Better You

7 Cara Mengatasi Jerawat pada Vagina

  by: Giovani Untari       1/7/2020
    • Jerawat bisa tumbuh di area mana pun girls, termasuk di organ kewanitaan kamu.
    • Ingin mengatasinya? Ini dia 7 cara tepat mengatasi jerawat pada vagina!


    Cosmo akui masalah jerawat di area wajah pun sudah cukup membuat kita semua pusing. Terlebih jika jerawat tiba-tiba muncul di area vagina yang lebih sensitif ketimbang bagian lainnya! Duh!

    Sebenarnya jerawat pada vagina bisa muncul karena 4 beberapa hal berikut. Belum lagi sama seperti area wajah, vagina kita juga memiliki kelenjar minyak yang bisa memproduksi minyak berlebih sehingga menyebabkan jerawat.



    Jadi bagi kamu yang sedang mengalaminya, ini dia cara 7 mengatasi jerawat yang tepat pada vagina:


    1. Kompres dengan Air Hangat

    Air hangat mampu memberikan rasa nyaman pada area vagina yang mengalami jerawat meradang. Selain itu air hangat mampu melancarkan kembali peredaran darah serta membersihkan kotoran penyebab jerawat itu sendiri. Time to treat your Miss Cheerful like Queen!


    2. Gunakan Produk Berbahan Tea Tree

    Tea tree dipercaya memiliki kandungan powerful dalam hal melawan jerawat. Zat anti bakteri dalam tea tree efektif dalam melawan pertumbuhan jerawat serta meredakan inflamasi yang ditimbulkannya. Kamu bisa menggunakan sabun berbahan tea tree saat mandi atau usapkan tea tree oil pada area Miss Cheerful yang berjerawat.


    3. Jangan Dipencet!



    The most important thing: don’t (ever) pop off your acne! Memencet jerawat hanya akan memperparah kondisinya girls, terlebih jika itu dilakukan pada area vagina yang sensitif. Memencet jerawat bahkan bisa membuat iritasi dan menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke dalam kulit. 




    4. Hindari Juga untuk Menyentuhnya

    Terlebih jika kamu menyentuh jerawat di vagina dengan tangan yang kotor. Kuman dan bakteri yang ada di tangan kita bisa membuat jerawat vagina semakin meradang atau bahkan terinfeksi setelah kamu menyentuhnya. Jika kamu ingin mengoleskan obat jerawat atau tea tree oil di area vagina, Cosmo sarankan untuk menggunakan cotton buds sehingga lebih higienis.


    5. Jaga Agar Vagina Selalu dalam Keadaan Kering

    Sama seperti cara merawat vagina agar bebas bau tidak sedap, vagina yang lembap dan basah akan membuat kondisi jerawat di vagina semakin parah. Jadi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga vagina selalu dalam keadaan kering terutama setelah buang air besar dan buang air kecil. 


    6. Pilih Celana Dalam Berbahan Cotton


    Selain nyaman, celana dalam berbahan cotton juga punya kemampuan menyerap keringat dengan baik. Material ini juga mampu membuat vagina bisa lebih ‘bernapas’ di bawah sana saat sedang berjerawat. Menggunakan celana dalam yang berbahan ketat juga tidak dianjurkan. Sebab itu bisa membuat jerawatmu semakin meradang karena tergesek oleh material sang underwear.


    7. Konsultasikan dengan Dokter Jika Jerawat Semakin Parah

    Sebenarnya jerawat vagina bisa hilang dengan sendirinya. Selama kamu menjaga kebersihan area vagina dan menjalankan pola hidup sehat.

    Namun jika kamu merasa bahwa jerawat di vagina semakin menganggu, bertambah besar atau banyak, serta terasa semakin sakit mungkin ini saatnya kamu mengunjungi dokter. Para dokter pastinya akan membantu untuk memberi penanganan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi jerawat di vaginamu.


    (Giovani Untari / Images: Dok. Racool Studio from Freepik, Tenor.com)