Lifestyle

Komunitas Pencinta Gastronomi Indonesia Resmi Terbentuk

  by: Alvin Yoga       3/7/2020
    • Indonesian Gastronomy Community (IGC) atau Komunitas Pencinta Gastronomi Indonesia resmi terbentuk.
    • Dengan tema “Gempita Cita Rasa”, komunitas ini resmi diluncurkan untuk menjadi pelestari budaya makanan dan minuman Indonesia guna memajukan Indonesia.


    Berawal dari pertemuan para pencinta makanan pada tanggal 27 Maret 2020 lalu, sebuah komunitas pencinta makanan Indonesia bernama Perkumpulan Pencinta Gastronomi Indonesia atau Indonesian Gastronomy Community (IGC) kini resmi terbentuk. Komunitas non-profit ini memiliki visi menjadi pelestari budaya makanan dan minuman Indonesia guna memajukan Indonesia dengan moto “Selera Indonesia Untuk Dunia.”

    Pertemuan secara virtual pun kembali digelar pada Juni 2020 oleh IGC untuk merayakan terbentuknya komunitas tersebut. Dalam sambutannya, Ria Musiawan, Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community berujar bahwa, “Visi dan misi besar IGC ini tentunya tidak akan mudah tewujud tanpa dukungan maupun partisipasi dari berbagai pihak untuk memajukan Indonesia dengan memberdayakan makanan dan minuman Indonesia dengan berkarya dan bergabung bersama IGC.”



    Meskipun digelar secara virtual, acara ini turut diramaikan oleh sejumlah tokoh. Ayu Azhari hadir menunjukkan kemampuannya berkreasi membuat blekutak, Bapak Agus Marsudi membacakan puisi berjudul Kangen, dan Bertha tampil memberi kehangatan suasana acara lewat lantunan suara merdunya. Selain itu, beberapa tokoh masyarakat juga turut memberikan ucapan selamat. Beberapa di antaranya termasuk Bapak Bambang Soesatyo, Bapak Teten Masduki, Bapak Rosan P. Roeslani. “Selamat atas terbentuknya IGC (Indonesian Gastronomy Community) sebagai upaya untuk menduniakan masakan Indonesia dari Sabang sampai Merauke ke seluruh dunia,” pesan Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI) dalam video klip ucapan selamatnya.

    Gastronomi sendiri merupakan seni makan yang baik, yang mempelajari hubungan makanan dalam kaitannya dengan pengetahuan sejarah dan budaya suatu daerah, sebagai kearifan lokal masyarakat setempat. Hal ini berarti setiap insan yang memiliki minat terhadap makanan dan minuman Indonesia dapat berkontribusi bersama di komunitas ini. Tidak perlu menjadi seorang ahli memasak untuk dapat bergabung memajukan gastronomi Indonesia beserta kisah-narasi kebudayaannya. IGC membuka diri untuk mereka yang memiliki passion dalam bidang makanan dan minuman Indonesia, baik yang tinggal di Indonesia maupun di mancanegara untuk menjadi anggota IGC. Tertarik untuk bergabung, dear?




    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Indonesian Gastronomy Community / Layout: Severinus Dewantara)