Beauty

Manfaat Adenosine Bagi Kecantikan Kulit & Rekomendasi Produk

  by: Shamira Priyanka Natanagara       8/7/2020
  • Ketika ada suatu bahan kandungan menarik yang diklaim bermanfaat bagi kecantikan kulit, para pegiat skincare akan langsung menyerbu produk-produk yang memiliki bahan kandungan hits tersebut. Pada tahun 2019 lalu centella asiatica, air bunga mawar, dan calendula menjadi bahan-bahan yang digemari, dan tampaknya kini produk skincare dengan kandungan adenosine semakin populer.

    Adenosine merupakan nukleotida yang bisa ditemukan dalam molekul adenosine triphosphate (ATP). Senyawa organik ini bisa ditemukan dalam tubuh manusia, karena bertugas untuk membantu proses pemindahan energi. Sebagai bahan kandungan produk skincare, adenosine yang digunakan berasal dari ragi.  

    Mungkin sekarang kamu sedang berusaha untuk tidak menguap karena pelajaran sains singkat tersebut. LOL. Dan mungkin kamu berpikir, “Sebenarnya apa, sih, yang membuat adenosine menarik?”. Well, tentu saja karena manfaatnya! Mulai dari kemampuannya untuk meningkatkan kelembapan kulit, hingga menyembuhkan luka, ini dia ragam manfaat adenosine untuk perawatan kulit:  




    Melembapkan kulit

    Jika kamu memiliki kulit kering, ada baiknya untuk mencoba produk skincare dengan kandungan adenosine. Bahan kandungan ini dikenal bagus untuk melembapkan kulit, dan biasanya bisa ditemukan dalam produk-produk moisturizing seperti serum dan krim wajah.


    Membuat kulit lebih halus

    Yes, inilah salah satu manfaat adenosine yang paling diincar para pegiat skincare. Disadur dari The Derm Review, sebuah studi yang dimuat di International Journal of Cosmetic Science pada tahun 2006 menyatakan bahwa adenosine berhasil membuat kulit sejumlah wanita usia 45 hingga 65 tahun lebih halus setelah dua bulan pemakaian. Menurut studi tersebut, produk skincare yang mengandung adenosine mampu mengurangi kerutan pada area mata (crow’s feet).


    Membantu lawan tanda-tanda penuaan dini

    Tahukah kamu bahwa produksi kolagen alami kita menurun seiring bertambahnya usia? Hal tersebut cukup merugikan, karena salah satu khasiat utama kolagen adalah mampu menghindari kulit berkerut, serta tanda-tanda penuaan kulit lainnya. Untungnya, adenosine mampu mendorong produksi kolagen alami yang semakin berkurang, sehingga bahan kandungan ini dipercaya bersifat anti-aging.


    Membantu menyembuhkan luka pada kulit

    Selain memiliki manfaat anti-aging, kolagen pun bisa membuat kulit lebih kencang dan kuat. Dan mengingat adenosine mampu mendorong produksi kolagen dalam tubuh, ini berarti adenosine bisa membantu proses penyembuhan dan perbaikan sel-sel kulit. Bahkan sebuah riset dari The National Center for Biotechnology Information mengatakan bahwa adenosine bisa mempercepat penyembuhan luka, lho!




    Menenangkan kulit

    Selain mampu melembapkan kulit, menghaluskan kulit, mengurangi keriput pada kulit wajah, dan mempercepat proses penyembuhan luka, adenosine juga bersifat soothing alias bagus untuk menenangkan kulit yang meradang. Sedikit pelajaran sains: pada dasarnya, adenosine mampu menghambat pergerakan neutrofil, jenis sel darah putih yang (meski bertugas untuk melawan infeksi) dapat menyebabkan inflamasi. 


    Butuh rekomendasi produk? Inilah produk skincare yang mengandung adenosine: 

    Dr. Ceuracle Royal Vita Propolis 33 Ampoule

    Beli di Sociolla, Rp299.000,-.


    Rabbit Habit Moon Glow 2-in-1 Cushion Foundation and Luminous Concealer Compact

    Beli di Shopee, Rp289.000,-.


    Benton Fermentation Eye Cream

    Beli di iLotte, Rp350.000,-.


    COSRX Advanced Snail 92 All In One Cream

    Beli di Sociolla, Rp305.000,-.



    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: cottonbro from Pexels / Images: Dok. Dr. Ceuracle, Rabbit Habit, Benton, COSRX)