Lifestyle

Terbang dengan AirAsia? Ini Aturan yang Harus Kamu Ikuti

  by: Alvin Yoga       4/7/2020
    • AirAsia kembali mengudara dengan membuka beberapa rute domestik.
    • Ada beberapa aturan yang harus diikuti oleh pemesan tiket sebelum terbang.


    AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) secara resmi kembali melayani penerbangan berjadwal di Nusantara. Momen penting ini ditandai dengan pengoperasian rute domestik Jakarta-Denpasar, Jakarta-Medan, dan ​penerbangan internasional Surabaya-Kuala Lumpur dan Medan-Kuala Lumpur menggunakan ​pesawat Airbus A320. Penerbangan berjadwal perdana pasca hibernasi ini menandai kembalinya layanan AirAsia Indonesia pada rute tersebut yang nantinya akan dilanjutkan dengan penambahan frekuensi penerbangan secara bertahap dan pengoperasian rute-rute lainnya.

    Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, “Saat ini kami sedang fokus ​untuk memulihkan ​seluruh ​jaringan rute kami secara bertahap sekaligus memantau perkembangan situasi terkini terkait pandemi COVID-19 dan pemulihan minat bepergian selama periode new normal​. Seluruh staf kami pun terus bekerja sepanjang waktu untuk dapat kembali memenuhi kebutuhan perjalanan pelanggan setia kami dengan ​menawarkan penerbangan yang terjangkau dan menerapkan protokol keamanan dan kesehatan yang berlaku. Kami berharap layanan kami mendapatkan tempat di hati masyarakat, sehingga kami bisa berkontribusi lebih besar dalam memulihkan perekonomian bangsa.”



    Para pelanggan dapat memesan penerbangan yang tersedia melalui ​airasia.com dan aplikasi seluler AirAsia, serta dapat dibeli menggunakan saldo Akun Kredit. AirAsia memberikan ​bagasi cuma-cuma untuk penerbangan domestik hingga 15kg. Selama masa hibernasi, AirAsia Indonesia telah melayani sejumlah penerbangan sewa (​charter​) domestik dan internasional untuk kebutuhan mobilisasi tenaga kerja dan medis, misi repatriasi, dan pengiriman logistik dan bantuan​. Untuk informasi terkini dan penting lainnya seputar rute penerbangan domestik, silakan kunjungi situs airasia.com.


    Aturan Terbang Terbaru AirAsia

    Nah, untuk kamu yang ingin membeli tiket AirAsia, AirAsia mematuhi masukan para ahli dan bekerja sama dengan berbagai pihak dari regulator, pemerintah setempat, hingga otoritas penerbangan sipil dan kesehatan, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), sehingga ada beberapa aturan yang disesuaikan.


    Untuk kenyamanan perjalanan, berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

    1. Pertama, periksa syarat dan ketentuan yang berlaku terkait perjalanan sebelum memesan tiket baik untuk rute internasional maupun domestik. Silakan merujuk ke tautan ini untuk mengetahui daftar negara yang melakukan pembatasan perjalanan.

    2. Semua tamu AirAsia wajib membawa dan menggunakan masker pribadi dengan benar sebelum, selama, dan sesudah penerbangan, termasuk saat check-in dan mengambil bagasi. Tamu yang tidak mengenakan masker tidak akan diperbolehkan naik ke pesawat.

    3. Bagasi kabin - untuk menerapkan jaga jarak sosial saat turun dan naik pesawat, setiap penumpang hanya diperbolehkan membawa SATU item bagasi kabin dengan bobot maksimal 5 kg. Hal ini dapat meminimalkan risiko terjadinya kontak antara kamu dengan penumpang lainnya. Informasi lebih lanjut tersedia di sini.

    4. Mohon datang lebih awal ke bandara - setidaknya tiba 4 jam sebelum naik pesawat - agar memiliki waktu luang untuk menjalankan segala proses yang diperlukan.


