Beauty

Inilah Cara Bella Thorne Mengatasi Jerawat Pada Kulit Wajah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       24/7/2019
  • Bella Thorne terkenal sebagai seorang artis yang tidak pernah takut untuk menjadi dirinya sendiri, alias unapologetically herself! Perempuan yang berusia 21 tahun ini tidak malu untuk bereksperimen dengan makeup dan pakaian, tapi ia juga tidak takut untuk beraktivitas di luar rumah tanpa makeup—jadi mungkin agak mengagetkan bahwa ia memiliki masalah kulit.

    Dalam sebuah video bersama Vogue, berjudul Bella Thorne's Guide to Acne-Prone Skin Care and Glitter Eyes (Panduan Bella Thorne untuk Kulit Berjerawat dan Riasan Mata Berkilau), Bella berbagi detail mengenai rutinitas perawatan kulitnya, sebelum menunjukkan cara ia menggunakan makeup.





    Pertama-tama, kulit Bella terlihat super bersih—jadi apapun yang telah ia lakukan sepertinya berhasil. Namun, ia mengatakan bahwa kulitnya tidak selalu mulus. "Kulit saya sudah mulai dirawat sejak lama," katanya. "Saya bahkan tidak tahu berapa tahun memiliki jerawat kistik, tapi awalnya muncul sebagai dermatitis, dan lalu saya mencoba segala hal yang terpikirkan: mengelupas sebagian area wajah, membakarnya, vampire facial, microneedling, perawatan laser—segala jenis laser yang bisa kamu sebutkan, sudah saya coba. Dan benar-benar tidak ada yang ampuh—tidak satupun."



    Jadi, bagaimana cara Bella menghilangkan jerawatnya?

    "Saya tahu ini terdengar aneh, tapi ini adalah jerawat pertama saya setelah sekian lama, guys," katanya ke kamera. "Saya tidak akan mencuci muka, saya tidak mencuci muka di pagi hari, karena ada hal yang dinamakan over-washing (mencuci terlalu berlebihan), dan ketika saya memiliki jerawat yang membandel, itu adalah salah satu hal yang saya berhenti lakukan, dan ternyata benar-benar membantu kondisi kulit saya," jelasnya. "Saya bukan mengatakan, 'Kamu tidak perlu mencuci muka pada pagi hari,' tapi hal tersebut ampuh bagi saya." Hmm... apakah kamu sudah mengetahui trik ini, girls?





    Kebanyakan seleb memiliki akses ke perawatan kulit yang terbaik dan terbaru, jadi mengetahui bahwa hal sesimpel menghindari over-washing terdengar sungguh menjanjikan. Cosmopolitan UK menghubungi dermatolog Kate Kerr untuk membahas topik ini, dan jawabannya cukup menarik!

    "Over-washing dan mencuci [wajah] dapat mengelupas lapisan kulit dan mengganggu keseimbangan protein, lipid, dan air—saat ini terjadi, bakteri jadi lebih mudah masuk ke dalam kulit," jelas Kate. "Bakteri jerawat dapat berkembang di lingkungan seperti ini, membuat kulit menjadi lebih waspada, menjadi iritasi dan mudah meradang."



    Kate juga menjelaskan bahwa terlalu sering mencuci wajah dapat membuat kulit kering, yang dapat meningkatkan produksi sebum berlebih. "[Over-washing] dapat meningkatkan transepidermal water loss (jumlah air yang menguap dari kulit), karena tidak ada lapisan yang menjaganya. Kulitmu lalu menjadi dehidrasi, yang membuat produksi minyak meningkat dan menyebabkan peradangan, jadi kamu memiliki minyak berlebih plus lapisan di mana bakteri berkembang dengan mudah, resep yang pas untuk menimbulkan jerawat dan breakout."

    Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, girls? Sepertinya trik menghilangkan jerawat ala Bella Thorne ini patut dicoba!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram)