Lifestyle

11 Barang yang Bisa Mengurangi Anxiety

  by: Givania Diwiya Citta       5/7/2020
    • Dampak dari krisis COVID-19 ataupun kewalahan setelah mengalami hari yang berat bisa berefek pada kesehatan mental kita.
    • 11 daftar barang berikut ini bisa membantu kamu mengurangi anxiety, mulai dari sebuah roller sampai selimut tidur yang layak jadi investasi.


    Tak bisa disangkal, dampak dari krisis COVID-19 membuat kita sedikit banyak catching feeling dengan stres, ketakutan, hingga anxiety. Rasanya dunia dan hidup kita terbolak-balik, terguncang, terlempar dari orbit. Dan mungkin setelah kita masuk ke masa transisi gaya hidup “new normal”, kita bahkan tetap merasa asing seolah tak menapaki dunia yang sama lagi. Rasa gelisah itu memang nyata, dan meski kita tahu pasti bahwa masa-masa sulit ini akan terlewati bagaimana pun juga, namun Cosmo tahu mungkin ada hari-hari di mana kita merasa kewalahan. Jadi, Cosmo mencoba mengurasi beberapa produk yang mampu mereduksi anxiety selama beraktivitas sehari-hari. 




    Yoga Mat


    Happyfit, Happyfit.co.id

    (Harga: Rp280.000,-)

    Yoga tak hanya olahraga untuk kebugaran fisik, karena latihan pernapasan dan fokus untuk hadir di momen saat itu juga membuat kita turut latihan menenangkan pikiran. Jadi, olahraga ini bisa berkontribusi menenangkan stres, mencerna rasa gelisah, dan menjernihkan pikiran. Yang kemudian kamu butuhkan adalah sebuah mat berbahan rubber untuk menunjang kamu saat berlatih yoga. Bahan rubber ini akan memberi pegangan kokoh untuk tubuh kamu karena fiturnya yang anti licin saat berkeringat. Psst, latih sendiri juga pose yang disebut mampu membantu mengatasi anxiety seperti tree pose serta cat and bow, di rumah atau kamar sendiri. 


    Nature Documentary


    Night on Earth, Netflix.com

    (Harga: Rp49.000,- sampai Rp169.000,-)

    Jika biasanya kamu maraton menonton serial TV atau film untuk merasa lebih baik – hei, jangan salah, semua drama favorit yang kita tonton memang membuat kita bahagia, kok! – maka kini coba jajal menonton film atau serial dokumenter, khususnya dokumenter tentang alam. Bonusnya, dokumenter ini dinarasikan oleh Samira Wiley yang pernah memenangkan Emmy Awards. Lalu jika kamu bertanya-tanya mengapa harus dokumenter, lalu spesifik tentang alam pula? Girls, menyaksikan dokumenter tentang alam bisa memercik emosi positif kamu terhadap pandangan kamu tentang dunia, semesta, dan kehidupan di dalamnya.


    Aromatherapy Roller


    GoodVibes, Shop.museummacan.org

    (Harga: Rp99.000,-)

    Secara praktis, alat mungil namun powerful ini bisa mengurangi rasa lelah sekaligus menenangkan ketegangan yang kamu rasakan. Cukup gunakan roller ini di sarung bantal kamu atau kain apapun yang bisa kamu dekatkan ke hidung. Aromanya yang menenangkan akan membantu kamu kalem, dan setelah kamu merasa lebih tenang, kamu bisa melepas emosi negatif yang sedang membebani pikiranmu.


    Weighted Blanket


    Huggy, Huggyblankets.com

    (Harga: Rp1,813.500,-)

    Meski pricey, namun sebuah weighted blanket banyak diulas oleh warga dunia bahwa selimut ini membantu mereka menghadapi insomnia yang juga terkoneksi dengan rasa gelisah. Teknologi weighted blanket ini dirancang untuk menciptakan stimulasi rasa bahwa tubuh kamu sedang dipeluk. Bagaimana tidak… kamu sendiri pasti tahu efek nyaman dan tenang yang dihasilkan dari sebuah pelukan. Jadi, kalau kamu ingin berinvestasi pada sebuah weighted blanket, Cosmo tak akan menghakimi!!


