Celebrity

Jessica Mila Berbagi Tips untuk Stay Positive Selama Pandemi

  by: Giovani Untari       1/7/2020
    • Nama aktris cantik Jessica Mila pastinya sudah tak asing lagi bagi kita semua. Ia selalu memiliki banyak cara dan karya untuk terus memberikan yang terbaik dari dirinya.
    • Secara virtual, yuk simak obrolan seru Cosmo bersama dengan Jessica Mila berikut.


    Penuh positivity dan selalu lovely. Rasanya tidak ada yang bisa mewujudkan spirit ini (bahkan dalam pandemi sekalipun) sebaik Jessica Mila! Suatu hari secara virtual, cerita Cosmo bersama aktris pecinta tantangan ini pun dimulai.




    Hai Mila, apa tantangan terbesar yang kamu rasakan selama menjalani social distancing ini? 

    Salah satu tantangan terbesarnya adalah bagaimana untuk tetap produktif karena saya terbiasa bekerja di luar rumah dan ketika di rumah, vibes-nya tentu bukan untuk bekerja. Tapi sekarang saya berusaha "memaksakan" diri untuk bisa produktif meski di rumah saja. Tantangan kedua adalah soal mengatur keuangan yang awalnya cukup membingungkan bagi saya, karena pemasukan jadi berbeda dari biasanya lantaran ada sejumlah pekerjaan yang tertunda entah sampai kapan. Jadi saya berusaha mengatur keuangan saya sebaik mungkin. Tetapi tentu, saya juga tidak bisa menutup mata dengan kondisi sosial saat ini. Saya merasa ini saat yang tepat untuk kita semua lebih memiliki rasa empati pada orang-orang di luar sana. Saya berpikir untuk belajar fokus berbagi berkat yang saya punya, mungkin tidak selalu secara materi tapi juga melalui dukungan moral. Apa yang bisa bantu tentu akan saya bantu. Ini cara saya agar tidak hanya fokus pada masalah diri saya sendiri. Jujur, selama ini saya adalah orang yang cukup cuek, karena terkadang saya terlalu sibuk dan fokus pada pekerjaan sehingga kurang perhatian pada orang di sekitar saya. Jadi lewat tantangan ini, saya jadi belajar agar tetap bisa berbagi berkat untuk sekitar saya di saat seperti sekarang. 


    Dalam video wawancara Mila bersama Cosmo beberapa tahun lalu, kamu sempat bilang tidak suka pada sesuatu yang monoton. Biasanya apa yang Mila lakukan agar tetap happy dan tidak bosan saat di rumah?

    Benar sekali, saya tidak suka sesuatu yang monoton. Jadi saya mencari hal-hal baru yang bisa saya lakukan seperti misalnya belajar masak. Dan ternyata seru sekali karena ada banyak menu masakan yang bisa diikuti oleh pemula seperti saya. Saya juga sedang merencanakan untuk belajar main piano dan sudah mengunduh aplikasi belajar piano tersebut. Saya juga sempat membeli kanvas untuk belajar melukis, haha.. Saya juga suka men-challenge diri saya misalnya saat berolahraga saya sering mengikuti program "1 Week Challenges" dari Youtube atau video seperti "Get Abs in 2 Weeks" supaya tidak bosan. Intinya saya mencari sesuatu yang baru untuk dilakukan.






    Cosmo yakin kamu pasti sudah merencanakan beberapa hal untuk tahun 2020 ini. Adakah rencana hidup yang tertunda / batal lantaran pandemi COVID-19?

    Untuk rencana, harusnya di tahun ini memang ada beberapa film yang tayang dan pastinya harus tertunda. Lalu saya juga sebenarnya sedang syuting sebuah proyek film dan belum selesai, tapi harus ikut tertunda dengan adanya self quarantine ini. Tadinya di pertengahan tahun ini saya sempat memiliki rencana untuk trip liburan bersama teman saya. Tapi untungnya sih saya masih belum membeli tiket liburan tersebut, haha..


    Lalu sejauh ini apa sisi positif yang bisa Mila ambil dari keadaan ini?

