasa stres

    Untuk mencegah penyebab utama, mulailah dengan memperbaiki rutinitas perawatan rambut. Ketika menggunakan alat styling panas, aplikasikan produk heat protectant agar rambut terlindungi dari panas—faktor utama penyebab kerusakan rambut. Kedua, perbanyak mengonsumsi protein saat sarapan dan makan siang. Rambut bukanlah prioritas utama dalam sistem tubuh, maka kamu perlu asupan lebih tinggi untuk memacu stimulasi di kulit kepala.

    Merasa pertumbuhan rambutmu melambat karena sedang stres? Kingsley menyarankan untuk mengatasinya dengan melakukan meditasi ringan, atau mengikuti kelas, yoga dan pilates. Kalau menurut Cosmo, sebenarnya kamu dapat mengurangi rasa stres dengan melakukan hal-hal yang kamu senangi, memperbanyak me time, dan self care. Waktunya mani-pedi!


    2. Rawat Kulit Kepala



    Cara menumbuhkan rambut yang kedua adalah dengan merawat kulit kepala lebih optimal. Tak perlu mengeluarkan budget berlebih, kok.. Kamu dapat menggunakan scrub atau masker untuk membersihkan kulit kepala dari sisa produk yang mengendap dan menghalangi pertumbuhan. Selain itu, memberi pijatan ringan juga dapat membantu mengurangi ketegangan di kulit kepala, serta mendrong sirkulasi darah ke folikel rambut. 



    Menurut Elizabeth Cannane-Phillips, consultant trchologist dari London, pijatlah mulai dari bagian dahi bagian samping dengan gerakan melingkar. Jangan menggosok ke depan-belakang terlalu keras, karena dapat membuat kulit iritasi. Lanjutkan mengikuti garis rambut, bergeser ke atas kepala, dan berakhir di tengkuk leher. 

    Jika memiliki kulit kepala sensitif, mudah mengelupas, dan iritasi, Kingsley merekomendasikan produk scalp mask yang berformulasikan soothing anti-microbial untuk digunakan dua kali seminggu.  


    3. Hindari Rambut Bercabang



    Ketika rambut sudah bercabang, maka satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan trimming. Akan tetapi, cara ini akan membuat rambutmu semakin lama memanjang. Kingsley memberikan beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari rambut bercabang, yaitu menggunakan sisir yang berbentuk bulat di bagian ujung bulu sikatnya, memiliki bantalan berventilasi, dan tidak berbahan logam.

    Kamu juga harus tahu bagaimana cara menyisir yang benar, girls! Kingsley mengungkapkan bahwa menyisir rambut dari bagian bawah terlebih dulu akan menghindari tekanan, seperti yang sering terjadi saat rambut kusut. Selain itu, lakukan trik pre-shampoo conditioning alias menggunakan conditioner sebelum sampo agar tetap halus.


    (Kissy Aprilia, image: Frankie Cordoba on Unsplash)