Lifestyle

Ini 9 Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Kamu!

  by: Giovani Untari       5/7/2020
    • Babes, punya masalah dalam hal kuota atau paket data yang selalu boros setiap bulannya? Mungkin ada beberapa kebiasaanmu yang menyebabkan hal ini terjadi.
    • Untuk mencegahnya, yuk simak 9 cara menghemat kuota atau paket data internet di smartphone berikut ini!


    Internet jelas memegang peranan penting dalam kehidupan kita setiap harinya. Sebab semua hal kini begitu terkoneksi dan membutuhkan hal internet, bukan?

    Seiring meningkatnya kecanggihan teknologi, kita pun kerap berurusan dengan masalah baru yaitu: penggunaan kuota atau paket data di smartphone yang menjadi lebih boros. Kamu pasti pernah berada dalam situasi di mana kamu baru saja mengisi kuota atau paket data lalu beberapa waktu kemudian muncul pemberitahuan bahwa kuota internet sudah habis.



    Atau bayangkan situasi saat kamu menerima tagihan nomor paska bayar yang 'membengkak' karena penggunaan internet di dalamnya. Oh no!

    Jadi untuk mengatasinya, yuk simak 9 cara mudah dalam menghemat kuota atau paket data internet di smartphone berikut ini:


    1. Update Sistem Smartphone Kamu dengan Menggunakan WiFi

    Cara pertama untuk menghemat kuota internet di smartphone versi Cosmo adalah dengan meng-update sistem smartphone kamu dengan menggunakan WiFi. Untuk memperbarui sistem biasanya membutuhkan kuota yang tak sedikit dan beberapa tipe smartphone juga cukup sering memberi update untuk sistem mereka. Jadi ini saatnya mengatur smartphone kamu dengan hanya meng-update sistem saat terhubung dengan jaringan WiFi.


    2. Atur Limit Penggunaan Data di Smartphone Kamu

    FYI, smartphone kita mampu mengetahui berapa besar kuota atau paket data internet yang kita gunakan setiap harinya. Untuk menghemat kuotamu, kamu bisa masuk ke menu Settings dan mengatur jumlah limit penggunaan data di smartphone. Nyalakan fitur peringatan data, jadi kamu bisa mendapat notification bila kuota yang kamu gunakan di smartphone sudah mendekati limit yang ditentukan. Let's try it!


    3. Cermat Dalam Mengatur Aplikasi Mesin Pencarian

    Beberapa aplikasi mesin pencarian seperti Google Chrome dan Opera Mini memiliki pengaturan di mana kamu bisa memilih menu "Data Saver" yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan kuota internet. Opera Mini misalnya, aplikasi ini bahkan bisa mengatur kualitas foto yang kamu unduh sehingga lebih hemat kuota. 



    4. Matikan Kuota / Paket Data Internet saat Tidur dan Sedang Tidak Dibutuhkan

    Cara ini terdengar simple, bukan? Tetapi trik ini ternyata tak kalah ampuh untuk menghemat kuota internet kamu. Matikan kuota / paket data internet saat kamu tidur dan sedang tidak dibutuhkan agar kamu kuota internetmu tidak cepat habis, dear! Sebab tanpa kita sadari beberapa aplikasi tetap berjalan dan menggunakan kuota. Sisi positif lainnya, saat kamu mematikan kuota atau paket data internet, smartphone kamu juga bisa lebih hemat baterai. 


    5. Hindari dalam Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi yang Banyak Memakan Kuota

    Aplikasi smartphone seperti Instagram, Facebook, dan Twitter memang menjadi penyelamat saat kita merasa bosan, bukan? Tetapi aplikasi di atas juga memakan banyak kuota saat kamu menggunakannya. Fitur InstaStories di Instagram misalnya membutuhkan kuota yang tidak sedikit saat kamu menontonnya. Jadi sebaiknya hindari terlalu sering menonton video atau data dalam bentuk GIF yang terdapat dari beberapa aplikasi tersebut. Atau tonton saat kamu sedang memakai jaringan WiFi.




    6. Gunakan Alternatif Aplikasi Sejenis yang Lebih 'Ringan'

    Salah satunya Facebook Lite yang ditujukan bagi para penguna Facebook. Facebook Lite yang lebih 'ringan' dibanding aplikasi Facebook lainnya mampu mengurangi penggunaan kuota dan juga menghemat baterai. TweetCaster juga hadir selayaknya Facebook Lite untuk mereka yang ingin tetap memakai Twitter namun tetap hemat kuota.


    7. Unduh Maps Tujuan Kamu

    Aplikasi maps seperti Google Maps juga menjadi salah satu yang membuat kuota data internet cepat terpakai. Dan kabar baiknya, lokasi tujuanmu di Google Maps kini sudah diunduh. Jadi kamu bisa tetap pergi ke tempat tujuan kamu secara lebih hemat kuota dengan telah mengunduh rutenya terlebih dahulu. Matikan aplikasi saat sudah digunakan kembali atau nyalakan saat kamu sedang menggunakan WiFi.



    8. Saatnya Subscribe Aplikasi Streaming yang Bisa Dinikmati Secara Offline

    Beberapa aplikasi seperti Spotify Premium misalnya, mengizinkan penggunanya untuk mengunduh file musik/podcast mereka. Cara ini membantu kamu untuk tetap bisa menikmati musik dan podcast secara lebih hemat kuota karena bisa didengarkan berulang kali meski dalam keadaan offline. Netflix pun melakukan hal yang sama, di mana kamu bisa mengunduh file film/serial yang ada di sana, sehingga lebih menghemat kuota dibanding selalu menontonnya dalam keadaan streaming.


    9. Gunakan WiFi Saat Memungkinkan



    Menggunakan WiFi juga menjadi cara jitu untuk menghemat kuota atau paket data internetmu, girls! Jadi saat memungkinkan matikan paket datamu dan beralihlah ke WiFi. Tetapi dengan segala nilai positif  WiFi, saran Cosmo kamu sebaiknya juga berhati-hati terutama saat menggunakan jaringan WiFi yang tersedia di tempat umum.

    Hindari melakukan transaksi keuangan yang bersifat mobile dengan jaringan WiFi umum demi menghindari terjadinya tindak kejahatan siber atau fraud cyber crime.


    (Giovani Untari / Images: Dok. Andrea Piacquadio from Pexels dan Retha Ferguson from Pexels, Tenor.com)