Better You

Daftar Hobi yang Bisa Kamu Eksplor Saat Bosan

  by: Givania Diwiya Citta       1/7/2020
    • Suatu hari, antrian tontonan di Netflix akan kosong, dan mungkin kamu masih akan merasa bosan.
    • Tengok sederet daftar hobi produktif berikut yang bisa kamu eksplor ketika kamu dilanda kebosanan.


    Selain menyaksikan para Kardashian yang menghibur, masih ada banyak hal seru yang sebenarnya bisa dilakukan. Mengingat kita harus mengontrol diri untuk sesi hang out dengan the girls di luar rumah, dan tentu saja antrian tontonan di Netflix mungkin akan kosong pada waktunya, maka kita harus cermat dalam mempertimbangkan eksplorasi hobi.




    Jika kamu masih menempuh pendidikan, atau semisal kamu sedang punya pekerjaan tetap, atau sesederhana setiap manusia lain yang menghadapi emosi sehari-hari, mungkin rasanya masih ada distraksi yang membuat daftar aktivitas harian kamu penuh. Tapi jika kamu sedang dilanda kebosanan atau hanya sedang mencari to-do list untuk mewarnai hari, ada kok alternatif lain selain nonton maraton New Girl di Netflix. Happy hobby hunting!


    Hobi saat sedang di rumah

    1. Menulis

    Tulis jurnal tentang hari kamu, atau tulis lirik, lagu, atau cerita pendek yang terlintas dalam pikiran kamu. Biarkanlah kreativitas kamu bersinar dan ingatlah, kamu tak perlu membagikan tulisan kamu ke orang lain, kok. Jadi nikmatilah hobi ini jika kamu termasuk orang yang mencintai privasi.


    2. Berkebun

    Baik kamu punya pekarangan luas di rumah, atau hanya punya ruang kosong di sudut jendela, ada banyak cara untuk membuat tangan kamu kotor. Dalam arti, kamu bisa mulai mengeksplorasi dengan beberapa tumbuhan rumahan yang awet, bahkan untuk kamu yang amat sangat pemula. 




    3. Kaligrafi

    Naikkan kreasi kamu dalam membuat greeting cards dengan karya kamu sendiri. Ada banyak sumber referensi online gratis untuk belajar kaligrafi, dan ini hal bagus juga, kok, karena kamu jadi bisa menghabiskan waktu dengan pena dan pensil warna kamu, sama seperti kamu banyak menghabiskan waktu untuk rutinitas skincare. Coba juga tonton video Cosmo ini untuk belajar doodling yang mudah!


    4. Main Puzzle

    Kalau kamu pernah menyelesaikan suatu puzzle, kamu pasti tahu rasa kepuasan itu, bukan? Bagian terbaik dari puzzle adalah varian ukuran, bentuk, dan desain, yang menantang kecermatan. Jadi saat sudah menyelesaikan satu persatu, kamu bisa gantungkan di dinding sebagai salah satu karya seni yang lucu.




    5. Membaca

    Yang satu ini sudah cukup jelas sebagai hobi. Jadi kalau kamu hampir sepanjang tahun ini belum sama sekali mulai membaca atau stuck tidak menamatkan satu buku saja, coba deh kembali lagi membaca. Kamu bisa mulai dari membaca novel grafis dan komik rekomendasi Cosmo yang seru dan tak penuh teks.




    6. Memasak

    Memasak artinya bersantap, jadi jika kamu hobi makan, maka memasak adalah hobi penunjang lainnya yang bisa kamu eksplor. Coba mulai dari menjajal resep-resep mudah dan seru dari buku memasak atau resep viral lainnya. Mungkin kamu bisa lulus sebagai koki rumahan. Coba saja mulai berkreasi dari resep gyudon ini!




    Hobi yang menuntut kamu bergerak

    7. Berlari dan Bersepeda

    Berlari itu bagus, kok, untuk kamu yang termotivasi mengejar sebuah tujuan. Bahkan tak perlu lari setengah maraton di gor publik, kamu bisa tetap menekuni hobi lari dari kompleks perumahan atau lingkungan tinggal kamu. Hal yang sama juga berlaku untuk bersepeda. It's a lifestyle, y'all.


    8. Yoga

    Beberapa dari kita mungkin lebih suka melakukan “namaste di kasur”, tapi kalau kamu mendamba untuk jadi lebih aktif dan lebih mindful, yoga adalah permulaan yang bagus. Coba ikuti kelas yoga di studio lokal kamu atau olahraga di rumah secara online dan nyaman.


    Hobi yang keren

    9. Ternak Lebah

    Oke, ya, mungkin ini sangat random. Kalau kamu tak takut dengan binatang menyengat ini, coba berkonsultasilah pada sumber-sumber berikut secara online sebelum memulainya. Tapi kalau yang kamu incar hanya madu saja, beli saja di toko.


    10. Stand-up Comedy dan Improvisasi

    Apakah kamu tipe teman yang sering melucu di grup? Maka kamu selangkah lebih dekat menjadi seorang komedian! Lol, bercanda. Pekerjaan ini berat dan mungkin kamu tak akan bisa instan terkenal, tapi mengambil kelas belajar komedi merupakan hal yang baik untuk kamu keluar dari zona nyaman dan untuk belajar lebih memahami diri sediri.


    11. Pengawetan

    Tahukah kamu kalau sebenarnya kamu bisa mengawetkan banyak hal dari buah juga sayuran? Ha! Sekarang kamu tahu bahwa opsi cemilan bisa jadi lebih banyak. Coba investasi dengan alat-alat fermentasi termasuk Mason jar, cuka, garam, gula, bumbu-bumbu dapur, dan sayuran. Coba ikuti instruksi dari The Kitchn ini.




