Fashion

Penting! Jenis-jenis Topi Yang Kamu Harus Tahu!

  by: Dheniel Algamar       2/7/2020
    • Topi memiliki desain yang beragam dengan fungsi yang berbeda-beda.
    • Berikut jenis-jenis topi yang kamu harus tahu.


    Topi tak hanya berguna untuk melindungi kamu dari panas matahari, angin, atau hujan saja, namun juga dapat memberikan sentuhan ekstra untuk penampilan. Yup, topi pun diciptakan dengan beragam macam bentuk dan beberapa memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yuk, tengok jenis-jenis topi ini yang kamu harus ketahui.




    Visor, Bershka, Rp159.900,-.

    1. Visor Cap

    Topi ini memiliki desain bagian atas yang terbuka, dan bagian belakang yang biasanya dirancang menggunakan karet atau velcro sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran kepala kamu. Visor cap hanya akan melindungi bagian wajah dari sinar matahari.


    Boater, Gucci.

    2. Boater

    Topi semi-formal ini biasanya dikenakan saat musim panas dan hadir pada awal abad ke-20. Topi ini biasanya terbuat dari material yang dianyam. Meski di zaman dulu topi ini sering dikenakan oleh pria ketika berpenampilan dengan memakai blazer, namun sekarang topi ini bisa kamu padukan dengan gaya apapun untuk tampil lebih stylish.



    Breton, Zara, Rp299.900,-. 

    3. Breton Hat

    Topi ini yang juga sering disebut nautical hat ini memang dahulu kerap dipakai oleh para nelayan atau pekerja pekerja pertanian di Britanny, Prancis. Topi  yang sering kali dipadukan bersama atasan bergaris biru dan putih atau merah dan putih ini juga sempat dipopulerkan oleh desainer Coco Chanel.



    4. Cowboy Hat

    Cosmo yakin kamu pasti sudah familiar dengan topi yang satu ini. Cowboy hat adalah aksesori yang merupakan ciri khas para peternak di bagian barat dan selatan Amerika Serikat.


    Beret, Euginia Kim - www.net-a-porter.com. 

    5. Beret

    Aksesori kepala ini dirancang dengan material yang tidak kaku, modelnya datar, dan biasanya terbuat dari bahan wol atau katun. Topi beret awalnya muncul di Prancis dan Spanyol, sehingga sampai saat ini masih sering diasosiasikan dengan negara tersebut.


    Flat cap, Fawler - www.trendhim.com. 

    6. Flat Cap

    Topi ini dirancang dengan model bundar dan memiliki bagian brim kecil di depan yang kaku. Aksesori kepala berikut berasal dari Inggris dan Irlandia. Material yang biasa dipakai untuk membuat topi ini adalah wol, katun, dan tweed.


    Fedora, Maison Michel - www.net-a-porter.com. 

    7. Fedora

    Topi ini muncul di tahun 1891. Didesain dengan bagian brim yang tidak kaku, lebar, dan bundar mengelilingi seluruh bagian topi. Topi ini tak hanya populer dikenakan oleh para pria namun juga wanita. 


    Straw hat, Zara, Rp599.900,-.

    8. Straw Hat 

    Topi ini dibuat dengan teknik anyaman menggunakan material yang bermacam-macam mulai dari jerami hingga bahan sintetis. Topi berikut biasanya dikenakan untuk melindungi sinar matahari namun juga biasa dipakai untuk mengelevasi penampilan hingga dikenakan sebagai bagian dari seragam.



    Baseball hat, Burberry.

    9. Baseball Hat

    Disebut baseball hat karena jenis topi ini awalnya dikenakan oleh anggota tim olahraga baseball dan biasanya hadir dengan logo tim di bagian depan topi. Item ini memiliki desain yang tidak kaku di bagian atas kepala dan brim yang kuat di depan untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Jenis topi ini kini hadir dengan berbagai desain tidak hanya dipakai untuk berolahraga.




    Newsboy cap, Major Wear - www.trendhim.com. 

    10. Newsboy Cap

    Newsboy cap atau newsie adalah topi bergaya kasual yang bentuknya mirip dengan flat cap. Memiliki brim kuat dan kaku di bagian depan, namun topi ini dirancang dengan bagian atas yang bervolume dan terdapat sebuah kancing di atas topi. 


    Fascinator, Gigi Buris - www.net-a-porter.com.

    11. Fascinator

    Aksesori kepala ini biasanya dikenakan oleh wanita untuk menghadiri sebuah acara formal. Detail dekoratif di atas kepala biasanya dibuat dari material ringan yang kemudian diaplikasikan pada jepit atau ditempel pada sebuah bando. Jika ornamen dekoratif ini ditempel pada sebuah topi maka disebut hatinator.


    Turban, Saint Laurent.

    12. Turban

    Aksesori kepala ini biasanya terbuat dari kain dan hadir di sejumlah kultur dan tradisi di dunia. Beberapa model turban juga memiliki nilai religus untuk beberapa kelompok agama. Kini turban hadir dengan model, material, dan desain yang beragam yang kemudian dijadikan aksesori kepala untuk mengelevasi penampilan.



    Wide-brimmed hat, Zara, Rp299.900,-.

    13. Wide-Brimmed Hat

    Topi ini desainnya mirip dengan fedora namun area brim pada topi ini lebih lebar. Wide-brimmed hat yang memiliki material brim lebih lunak sehingga memiliki efek bergelombang dan detail tali meyerupai pita di bagian atas biasanya disebut floppy hat


    Beanie, Bershka, Rp159.900,-.

    14. Beanie

    Akesori kepala ini biasanya dibuat dengan teknik rajut bermaterial wol dan dikenakan kala cuaca dingin untuk menghangatkan area kepala dan telinga. Beanie kini hadir dengan material berbeda-beda seperti katun dan masih banyak lagi.



    Bucket hat, Bershka, Rp199.900,-.

    15. Bucket Hat

    Topi ini bermodel lebar dengan brim yang melingkar, tidak kaku, dan menghadap ke bawah. Bucket hat biasanya dirancang dengan material yang cukup tebal seperti katun, denim, canvas, tweed dan masih banyak lagi. Kemudian dilengkapi dengan ornamen metal berlubang di bagian atas untuk sirkulasi udara. 


    Panama hat, Sensi Studio - www.net-a-porter.com. 

    16. Panama Hat

    Topi ini berasal dari Ekuador yang awalnya terbuat dari anyaman daun dari pohon sejenis palem. Topi panama hadir dengan warna yang terang seperti putih atau krem, ringan, dan tidak terasa panas kala dikenakan. Kini panama hat pun biasanya dikenakan kala musim panas dan dipadukan bersama busana seperti setelan jas bermaterial linen atau sutra.

    (Image: Net-a-porter, Zara, Bershka)