Lifestyle

Kini Bisa Diakses di Jaringan Telkom, Ini Tanggapan Netflix

  by: Shamira Priyanka Natanagara       8/7/2020
  • Sulit untuk dipercaya bahwa ada kabar baik pada tahun 2020 ini, tapi Cosmo tidak bercanda—benar-benar ada kabar cukup menyenangkan yang muncul pada hari Selasa (07/07) kemarin. Setelah diblokir jaringan Telkom Group sejak empat tahun yang lalu, kini para pengguna jaringan tersebut bisa mengakses Netflix. Yay!

    Tak lama sejak Netflix hadir di Indonesia pada Januari 2016, Telkom Group memutuskan untuk memblokir situs tersebut terkait masalah etik. Disadur dari Liputan6.com, Telkom Group mengambil keputusan ini karena menganggap Netflix menyediakan "konten negatif" yang tidak sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia.

    Menurut laporan VICE Indonesia, seiring berjalannya waktu Telkom Group mulai melihat adanya perubahan yang dilakukan pihak Netflix untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat Indonesia. Arif Wibowo, Vice President Corporate Communication Telkom Arif Wibowo mengatakan bahwa sudah ada "perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia", sehingga Telkom ingin para pelanggan berkesempatan untuk mengakses beragam konten yang disajikan.



    Pihak Netflix Indonesia pun menyambut gembira kabar pencabutan blokir ini. Dalam sebuah pernyataan resmi pada 7 Juli kemarin, Tizar Patria, Business Development Manager Netflix, mengatakan: “Kami sangat senang karena saat ini Netflix telah dapat diakses melalui jaringan Telkom, artinya sekarang masyarakat Indonesia dapat menikmati tayangan Netflix yang beragam, mulai dari serial TV, dokumenter, serta film lokal dan internasional berkualitas di semua jaringan. Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggemar hiburan di Indonesia dengan menambahkan lebih banyak film-film Indonesia di Netflix, meningkatkan pengalaman pengguna, serta mengembangkan kerja sama dengan mitra-mitra di Indonesia.”

    Perlu diketahui bahwa pembukaan akses Netflix untuk pelanggan jaringan Telkom Group bersyarat. Menurut laporan tirto.id, Netflix akan menyediakan tools untuk fitur parental control (pembatasan akses ke tayangan sesuai umur), serta ada pula mekanisme pelayanan keluhan pelanggan yang telah disetujui. Selain itu, Netflix akan mengikuti peraturan Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN, sebuah regulasi yang melarang penayangan konten dengan unsur pornografi anak, terorisme, mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu, dan hal-hal yang melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).



    Selama syarat-syarat tersebut dipenuhi, Netflix dapat diakses oleh para pengguna jaringan Telkom Group, di antaranya IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id. Happy watching!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Cottonbro on Pexels)