Lifestyle

UOB dan MRA Academy Gelar Financial Business Workshop

  by: Alvin Yoga       6/7/2020
  • Stay home to stay safe, girls! Dengan merebaknya pandemi virus corona atau COVID-19 yang masih berlangsung di Indonesia, kita memang dianjurkan untuk belajar, bekerja dan melakukan segalanya dari rumah. Merasa bosan? Well, Cosmo juga. Dan mungkin sama seperti Cosmo, kamu pasti sudah mencari-cari berbagai kegiatan yang tetap bisa membuatmu bahagia selama self-quarantine. Menelusuri hobi selama #dirumahaja? Nice! Pertanyaannya, kenapa kamu tak mengubah hobi tersebut untuk menambah pundi-pundi uang di masa yang serba tak menentu ini?

    Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan yang dirilis pada April 2020 lalu, lebih dari 1,65 juta orang Indonesia telah kehilangan pekerjaan akibat imbas pandemi COVID-19. Sebanyak 10,6% di antaranya, atau sekitar 160 ribu orang dari lebih 24 ribu perusahaan, kehilangan pekerjaan karena PHK, sedangkan sisanya “dirumahkan” – istilah lain yang kini sudah biasa kita dengar. Tak hanya itu, seperti yang juga sering kita dengar di media sosial, banyak pekerja mengalami pemotongan gaji akibat kondisi yang tidak stabil ini,membuat jumlah pemasukkan yang biasa diterima menjadi lebih kecil dibanding biasanya. Lalu, bagaimana cara menghadapi situasi tersebut?

    Untuk kamu yang melakukan social distancing selama tiga bulan terakhir, Cosmo yakin kamu pasti kini memiliki hobi atau keahlian baru. Nah, keahlian baru tersebut sebetulnya bisa kamu eksplor lebih jauh, lho! Semisal, hobi memasakmu kini bisa menjadi sebuah bisnis baru dengan cara memasarkan hasil masakanmu lewat media sosial. Atau, barang-barang handmade yang kamu buat sembari asyik menonton Netflix kini bisa menjadi pemasukan tambahan. Lagi, untuk kamu yang baru saja merapikan lemari pakaian dan menemukan bahwa sebenarnya kamu memiliki banyak pakaian layak pakai yang tidak ingin kamu gunakan lagi, barang-barang preloved tersebut bisa saja kamu tawarkan pada orang lain untuk menambah uang jajan!



    Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mendirikan bisnis baru dari hobi tersebut, UOB Credit Card berkolaborasi dengan MRA Academy mengadakan Financial Business Workshop #UnlockTheNewYou dengan tema “Productivity Tips for Homepreneur” untuk mereka yang ingin mengubah hobi di rumah menjadi suatu hal yang lebih menguntungkan. Workshop yang digelar lewat Zoom pada 13 Juni 2020 tersebut turut dihadiri oleh Ibu Ciska dari Product and Partnership Credit Card UOB Indonesia, lalu Najla Bisyir founder dari @bittersweet_by_najla, serta Yongki Perdana founder dari @quikeningstore. Bersama dengan dua narasumber yang memiliki pengalaman mengubah hobi di rumah menjadi suatu bisnis menguntungkan, para peserta workshop bisa mempelajari dan juga bertanya-tanya mengenai cara terbaik berbisnis dari rumah.



    Dalam hal ini, UOB Credit Card juga sangat mendukung dan (tentunya) siap membantu kamu mengembangkan hobi serta passion tersebut menjadi sebuah bisnis. Semisal, untuk hobi dan bisnis memasakmu, kamu mungkin membutuhkan alat-alat masak terbaru dan terbaik sebagai investasi awal. Alih-alih menggunakan uang cash, kamu bisa menggunakan kartu kredit terlebih dahulu sebagai modal awal dan juga sebagai alat untuk mengontrol dan mencatat pengeluaran bisnis. Dengan adanya fitur cicilan, UOB yang kini bekerja sama dengan berbagai e-commerce besar menghadirkan cicilan 0% sampai dengan 12 bulan.