    Yang pasti saya jadi bisa memiliki banyak waktu dengan keluarga saya dan mempelajari hal-hal baru. Lalu saya bisa melakukan hal-hal yang belum sempat dilakukan seperti misalnya menamatkan buku bacaan saya. Di saat seperti ini saya juga merasa lebih dekat dengan Tuhan. Saya jadi banyak berpikir dan merefleksikan diri, apa sih yang kurang dari diri saya dan hal apa yang masih bisa saya kembangkan lagi ke depannya.



    Proyek terbaru Jessica Mila selepas pandemi Corona salah satunya adalah film The Doll 3. Kembali dengan sebuah film horor, apakah kamu aslinya sosok yang pemberani atau sebaliknya?

    Saya tidak bisa dibilang sosok yang luar biasa pemberani tapi saya juga bukan orang yang terlalu penakut, haha.. Tapi saya sendiri memang suka menonton film horor dan thriller.


    Dari semua film kamu, mana yang paling mengubah persepsi atau bahkan hidup Mila?

    Bisa dibilang Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan. Dari awal saya membaca skripnya, saya langsung merasa kena sekali. Selama proses syuting film, saya pun belajar menerima kelebihan dan kekurangan yang saya punya. Lalu saya juga belajar bahwa sebenarnya dengan bersyukur kita bisa lebih bahagia dan tidak selamanya mengejar kesempurnaan semata. Serta saya berusaha untuk tidak selalu membandingkan kekurangan kita dengan orang lain. Sebab yang terpenting adalah berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri. Jujur dulunya saya itu takut sekali gemuk, sampai suka diet secara gila-gilaan! Tapi setelah film ini saya sadar bahwa kesehatan itu jauh lebih penting dibanding sekadar kurus.




    Pepatah mengatakan: "Mempertahankan lebih sulit dibanding meraih sesuatu." Bagaimana pandangan Mila, apakah sulit untuk me-maintain popularitas yang ada?

    Tentu mempertahankan pastinya lebih sulit, tapi dalam hidup saya tidak ingin menjadikan popularitas sebagai segalanya. Juga tidak ingin menjadikannya sebagai tujuan dan akhirnya hanya fokus mengejar popularitas semata. Karena saya tidak menjadikan popularitas sebagai indikator kesuksesan saya. Menurut saya yang terpenting selalu fokus untuk melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan saya, terus mengasah bakat yang saya punya, selalu menjadi diri sendiri, dan membagikan positivity ke semua orang.



    Jessica Mila yang kita kenal sudah berkarier sebagai aktris sejak belia. Selama fase itu, apa yang paling berubah dari diri kamu?

    Dulu saya itu orangnya pemalu dan introvert sekali. Sekarang saya lebih bisa bersosialisasi karena selama syuting saya harus bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang. Di sana saya belajar harus bisa bersosialisasi dengan orang di sekitar saya.


    Dream destination yang ingin dikunjungi setelah pandemi ini berakhir?

    Saya ingin sekali pergi ke Iceland atau New Zealand, tapi jika tidak ada waktu banyak untuk liburan saya rasa pergi ke Bali pun bisa jadi opsi. Pastinya hal itu sudah bisa membuat saya bahagia setelah situasi ini.


    Terakhir, seperti apa perasaannya setelah melakukan virtual photoshoot dengan Cosmopolitan hari ini?

    Seru banget! I had so much fun! Walau awalnya saya sempat tidak percaya diri dengan kemampuan makeup saya, karena setiap photoshoot biasanya selalu ada makeup artist yang hasilnya keren dan penuh totalitas dibandingkan makeup saya sendiri, haha.. Ternyata hasil makeup-nya lumayan, semoga hasil foto-fotonya juga bagus.



    AKREDITASI TEAM:

    Fotografer: Eddy Sofyan
    Stylist: Dheniel Algamar
    Digital Imaging: Veby Citra
    Makeup & Hairdo: Jessica Mila
    Asst. Fashion stylist: Yovita Pratiwi, Hendry Leo
    Wardrobe: Valentino, Friederich Herman available at masarishop.com
    Teks: Giovani Untari / FT