    12. Mixology

    Mulailah mempelajari cocktail klasik seperti cosmopolitan (*wink*) yang bisa kamu buat dari dapur bar sendiri. Atau berkreasilah! Tapi apapun hasil minuman itu, jangan labeli diri sebagai mixologist profesional ya, ehm.


    13. Mengoleksi Barang



    Kamu bisa mengoleksi apapun, mulai dari perangko sampai kerang-kerang yang kamu kumpulkan dari pantai. Dan kalau kamu beruntung, beberapa barang bisa saja punya harga mahal untuk kamu tawarkan, lho.


    Hobi yang kreatif

    14. Melukis

    Bahkan jika kamu tak punya darah seni, tapi semua orang tetap bisa, kok, berkreasi menumpahkan warna-warna acak ke kanvas. Setelah kamu selesai dengan karya seni kamu, gantungkan di dinding kamar agar kamu bisa mengagumi bakat terpendam kamu.


    15. Menyusun Scrapbook

    Mungkin kamu tak sengaja pernah menekuninya saat remaja karena menggemari berbagai idola? Tak perlu malu, coba lagi saja sekarang, dan berkreasilah dengan gunting, lem, spidol, crayon, dan lain-lain. 


    16. Merajut

    Sekarang adalah kesempatan kamu untuk berhenti beli scarf dan topi yang terlalu mahal, karena kamu bisa mulai merajutnya sendiri. Merajut adalah hobi yang bisa kamu lakukan di mana pun, dan ketika kamu menguasainya, maka (yang Cosmo dengar) kebiasaan itu akan jadi alami di kehidupan sehari-hari.




    17. Tembikar

    Semua orang mungkin bermimpi melakukan adegan ikonis Demi Moore dan Patrick Swayze dalam Ghost, dan, hei, kamu juga bisa melakukannya! Berinvestasilah pada tanah liat, wheel, dan seseorang yang akan memeluk kamu dari belakang saat kamu mencoba menciptakan mangkuk. Dan sekalipun hasilnya tidak sempurna, beri saja pada ibumu (ia pasti bangga dengan apapun yang kamu buat untuknya).


    18. Menjahit

    Pernahkah kamu belanja ke mana pun tapi tak bisa menemukan pakaian spesifik yang kamu inginkan? Mengapa tidak buat baju sendiri saja? Hobi ini bukan hanya bagus, tapi juga sustainable untuk fashion. Berinvestasilah pada mesin jahit, and go for it!


    19. Bordir

    Mungkin terdengar seperti hobi yang akan kamu lakukan kalau sudah umur 50 tahun. Tapi dengarkan Cosmo, kamu bisa bordir apapun hal favorit kamu pada kaus, kanvas, sarung bantal, dan menciptakan logo favorit kamu, quotes, atau monogram, lho. Bordir juga sempurna untuk memberi sentuhan personal pada hadiah-hadiah yang kamu berikan pada orang tersayang.


    20. Buat Lilin Sendiri

    Kalau kamu adalah tipe yang sangat pemilih terhadap wewangian, maka mengkreasikan lilin aromaterapi kamu sendiri pasti dijamin akan membuat kamu sangat puas.




    Hobi yang mewah

    21. Meditasi

    Meditasi adalah waktu di mana kamu menutup diri dari dunia luar, lalu berfokus pada pikiran, napas, dan tubuh sendiri. Kamu bisa merasakan zen yang maksimal. Cek daftar aplikasi meditasi ini untuk memulainya.


    22. Berpelesir

    Mungkin ada rasa intimidasi memikirkan waktu dan uang yang akan dihabiskan untuk berlibur, tapi sebenarnya pengalaman pelesir itu layak dilakukan. Tak perlu tiba-tiba terbang ke Yunani, cukup eksplor wilayah lokal sendiri lewat museum budaya, atau menikmati people-watching. Namun ingat, hanya bepergian saat kondisi aman dan dunia sudah pulih sehat kembali, ya!


    23. Belajar Main Instrumen

    Kalau kamu terlanjur menelantarkan pelajaran musik sejak kelas 4 SD, maka kamu bisa memulainya lagi sekarang. Karena tak ada batasan usia untuk belajar main instrumen, oke! Coba pertimbangkan untuk belajar piano seperti ikon fashion Chloe Flower, atau belajar flute seperti Lizzo. 


    24. Fotografi

    Bukan berarti karena kamu punya ponsel canggih atau mungkin punya kamera DSLR, kamu jadi tiba-tiba fasih dengan fotografi. Coba ikuti kursus atau kelas online untuk belajar tentang teknik, komposisi, dan semua yang dibutuhkan untuk tak perlu menggunakan Photoshop terlalu banyak.


    25. Belajar Bahasa Baru

    Tak ada kerugian apapun untuk mempelajari sebuah bahasa baru. Coba saja yang klasik seperti les bahasa Prancis, Mandarin, atau Korea seperti yang Cosmo pelajari, dan bersiap ambil trip di masa depan untuk mengetes kemampuan bahasa kamu.


    26. Sukarelawan

    Menjadi sukarelawan sangat bagus untuk kamu yang hanya punya sedikit waktu luang dalam seminggu untuk dihabiskan. Coba cari organisasi di wilayah kamu yang membuat kamu bergairah ikut, dan cari tahu bagaimana kamu bisa berkontribusi di sana. 




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Cosmopolitan US / Mariah Schlossmann)

    tags: hobi, bosan