    Selain bisa membantu kamu untuk modal awal berbisnis, kartu kredit UOB juga membantu kamu dalam berhemat saat membeli bahan-bahan atau alat-alat bisnis yang kamu butuhkan secara online atau di supermarket. Kamu bisa mendapatkan potongan harga sampai dengan RP50.000,- di Happy Fresh atau diskon hingga Rp60.000,- di supermarket terdekat. 

    Tidak hanya itu, fitur kartu kredit yang dimiliki juga memberikan keuntungan double! Untuk kamu para perempuan yang ingin mencoba berbisnis, UOB juga memiliki kartu kredit khusus untuk perempuan, bernama UOB Lady’s Card. Dengan kartu ini, selain mendapatkan potongan harga untuk belanja kebutuhan bisnis, kamu juga bisa mendapatkan 3x poin rewards setiap kamu belanja di kategori supermarket. Nah, poin yang dikumpulkan bisa ditukarkan dengan voucher belanja.

    Untuk kamu yang suka membeli barang-barang dari e-commerce luar negeri, kamu bisa memilih kartu kredit UOB Preferred Platinum, karena selain belanjaan kamu bisa dicicil 0% selama 12 bulan, kamu juga mendapatkan 3x poin rewards setiap transaksi di luar negeri atau dengan mata uang asing. Dengan fitur tersebut, poin rewards kamu tentu akan semakin cepat terkumpul! Poin yang sudah terkumpul bisa ditukarkan lagi ke voucher belanja atau bisa memotong tagihan kamu. Jadi, kamu bisa mengatur cashflow plus berhemat dalam pengeluaran untuk bisnis kamu. Smart, right?



    Sedangkan bagi kamu pencinta diskon dan cashback, kartu kredit UOB One Card cocok untukmu karena kartu tersebut memiliki fitur cashback hingga 5% untuk seluruh transaksi. Menghemat pengeluaran, kan? Plus, UOB juga memiliki banyak sekali promo di berbagai merchant online, supermarket, fashion, bahkan di banyak merchant kesehatan. Jadi, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan lebih hemat menggunakan kartu kredit UOB.

    Untuk lebih jelasnya mengenai produk kartu kredit UOB, segmen serta keunggulan masing-masing, kamu bisa melihat di sini:

    1) PRIVI Miles: Kartu kredit ini sangat cocok untuk para traveler karena sangat unggul dalam mengumpulkan mileage sehingga kamu bisa terbang GRATIS lebih cepat! Meskipun sekarang belum bisa traveling, dengan kartu ini kamu bisa menabung mileage terlebih dahulu sebelum nanti traveling setelah pandemi ini usai.

    2) Lady’s Card: Sesuai namanya, kartu kredit ini khusus bagi para wanita. Keunggulannya termasuk diskon hingga 50% di berbagai salon dan juga 3x poin rewards untuk belanja di supermarket, belanja online, belanja di department store atau di berbagai merchant fashion.

    3) Preferred Platinum: Bagi para points hunter, kartu ini cocok untumu karena kamu bisa mendapatkan 3x reward points untuk transaksi di department store, restoran, merchant fashion dan juga transaksi di luar negeri atau dengan mata uang asing.

    4) ONE Card: Kartu khusus bagi young family dengan fasilitas 0% untuk cicilan pendidikan, asuransi untuk keluarga, dan juga cashback hingga 5% untuk transaksi di mana saja.

    5) YOLO Card: Kartu ini cocok bagi para milenial yang gemar berbelanja, kelebihannya berupa fitur free annual fee, free grab rides dan juga cicilan 0% untuk transaksi di kategori travel seperti hotel atau tiket pesawat.

    Bagaimana? Sudah siap memulai bisnismu dari rumah? 

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. UOB Indonesia)