Fashion

Yuk, #JadiLebihBaik Bersama Tinkerlust dan Annisa Pohan!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       29/7/2019
  • Girls, apakah kamu tahu bahwa industri fesyen adalah penghasil polusi terbesar di dunia? Yup, untuk membuat satu kaos saja dibutuhkan 2.700 liter air, dan lebih dari 80 juta pakaian dibuat setiap tahunnya. Nah, agar lebih ramah lingkungan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya membeli pakaian pre-loved alias pakaian bekas pakai. Menggunakan pakaian pre-loved dapat membantu meminimalisir limbah dan polusi dari proses produksi pakaian, plus, kamu bisa menemukan beberapa item pakaian yang unik dan one of a kind!





    Nah, kalau ingin mulai berbelanja produk pre-loved, kamu bisa intip situs Tinkerlust. Mengusung tema #JadiLebihBaik, marketplace fesyen ini ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk menjual dan membeli produk pre-loved yang lebih murah dan ramah lingkungan. Kali ini Tinkerlust berkolaborasi dengan Annisa Pohan untuk menjual barang-barang pre-loved Annisa yang tentunya layak pakai dan berkualitas. Psst... hasil penjualannya akan disumbangkan melalui Yayasan Tunggadewi, lho!

    Yayasan Tunggadewi akan menggunakan hasil penjualan barang-barang pre-loved Annisa untuk memperbaiki dan merenovasi Rumah Pintar Cikeas, fasilitas belajar gratis milik Yayasan Tunggadewi. Yayasan ini didirikan oleh Annisa, beserta dengan dua perempuan lainnya, yakni Aliya Rajasa dan Sheila Herbowo.





    "Rumah Pintar Cikeas ini sudah berdiri selama kurang lebih 10 tahun," ujar Annisa. "Sehingga ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki agar kembali nyaman untuk digunakan anak-anak dalam belajar."

    Selain bertugas untuk mengembangkan pendidikan anak-anak, Rumah Pintar Cikeas pun melatih ibu dari para murid seputar cara mendidik anak, kesehatan, rumah tangga, dan sebagainya. 

    Kalau ingin berbelanja pakaian dengan lebih ramah lingkungan dan mendukung pendidikan anak bangsa, kamu bisa membeli barang-baran pre-loved Annisa Pohan melalui halaman web Tinkerlust x Annisa Pohan. Kamu juga tidak perlu khawatir soal kondisi dan kualitas produk yang tersedia, karena Momoko Indonesia telah membersihkan barang-barang pre-loved agar tampak seperti baru. Menurut Angieline Tjong, Marketing Manager Tinkerlust, "Momoko Indonesia telah membersihkan noda, mencuci, hingga memperbaiki beberapa barang yang berlubang maupun sobek."

    Kolaborasi ini telah berlangsung dari tanggal tanggal 17 Juli dan akan berakhir pada tanggal 31 Juli mendatang. Jadi tunggu apa lagi, girls? Yuk, #JadiLebihBaik dengan mengurangi limbah fashion dan mendukung pendidikan anak bangsa!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram / Layout: Maya Rahmawati Putri)