Lifestyle

Penting! Ini Manfaat Pisang untuk Kecantikan & Kesehatan

  by: Kezia Calesta       3/7/2020
  • Buah pisang adalah salah satu superfood yang lezat, mudah disantap, dan kaya nutrisi. Selain mengandung banyak serat dan antioksidan, buah ini juga rendah lemak dan kalori (sekitar 105 kal untuk sebuah pisang ukuran medium). Penasaran akan manfaat pisang untuk kecantikan dan kesehatan tubuh? Simak penjelasan Cosmo berikut.


    1. Melancarkan pencernaan

    Pisang telah dibuktikan dapat melancarkan pencernaan, karena superfood ini mengandung vitamin B6 (33% dari asupan harian yang dianjurkan) yang dapat memetabolisir karbohidrat serta lemak. Selain itu, kandungan serat pectin dan pati tahan cerna bisa menyehatkan bakteri baik dalam usus.




    2. Meningkatkan kesehatan ginjal

    Sebuah studi oleh PubMed Central membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi pisang sebanyak 2-3 kali seminggu dapat menurunkan risiko penyakit ginjal sebanyak 33%. Ditambah lagi, pisang kaya akan potassium yang penting untuk tekanan darah, serta vitamin B6 yang bisa membantu membuang zat kimia yang tidak baik dari hati dan ginjal.


    3. Mendukung kesehatan jantung

    Potassium merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Faktanya adalah, orang yang mengonsumsi potasium setiap hari dapat menurunkan risiko sakit jantung sebanyak 27% - dan pisang mengandung potassium (9% dari asupan harian yang dianjurkan) serta magnesium yang baik untuk jantung.


    4. Mencerahkan kulit wajah

    Tidak percaya? Ini buktinya: pisang kaya akan vitamin A yang mampu menghaluskan kulit kasar, vitamin B yang mencegah penuaan dini, vitamin E yang memperkuat kulit, manganese yang meningkatkan produksi kolagen dan menangkal radikal bebas, serta potassium yang melembapkan kulit kering. Ingin membuat masker pisang sendiri di rumah? Berikut resep masker pisang mudah dari Cosmo.




    5. Menyehatkan rambut

    Selain baik untuk kesehatan kulit, buah pisang juga baik untuk rambut dan kulit kepala. Buah ini kaya akan potassium, karbohidrat, vitamin, dan minyak alami yang mampu melembutkan rambut dan melindungi elastisitas agar tidak mudah patah. Selain itu, pisang juga mengandung folat yang berguna untuk pertumbuhan sel dalam rambut dan kuku.


    6. Aman untuk diet

    Sebuah pisang berukuran medium dapat mengisi perut dan menahan lapar selama beberapa jam. Buah ini cocok untuk diet karena meski kalorinya cukup rendah (105 kal), pisang sangat bernutrisi dan kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Psst, ingat juga untuk menghindari 8 makanan ini jika mau dietmu sukses!


    7. Cocok untuk penggemar olahraga

    Pisang merupakan salah satu sumber energi favorit para atlit, karena buah ini kaya akan mineral dan karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh. Did you know? Dua buah pisang dapat memberikan cukup energi untuk berolahraga selama 1,5 jam! Last but not least, menyantap buah pisang juga dapat mengurangi badan nyeri atau pegal-pegal.


    (Image: doc. Freepik)