    Untuk memastikan bahwa standar keselamatan dan kesehatan tertinggi selalu terpenuhi, AirAsia telah melakukan sejumlah langkah pengetatan prosedur baik di darat maupun di udara:

    Pembersihan pesawat:

    1. Pesawat menjalani proses desinfeksi menyeluruh menggunakan cairan pembersih sesuai dengan Pedoman Perawatan Pesawat Airbus (AMM) dan dikerjakan oleh tim profesional.

    2. Setiap hari setelah selesai penerbangan, pesawat menjalankan prosedur pembersihan menyeluruh selama 2 jam, sesuai dengan instruksi dari otoritas kesehatan.


    Sebelum terbang:

    1. Semua tamu AirAsia wajib membawa dan menggunakan masker pribadi dengan benar sebelum, selama, dan sesudah penerbangan, termasuk saat check-in dan mengambil bagasi. Tamu yang tidak mengenakan masker tidak akan diperbolehkan naik ke pesawat.

    2. Pemeriksaan suhu tubuh akan dilakukan di beberapa titik, termasuk di gerbang keberangkatan.

    3. Awak kabin akan menjalankan pemeriksaan suhu tubuh setiap selesai menjalankan tugas.

    4. Jaga jarak sosial diterapkan dengan marka antrean, termasuk di konter dan kios check-in.

    5. Konter check-in tambahan akan difungsikan untuk menjaga jarak sosial.

    6. Cairan pembersih tangan akan tersedia di sepanjang area yang dilalui penumpang dan staf. 

    7. Kabin pesawat akan disemprot dengan zat desinfeksi pada saat sebelum keberangkatan, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.



    8. Pengarahan mengenai keamanan dan kesehatan akan diberikan kepada seluruh awak kabin yang bertugas mengikuti arahan terkini. 

    9. Check-in melalui web dan aplikasi untuk mengurangi kontak fisik dan kontak dengan permukaan pada saat proses check-in dan masuk pesawat.


    Selama penerbangan:

    1. Seluruh pesawat AirAsia dilengkapi dengan fitur penyaring udara HEPA berstandar rumah sakit, yang dapat menyaring 99.999% partikel dan kontaminan di udara seperti virus dan bakteri.

    2. Seluruh awak kabin mengenakan alat pelindung diri termasuk masker dan sarung tangan.

    3. Kami akan mengatur jarak antar penumpang jika tingkat keterisian memungkinkan, sehingga tamu dapat berpindah di zonanya, dengan bantuan awak kabin.

    4. Keamanan makanan:

        a) Semua makanan diproduksi dan dikemas secara higienis mengikuti persyaratan keamanan pangan yang ketat

        b) Seluruh staf produksi makanan akan diawasi secara rutin berdasarkan panduan COVID-19 

        c) Awak kabin yang bertugas menangani makanan akan mengenakan sarung tangan sekali pakai

    5. Awak kabin sudah terlatih dengan baik untuk menangani berbagai situasi medis selama di dalam pesawat termasuk untuk mengidentifikasi dan mengisolasi penumpang yang merasa tidak sehat.

    6. Pemeriksaan suhu tubuh akan dilakukan sebelum tiba di destinasi tujuan yang mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh.


    Kedatangan: 

    1. Formulir pernyataan kesehatan akan dibagikan sebelum atau pada saat kedatangan.

    2. Pemeriksaan suhu tubuh akan dilakukan pada saat kedatangan.

    3. Penumpang transit akan diminta untuk tetap berada di bandara.

    4. Kewajiban untuk karantina dapat diberlakukan sesuai peraturan di wilayah tujuan.


    Apa yang dapat kamu lakukan? 

    Kamu diminta untuk menjalankan langkah-langkah pencegahan dan perlindungan diri yang direkomendasikan secara umum, termasuk mempraktikkan kebiasaan menjaga kebersihan diri.

    Mohon diperhatikan bahwa kamu diwajibkan membawa masker pribadi dan mengenakannya sebelum, selama, dan sesudah penerbangan, termasuk saat check-in dan mengambil bagasi. Jika tidak membawa masker pribadi, kamu tidak akan diperbolehkan untuk terbang.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. AirAsia Indonesia)