Better You

Bahagia Ketika Sendirian? Menurut Ahli, Kamu Sangat Cerdas!

  by: Alvin Yoga       31/7/2019
  • Kalau kamu tak masalah makan siang sendirian di kantor tanpa ditemani seorang rekan kerja, atau sah-sah saja menonton film komedi romantis sendirian tanpa ditemani seorang pasangan, atau tak ambil pusing ketika jadi "orang ketiga" saat berlibur bersama the girls - dan alih-alih menginap bersama mereka di satu kamar besar, kamu memesan kamar lain untuk tidur sendiri -  maka kemungkinan besar kamu sangat pintar. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh World Economic Forum menyatakan bahwa mereka yang memiliki tingkat inteligensi tinggi justru merasa sangat bahagia ketika mereka sedang sendirian.

    Para peneliti mengumpulkan informasi dari 15.000 responden, berumur antara 18 sampai 28 tahun, dengan beberapa pertanyaan seputar di mana mereka tinggal, seberapa puas mereka dengan kehidupannya, seberapa padat populasi di tempat mereka tinggal, dan bagaimana hubungan sosial membuat mereka merasa bahagia. Hasilnya menunjukkan bahwa secara umum terdapat beberapa orang yang tak suka berada di antara keramaian, dan mereka yang inteligensinya berada di tingkat rata-rata merasa bahwa berada di antara keramaian memberi lebih banyak efek negatif. Di sisi lain, mereka yang lebih pintar ternyata merasa lebih nyaman untuk berduaan saja dengan seorang teman, dan bisa beradaptasi dengan lebih baik dengan cara tersebut.

    Namun, mereka yang tergolong sangat pintar, ternyata merasa jauh lebih bahagia ketika berada dalam kesendirian. Studi tersebut menyatakan: "Orang-orang yang lebih inteligen merasa tingkat kebahagiaan hidupnya menurun seiring meningkatnya frekuensi bersosialisasi dengan teman-teman mereka."



    Ada banyak faktor yang bisa menjelaskan hal tersebut - mungkin karena orang-orang intelek lebih memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja demi mengejar tujuan tertentu, atau mungkin mereka butuh mengisi tenaga dengan cara yang sama seperti para introvert. Apapun alasannya, hal ini menunjukkan bahwa ternyata sendirian tak melulu berarti menyedihkan. Kalau kamu butuh lebih banyak bukti, berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat ketika kamu sendirian:


    1. Berada di tempat yang sunyi memungkinkan otak untuk relaks dan mengisi tenaga

    Terus-terusan bersosialisasi - bahkan melakukannya lewat media sosial - bisa membuat kita merasa sangaaat lelah. Berada dalam kesendirian (dan jauh dari internet) memungkinkan pikiran kita untuk "melayang" bebas dari satu pemikiran ke hal lain, memproses apa saja yang baru terjadi belakangan, serta kembali melanjutkan hidup dengan pikiran yang sudah segar.


    2. Berada dalam kesendirian melatih kamu untuk lebih kreatif dan mandiri

    Kesendirian juga mengajarkan kemandirian, dan ketika kamu mandiri, kamu jadi tidak mudah panik ketika harus menghadapi masalah-masalah kecil karena kamu sudah terbiasa mengembangkan kemampuan berpikir yang kreatif untuk memecahkan masalah tersebut. Kamu juga jadi punya lebih banyak akal, dan lebih berani untuk mencoba berbagai opsi sebelum akhirnya menyerah dan meminta bantuan orang lain.




    3. Menyendiri juga memberimu waktu untuk introspeksi diri

    Bayangkan kalau kamu harus meluangkan waktu untuk memikirkan diri sendiri di tengah-tengah reuni teman SMA. Sulit, kan? Belum lagi kamu masih harus datang ke acara ulang tahun sahabatmu setelahnya. Bukan berarti bersosialisasi itu salah. Namun ingat, waktu untuk menyendiri itu juga penting, lho, karena hal tersebut memungkinkanmu untuk kembali fokus mencari tahu apa tujuan hidupmu dan apakah mereka masih realistis untuk kamu kejar. Dan lagi, hal tersebut juga memungkinkanmu untuk menemukan apa sebenarnya keinginanmu sekarang, serta seperti apa kepribadianmu sebenarnya - jauh dari pengaruh orang-orang lain di sekitarmu.


    4. Berada dalam kesendirian membuatmu menerima dirimu apa adanya

    Yes, ini dia salah satu alasan yang paling penting. Ingat, berada dalam kesendirian tak berarti kamu kesepian, kok. Menyendiri bisa membuatmu "berkaca", menilai diri sendiri, dan di saat-saat seperti ini kamu bisa menyadari bahwa ternyata kamu lebih baik dari yang selama ini orang lain (atau kamu sendiri) pikirkan. Di waktu-waktu seperti ini, kamu juga bisa mencoba menanamkan pemikiran yang positif terhadap dirimu. Ingat apa yang dikatakan oleh Aibileen Clack dalam film The Help? "You is Kind, You is Smart, You is Important." Yes, you are dear. So indulge in the quiet; you're better for it. 


    (Alvin Yoga / FT / Image: Roman Samborskyi©123RF.com)