Beauty

8 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Seputar Merawat Tato Baru

  by: Shamira Priyanka Natanagara       22/7/2019
  • Akhirnya, desain yang berbulan-bulan ada di benakmu telah menjadi kenyataan, dan sekarang kulitmu memiliki tato baru yang keren. Namun apa tahap selanjutnya? Bagaimana cara merawat dan memastikan tatomu sembuh dengan baik dan hasilnya terlihat cantik? Nah, berikut adalah segala hal penting yang perlu kamu ketahui seputar merawat tato baru. Simak!


    1. Ikuti saran seniman tatomu

    Saran yang diberikan oleh setiap studio tato biasanya berbeda, dan terkadang seniman dari studio yang sama pun memiliki ide yang beragam soal cara penyembuhan terbaik. Dengarkan instruksi yang diberikan oleh seniman tatomu—seringkali mereka akan memberikan brosur berisi saran yang bisa kamu bawa pulang.




    2. Cuci tato secara perlahan setelah beberapa jam

    Kebanyakan saran akan memintamu untuk mendiamkan penutup tato selama dua hingga lima jam pertama, lalu lepas secara perlahan dan bersihkan tato dengan air hangat dan sabun antibakteri cair yang ringan.



    3. Oleskan krim pelembap tanpa aroma secara tipis-tipis

    Next, kamu harus mengaplikasikan krim pelembap—dan jangan terlalu banyak, ya! Oleskan secara tipis-tipis saja. Seniman tatomu akan memberi rekomendasi pelembap, dan setelah itu, kamu bisa menutupi tato kembali menggunakan kain kasa atau clingfilm (plastik bening), atau biarkan terbuka saja, tergantung saran seniman tato. Biasanya, studio tato akan menyarankan untuk mengulangi proses pembersihan tiga sampai lima kali sehari.


    4. Pastikan tato bersih dan kering

    Hindari merendam tato selama setidaknya satu bulan. Mandi tidak masalah, tapi jangan mandi rendam, girls! Kalau posisi tatomu mudah bersentuhan dengan baju, tutupi tato menggunakan kain kasa atau clingfilm.


    5. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari

    Kecuali jika perlu, jangan biarkan tato barumu tekena sinar matahari secara langsung. Tato yang sudah sembuh, terutama yang berwarna, dapat memudar jika terkena sinar matahari—jadi ketika sudah benar-benar sembuh, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada area tato!





    6. Sabar, sabar, dan sabar

    Yes, merawat tato bukanlah hal yang mudah dan butuh kesabaran. Ada beberapa faktor yang memengaruhi waktu penyembuhan tato, diantaranya ukuran desain dan seberapa rajin kamu merawatnya. Tato yang kecil atau memiliki desain sederhana dan tipis biasanya akan sembuh setelah beberapa minggu, tapi untuk desain yang lebih rumit membutuhkan beberapa bulan hingga pulih. Tetap ikuti saran seniman tatomu, dan pastikan area tato lembap dan bersih selama beberapa bulan, serta hindari penggunaan produk perawatan kulit yang abrasif (seperti body scrub). 



    7. Jangan digaruk!

    Selama proses penyembuhan, tato akan terasa gatal dan mengelupas secara perlahan. Nah, kalau hal ini terjadi, jangan digaruk, ya! Menggaruk tato bisa menghilangkan tinta pada area tersebut dan membuat tato pudar atau bahkan menghilang. Kalau gatal, sebaiknya kamu menepuknya secara halus. Rasa gatal akan hilang setelah satu atau dua minggu, tapi kalau rasa gatal tidak hilang, area tato memerah atau membengkak, terasa panas, atau berdarah setelah sekitar satu hari setelah pembuatan tato, konsultasi dengan seniman tatomu atau kunjungi dokter. Walaupun jarang terjadi, tato bisa terinfeksi, dan ada baiknya jika kamu memeriksa kondisi kulitmu kalau khawatir.


    8. Kembali ke studio untuk touch up jika perlu

    Kalau tinta tato terlihat memudar, studio tato seharusnya bisa melakukan touch up gratis—hasil dan jasa yang buruk tidak bagus untuk reputasi, jadi sebisa mungkin studio tato akan memastikan para pelanggan puas dengan hasilnya. Setelah sekitar enam minggu, kembali ke studio tato jika kamu membutuhkan touch up.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Pedro Sandrini from Pexels,Dok. Instagram)

    tags: tato, tattoo