Lifestyle

OMG! Spot Foto Instagram Ini Adalah Tempat Pembuangan Limbah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       19/7/2019
  • Entah sebuah peringatan bagi masyarakat, atau mungkin semacam metafora untuk kemanusiaan pada tahun 2019, beberapa pengguna aktif Instagram berbondong-bondong ke danau yang berwarna biru cerah di Siberia untuk foto. Dan danau tersebut, ternyata, adalah sebuah tempat pembuangan limbah beracun!

    Airnya yang berwarna biru indah adalah alasan utama orang-orang menggunakan danau tersebut sebagai lokasi foto, terutama yang gemar berfoto dengan latar belakang yang cantik (sama seperti Cosmo, hehe...), tapi sayangnya, banyak orang tidak tahu bahwa mereka sedang berpose di sebelah danau yang setara dengan sampah berapi.





    Menurut laporan dari BuzzFeed, seorang operator pembangkit listrik tenaga batu bara yang berada di sebelah danau tersebut sampai harus memberi pengumuman, memasang sebuah tanda, "You cannot swim in the ash dump" (Kamu dilarang berenang di pembuangan abu) dan "We ask that in the pursuit of the selfie not to fall into the ash dump!" (Kami memohon dalam pemburuan selfie untuk tidak jatuh ke pembuangan abu!). Wow, pastikan kamu melihat tanda tersebut, ya!



    Ternyata, secara teknis danau ini adalah lokasi pembuangan limbah untuk pusat pembangkit listrik tenaga batu bara tersebut, dan walaupun airnya tidak beracun dan tingkat radiasi masih normal, "kontak kulit dapat menyebabkan reaksi alergi."





    Sayangnya, kata-kata "pembuangan abu" tidak membuat para calon influencers berhenti berbondong-bondong ke danau ini, dan seseorang bahkan membawa ban berenang berbentuk angsa sebagai alat peraga. Duh!

    Buzzfeed melaporkan bahwa setidaknya dua orang berenang di danau tersebut dan menelan air. Salah satu orang mengatakan bahwa rasa airnya "hangat dan agak manis", dan menurut orang yang lain "rasanya agak asam, mirip dengan kapur."

    *Sigh* Cosmo harap mereka baik-baik saja, deh! 


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram)