Lifestyle

Serba-Serbi Mercury Retrograde, Sudah Tahu?

  by: Shamira Priyanka Natanagara       24/7/2019
  • Mungkin selama beberapa minggu terakhir kamu melihat banyak orang heboh membahas 'Mercury Retrograde', terutama di media sosial. Mungkin hal tersebut membuat temanmu panik, atau barangkali ada yang menjadi lebih emosional daripada biasanya, tapi sebenarnya ada apa, sih? Kenapa Mercury Retrograde terkesan seperti sebuah bencana? Nah, kalau penasaran, berikut adalah segala hal seputar Mercury Retrograde yang perlu kamu ketahui.




    Apa itu Mercury Retrograde?

    Pada dasarnya, Mercury Retrograde adalah saat planet Merkurius memasuki fase retrograde alias bergerak mundur. Tidak, Merkurius tidak benar-benar bergerak mundur (seram sekali kalau iya!), tapi setiap planet di tata surya kita mengalami gerak retrograde beberapa kali dalam setahun. Gerak retrograde adalah ketika sebuah planet terlihat seperti bergerak ke arah yang berlawanan (searah jarum jam), tapi sebenarnya pergerakan planet tersebut normal dan yang tampak adalah sebuah ilusi optik. Nah, ketika Merkurius sedang retrograde, ini berarti perputaran Merkurius terhadap Matahari yang seharusnya lebih cepat daripada Bumi terlihat lebih lambat.


    Kapan Mercury Retrograde terjadi?

    Mercury Retrograde terjadi tiga atau empat kali dalam setahun, dan setiap periode berlangsung selama sekitar tiga minggu. Tahun 2019 memiliki tiga periode Mercury Retrograde, yang pertama mulai dari tanggal 5 sampai 28 Maret, lalu 7 sampai 31 Juli, dan yang terakhir akan berlangsung dari tanggal 31 Oktober hingga 20 November. Yes, sekarang Mercury Retrograde sedang terjadi dan akan berakhir minggu depan!






    Apa yang terjadi saat Mercury Retrograde?

    Mungkin kamu bertanya-tanya, "Kenapa, sih, Mercury Retrograde menghebohkan banyak orang?", dan jawabannya pun sebenarnya cukup simpel: Mercury Retrograde mempengaruhi hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi dan perjalanan (travel). Alasannya? Menurut mitologi Romawi, Merkurius adalah dewa yang mengatur kedua hal tersebut, sehingga saat Merkurius bergerak "mundur", miskomunikasi, pertengkaran, serta hal-hal buruk yang berkaitan dengan teknologi seperti laptop rusak atau WiFi melambat lebih rentan terjadi. Dan terutama karena komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam hidup, orang-orang yang percaya akan astrologi menjadi lebih waspada saat Mercury Retrograde.


    Apa yang perlu dilakukan saat Mercury Retrograde?

    Well, kalau kamu percaya pada astrologi, pakar astrologi Horoscope.com menyarankan untuk menunda mengambil keputusan yang besar (jika memungkinkan) dan mencoba untuk tidak terlalu mudah terbawa perasaan saat Mercury Retrograde. Perlu diingat bahwa segala hal yang berkaitan dengan komunikasi menjadi 'rusak' pada periode ini, jadi sebaiknya kamu lebih hati-hati saat berpikir dan bertindak. Mercury Retrograde akan memainkan perasaanmu, so jangan mudah terpancing!

    Selain itu, Horoscope.com juga menyarankan untuk tidak terlalu mengandalkan teknologi. Jangan lupa untuk selalu menyimpan pekerjaan di laptop, rajin membuat file cadangan, dan, yang paling penting, coba untuk menjadi lebih sabar, ya!

    Periode kedua Mercury Retrograde untuk tahun ini akan berakhir pada hari Rabu, 31 Juli. Good luck, girls!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Anastasia Dulgier on Unsplash, GIPHY)