Better You

5 Manfaat Kesehatan dari Hobi Merajut, Mau Coba?

  by: Alexander Kusumapradja       1/7/2020
    • Hobi merajut disukai banyak orang dari ragam usia dan latar belakang karena banyak manfaat positif yang didapat.
    • Selain mengekspresikan kreativitas, merajut juga punya banyak manfaat bagi otak, mental, dan fisik.




    Beberapa hari lalu, Cosmo melihat cuitan seorang pengguna Twitter yang bercerita tentang keponakan lelakinya yang sedang bersedih karena hobinya merajut dan bermain benang ditentang oleh ibunya yang menganggap kegiatan tersebut hanya cocok untuk anak perempuan. Tweet tersebut kemudian ramai mendapat respons yang memberi semangat kepada si anak lelaki tersebut dan banyak pula yang menceritakan tentang hobi merajut mereka, termasuk dari para lelaki.

    Mendengar kata merajut mungkin sebelumnya memang lebih identik dengan kegiatan yang dilakukan oleh kaum wanita, terutama dari kalangan ibu-ibu atau bahkan nenek-nenek. Padahal, kegiatan satu ini memiliki penggemar dari ragam usia dan latar belakang lho, beberapa orang bahkan menjadikan hobi merajut mereka sebagai medium berkesenian seperti yang dilakukan oleh seniman rajut Indonesia, Mulyana alias @mangmoel yang beberapa karya instalasi rajutnya telah dipamerkan di berbagai ajang bergengsi seperti Artjog.



    Setiap orang mungkin punya alasan masing-masing untuk menekuni hobi merajut, namun secara umum orang yang hobi merajut merasa kegiatan ini selain mengekspresikan kreativitas juga sangat membantu sebagai latihan otak dan mental hingga menenangkan pikiran seperti bermeditasi. Tak mengherankan bila akhirnya banyak orang, termasuk para selebriti seperti Demi Lovato, Kristen Stewart, hingga Ryan Gosling juga menekuni kegiatan satu ini. Tertarik mencoba merajut untuk hobi baru di kala bosan? Kamu mungkin akan semakin tertarik setelah mengetahui manfaat kesehatan dari merajut di bawah ini:


    1. Menenangkan Pikiran Seperti Meditasi

    Saat awal mencoba, kamu mungkin masih bingung atau malah frustrasi karena tak bisa melakukan yang ingin kamu mau, tapi dengan semakin banyak latihan dan kegigihan, pelan-pelan kamu pasti tahu triknya dan menikmati hobi baru ini. Bila sudah terbiasa, merajut yang tadinya mungkin membuatmu harus struggle justru kini terasa relaxing. Kegiatan merajut pada umumnya adalah kegiatan repetitif di mana kita melakukan pola yang sama berkali-kali hingga jadi. Kegiatan dengan ritme repetitif ini memberikan manfaat yang sama pada tubuh dan pikiran kita seperti ketika melakukan latihan pernapasan saat bermeditasi. Bonusnya, kamu akan mendapatkan karya yang bisa kamu pajang atau bahkan pakai ketika rajutanmu sudah selesai.



    2. Meredakan Tingkat Depresi, Stres, dan Kecemasan

    Merajut adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja, dari mulai sofa favoritmu hingga ketika kamu sedang duduk menunggu. Duduk merajut dengan konsentrasi penuh dan gerakan tangan yang ritmis mampu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah kita yang juga bermanfaat saat kita merasakan emosi yang membuat tubuh kita menegang atau ketika kita merasa rasa cemas dan depresi mulai mendatangi kita.

    3. Menjaga Fungsi Saraf Motorik

    Merajut menstimulasi hampir seluruh bagian otak kita, mulai dari lobus frontalis (yang mengatur emosi, fokus, perencanaan, dan kemampuan motorik), lobus parietal (yang mengatur sensasi tubuh dan menerjemahkan informasi dari bagian otak lain), lobus oksipital (yang mengatur informasi visual), lobus temporal (yang menyimpan memori dan menerjemahkan bahasa dan artinya) hingga otak kecil (yang berperan penting dalam kemampuan motorik halus dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan), sehingga kegiatan ini merupakan latihan otak yang dapat membantu kita menjaga kemampuan motorik halus kita dan mengurangi risiko penyakit otak seperti Parkinson dan Alzheimer.

    4. Mencegah Risiko Radang Sendi

    Selain otak dan mental, merajut juga punya manfaat kesehatan untuk fisik kita karena kegiatan ini mendorong kita menggerakkan jari dan persendian kita agar tak kaku dan kehilangan tenaga. Dalam hal ini merajut disebut lebih ampuh dibanding kegiatan mengetik yang tidak terlalu memberi tekanan pada jari namun juga tak terlalu berat dan berisiko cedera. Di masa smartphone dengan layar sentuh sekarang, banyak orang merasa tenaga tangan dan jari-jari mereka berkurang drastis, terutama bila kamu termasuk yang kurang aktif olahraga.

    5. Membangun Kepercayaan Diri

    Tidak banyak lho yang tahu caranya merajut di sekitar kita. Ada rasa bangga tersendiri dan sense of achievement yang terpenuhi bila kita telah menguasai teknik rajut yang baru kita coba atau menyelesaikan suatu karya rajut. Reaksi positif dari orang-orang saat tahu sweater atau selimut keren yang kamu punya sebetulnya hasil jerih payahmu sendiri bisa menjadi mood booster dan membuatmu semakin percaya diri, and yes, please be proud kalau kamu punya hobi dan bakat merajut!


    (Alexander Kusumapradja/Image: Rebecca Grant on Unsplash )