    Cork Notebook 


    Alangka, Moselo.com

    (Harga: Rp110.000,-)

    Mengutip hasil riset dari University of Rochester Medical Center, journaling bisa membantu kamu mengidentifikasi apa saja hal-hal yang menyebabkan kamu stres. Dan setelah kamu berhasil mengenali sumber stres, maka kamu bisa memetakan rencana untuk menanggulangi masalah tersebut. Pada akhirnya, menuliskan semua pikiran dan emosi kamu pada sebuah jurnal bisa berefek mereduksi stres karena kamu bisa mendetailkan semua progres serta tujuan dari kehidupan kamu. Apalagi dengan sifatnya yang personal, kamu punya banyak ruang untuk bebas mengeksplorasi dan memahami diri sendiri.


    Meditation Cushion


    Rondaful, Lazada.co.id

    (Harga: Rp371.000,-)



    Cosmo ingin mengingatkanmu lagi, meditasi merupakan salah satu cara untuk meraih konsep mindfulness. Meditasi melatih kamu untuk berada di momen keberadaan kamu, dan menghadapi semua pikiran yang kerap mendistraksi. Meditasi justru mengajari kita untuk menerima bahwa, ya, pikiran-pikiran melayang itu ada serta hadir lagi-dan-lagi, namun meditasi membuat kamu berfokus untuk berdamai tanpa mengurangi nilai dari diri sendiri. Dengan durasi latihan meditasi yang beragam, bisa panjang ataupun pendek, maka sebuah cushion meditasi akan membuat kamu duduk dalam diam dengan nyaman.


    Jigsaw Puzzle


    Jigzle, Jigzle.id 

    (Harga: Rp595.000,-)

    Selain sukses membunuh kebosanan – apalagi saat masa-masa karantina di rumah selama beberapa bulan ke belakang – bermain puzzle juga nyatanya memiliki efek relaksasi, lho. Bukan hanya karena fiturnya yang membuat kita berfokus menyelesaikan tantangan menyatukan keping demi keping secara presisi, puzzle juga mengajari kita untuk mengontrol diri dari distraksi. Coba tantang diri dengan menyelesaikan 1000 pieces puzzle The Starry Night (‘coz it’s van Gogh, y’all!) dan eksperimen sendiri efek calming yang bisa kamu tuai.


    Coloring Book


    Floating World, Periplus.com

    (Harga: Rp167.000,-)

    Fakta tentang buku mewarnai yang bisa mereduksi gejala depresi serta anxiety memang bukanlah hal baru, dan rasanya tren buku mewarnai untuk orang dewasa sudah lama melonjak sejak tahun 2017. Jadi, tunggu apa lagi? Invest yourself one (or as much as you want) coloring book!


    Wireless Diffuser


    Uchii, Jd.id

    (Harga: Rp599.000,-)

    Sebuah diffuser yang konvensional saja sudah bisa memberi efek menenangkan, bukan? Kini coba upgrade dengan sebuah wireless diffuser hingga kamu bisa mentransformasi ruangan di mana pun kamu berada menjadi sebuah spa pribadi yang menenangkan.


    Aloe Plant


    Grow and Grow, Instagram.com

    (Harga: Rp75.000,-)

    Fungsi tanaman varietas aloe yang telah tersohor dikenal sebagai pemurni udara alami ini juga dipercaya bisa mereduksi gejala anxiety, lho. Tanaman yang sangat ramah untuk dibawa ke dalam ruangan ini akan memproduksi oksigen saat malam hari, sehingga bisa membantu sesi tidur yang lebih damai. Tapi sesungguhnya, hanya dengan konsep membawa sebongkah alam ke dalam rumah kamu saja sudah merupakan bentuk penenang untuk atmosfer kamu.


    Macrame Kit


    The Art of Macrame, Shopee.co.id

    (Harga: Rp110.000,-)

    Kamu tidak perlu menunggu jadi pensiunan untuk mulai knotting macrame, oke. Ini juga bukan aktivitas hipster, kok! Intinya, mengerjakan sebuah kerajinan tangan bisa membantu mengurangi rasa gelisah. Dan jika kamu adalah tipe individu yang kreatif, kamu pun akan menikmati sesi membuat macrame yang uniquely relaxing ini.


    (Givania Diwiya / Images: Courtesy of products / Layout: Dyah Puspasari)

    tags: anxiety