Celebrity

Sheryl Sheinafia Cerita Tentang Karier, Rahasia & Obsesinya!

  by: Giovani Untari       23/7/2019
  • Musisi sekaligus aktris muda yang unbreakable, lengkap dengan semangat positivity yang tinggi, plus deretan prestasi membanggakan. Bersama Cosmo, Sheryl Sheinafia membuka banyak hal tentang karier, rahasia, hingga obsesinya! Oh so Sheryl!


    Hallo Sheryl, congratulations untuk single terbarunya: Setia. Ini merupakan remake dari lagu Alm. Chrisye. Mengapa memilih lagu tersebut untuk diaransemen ulang?



    Tahun ini saya memang sedang berencana menggarap lagu baru, kebetulan pihak label musik yaitu Musica Studio tengah mempersiapkan album Tribute to Guruh Soekarnoputra. Label musik pun mengajak saya untuk bergabung. Saya memilih lagu Setia ini karena cocok dengan saya. Lalu akhirnya bersama dengan produser, saya mulai menggarap lagu ini sesuai dengan karakter yang saya inginkan.


    Apa tantangan terbesar kamu saat membawakan lagu Setia ini?

    Tantangannya cukup banyak, salah satunya karena publik pasti akan lebih familiar dengan versi awalnya. Tapi saya suka tantangan! Karena itu saya memilih lagu ini karena rasanya sesuai dengan musik saya. Saya pun sangat menikmati setiap prosesnya dari lagu ini.



    Memulai karier dari tahun 2011 hingga saat ini. Artinya Sheryl sudah berkarya selama delapan tahun. Hal apa yang paling magical selama perjalanan karier kamu?

    Bagi saya bisa berada di industri musik lebih dari lima tahun adalah hal yang amazing! Saya masih merasa kagum atas fakta tersebut. Saya beruntung dikelilingi banyak orang baik serta luck factor yang tidak pernah lepas dari saya. Semakin ke sini, saya jadi lebih terinspirasi untuk produktif dalam berkarya lagi dan mengetahui ke mana arah karier saya. Proses menemukan dan tahu apa yang diinginkan untuk karier saya selama delapan tahun ini adalah sebuah relevation. Mengingat terkadang saya ingin melakukan banyak hal sekaligus. Saya rasa ketika Anda lebih mengerti tentang diri Anda sendiri itu adalah sebuah hal yang magical, bukan?


    Sheryl juga dikenal musisi yang menulis sendiri lagu-laguya. Tema apa sih yang biasanya kamu tulis?

    Sejauh ini lagu yang dirilis berasal dari cerita dan pengalaman pribadi. Menurut saya it works karena lagunya terasa jauh lebih relatable bagi pendengar. Saya ingin menulis dan berbicara sesuatu yang sangat relatable dalam hidup. Seperti pagi tadi, saya menulis lagu tentang seorang perempuan dan potong rambut. Berangkat dari pertanyaan: ‘Kenapa ya para perempuan kalau baru putus biasanya memotong rambutnya? Atau meng-highlight rambutnya?’ As simple as that! Haha..




    Mana yang lebih Sheryl sukai, musik atau akting?

    Tahun lalu saya menjawab keduanya. Tapi sekarang rasanya saya memilih musik. Saya sadar terrnyata saya sangat mencintai musik! Jujur ada masa saya merasa sempat bosan bermusik. Terima kasih rasanya melalui akting saya bisa menemukan kembali kecintaan pada musik. Dan sekarang saya tidak bisa berhenti! Film selalu mengingatkan kembali pada musik. Misalnya saat produksi saya jarang megang gitar, sekalinya saya bisa memegang gitar saya merasa sangat gembira! Berkat film saya jadi bisa merasakan kembali rasa rindu akan bermusik. 


    Berbicara soal akting, adakah karakter tertentu yang ingin dicoba? 

    Saya ingin memerankan peran yang berbeda dari karakter asli saya. Tapi saya juga ingin mengenyangkan diri dengan karakter comedic yang sassy dan smart in a way. Saya juga ingin mencoba action. Mungkin satu genre film yang belum saya siap mencoba adalah horor!


    Hal apa yang saat ini sedang kamu sukai hingga terobsesi karenanya?

    Saya sedang kembali terobsesi dengan John Mayer! Tahun ini saya dua kali nonton konsernya di Indonesia dan di Tokyo. Saya sempat bernazar jika berhasil nonton konser John Mayer saya harus ngulik lagu dan teknik bermainnya yang tricky. Oh ya satu lagi, baru-baru ini ada gitar baru yang John Mayer pakai di konsernya. Ini sebenarnya bukan brand gitar yang saya suka, tapi setelah melihat perfomance John menggunakan gitar tersebut sekarang gitarnya sedang on the way ke rumah, haha..





    Sheryl selalu terlihat happy dan bersemangat di setiap penampilan. Punya rahasia khusus?

    Olahraga. Kalau badan sudah mulai kacau, saya akan berolahraga agar mood juga terjaga. Lalu karena terkadang saya suka hyper dan ingin melakukan banyak hal, haha.. Saya biasanya membuat list apa yang ingin lakukan dalam seminggu agar energinya lebih tertata. Saya juga suka pakai face mask! Saya cinta sekali face mask, biasanya akan saya pakai sembari nonton Netflix atau Game of Thrones.



    Cosmo penasaran, apa sih persepsi yang orang sering salah sangka terhadap Sheryl?

    Mereka berpikir saya jauh lebih tinggi dan tinggi saya 170cm atau lebih gemuk dari aslinya, haha.. Kebanyakan mereka juga tidak menyangka bahwa saya makannya banyak dan penuh nafsu! Mungkin karena saya suka posting tentang olahraga di Instagram, jadi mereka pikir saya tipikal yang sangat menjaga makan saya. Well bagi saya hidup harus seimbang. Jika saya makan fast food atau martabak misalnya, saya harus membakar kalori setelahnya. Balance, balance!


    Lalu, cerita dong seperti apa tipe pria ideal Sheryl?

    Saya suka dengan pria yang intelektual karena bisa membuat saya juga belajar. Pria tersebut juga harus baik kepada orang di sekitarnya, saya pria yang friendly dan bisa membawa suasana. Ia juga harus orang yang bisa menghargai karier saya, karena saat ini karier adalah prioritas saya. Lalu pria ini juga harus bisa memotivasi saya mencoba hal-hal yang baru, karena terkadang saya suka berada di zona nyaman. 


    Tonton juga yuk Cosmo babes, serunya Sheryl Sheinafia bermain games Sing it Loud! in 10 Seconds bersama Cosmo Indonesia berikut ini:


    Stylist: Dheniel Algamar

    Fotografer: Hadi Cahyono

    Digital Imaging:

    Makeup: Philipe Karunia

    Hair do: Krisendi Furukawa (@krisna_endi)

    Asst. Fashion stylist: Yovita Pratiwi

    Wardrobe: Valentino & Max Mara

    Teks: Giovani Untari / FT

    Images: Dok. Instagram @sherylsheinafia