Beauty

Jenis-Jenis Kerusakan Rambut dan Cara Mengatasinya

  by: Kissy Aprilia       6/7/2020
    • Rambut rusak terbagi dari beberapa jenis.
    • Atasi kerusakan rambut dengan cara-cara berikut ini.


    Kesal mengatasi rambutmu yang tampak kering, kusam, bahkan mudah rontok? Kamu perlu mengetahui apa penyebabnya untuk dapat mengatasi kerusakan tersebut, Read this!




    Rambut bercabang.

    Kamu tidak memerlukan mikorskop untuk menemukan batang rambut yang bercabang. Jika bagian ujungnya terbagi menjadi dua atau lebih, artinya rambutmu sedang dalam kondisi yang lemah dan bisa mengalami kerusakan yang lebih parah. 

    Solusi termudah mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong bagian yang rusak. Untuk menghindari masalah tersebut, kamu dapat melakukan hair trim setidaknya tiap dua bulan sekali. Nope, kamu tak perlu mengubah gaya rambut secara keseluruhan, kok.. Cukup potong bagian ujungnya agar tidak bercabang.


    Rusak karena pewarna.

    Meski sudah mewarnai rambut setahun yang lalu pun, kamu tetap harus menunggunya tumbuh agar bagian yang diwarnai bisa hilang—dan tentu saja terbebas dari tampilan kering dan kusam. Akan tetapi, ada cara yang dapat meminimalkan kerusakan ini yaitu dengan melakukan pewarnaan rambut oleh colorist yang mengutamakan kesehatan rambut, alias memilih bahan kandungan pewarna yang minim kimiawi.

    Selain itu, rutinlah melakukan perawatan conditioning atau hair mask agar rambut tetap sehat berkilau. Untuk perawatan di rumah, gunakan sampo khusus rambut berwarna karena bersifat melindungi kutikula dan kelembapan batang rambut. 




    Kerusakan kimiawi

    Apakah kamu gemar melakukan perawatan smoothing atau perming? Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat membuat rambut kering, kusam, bahkan mudah patah. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah memberikan asupan nutrisi terbik agar mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan lebih cepat.

    Untuk mendapatkan hasil optimal, lakukan deep treatment secara konsisten selama empat sampai enam minggu. Aplikasikan produk hair care yang banyak mengandung protein sebelum keremas, seperti detoxifying oil atau masker. Selanjutnya, sisir rambutmu agar formulanya terpulas merata ke seluruh kulit kepala, bungkus dengan handuk hangat agar meresap hingga ke akar. 


    Rusak karena panas.

    Menggunakan flat iron atau hair dryer setiap hari adalah faktor utama penyebab kerusakan rambut. Untuk mengurangi kerusakan ini, kamu wajib mengaplikasikan produk heat-protect sebelum melakukan styling. 

    Saat menggunakan flat iron atau hair dryer, pilih pengaturan suhu yang sesuai dengan tekstur rambut, hindari mengaplikasikannya pada rambut yang kotor, dan sebisa mungkin jangan digunakan setiap hari. 


    (Kissy Aprilia, image: Shot by Cerqueira on Unsplash)