Better You

Daftar Rempah untuk Tingkatkan Imun Tubuh

  by: Givania Diwiya Citta       8/7/2020
    • Selain berfungsi sebagai penyedap masakan, rempah juga berfungsi meningkatkan imun tubuh.
    • Sebagai salah satu negara yang kaya rempah, berikut adalah daftar rempah yang bisa mudah kamu temukan.


    Di masa pandemi yang merebak pada tahun 2020, kita semakin terdorong untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan serta gaya hidup yang bersih. That’s a good point for our well-being! Jika kamu sudah tahu tentang daftar superfood yang wajib ada di rumah, daftar buah dan sayuran peningkat sistem imun, sampai resep minuman peningkat imun yang praktis dibuat di rumah, kini mari kenali daftar rempah yang juga memiliki fungsi untuk meningkatkan imun tubuh. Bonusnya, daftar rempah ini juga akan membuat masakanmu menjadi sedap! So, here goes the list:




    Kunyit


    Kunyit memiliki bahan aktif Curcumin yang mengandung efek anti-oksidan. Kunyit pun memiliki fungsi meningkatkan respons imun, meredakan peradangan atau infeksi, dan pada intinya akan meningkatkan kesehatan sel-sel dalam tubuh. Kunyit juga mudah dikonsumsi, lho, lewat tambahan madu ataupun susu bahkan di cangkir latte kamu, kunyit bisa dihidangkan secara nikmat.


    Jahe


    Jahe juga sangat mudah dikonsumsi, ia bisa dihidangkan dengan teh, atau dihancurkan ke dalam sup ataupun bahan masakan lainnya hingga membuat masakan terasa lezat. Tapi yang juga perlu diketahui, jahe punya fungsi melawan demam, radang tenggorokan, sampai menghilangkan sesak dan mual. Cocok untuk menghidupkan lagi energi kamu saat kamu merasa lelah dan butuh booster yang instan.


    Kayu Manis


    Aromanya yang khas ini bisa menambahkan rasa manis yang nikmat ke dalam masakan, baik itu ke dalam keik, atau bahkan sesederhana menaburkan bubuk kayu manis ke oatmeal, yoghurt, sampai minuman favorit seperti latte. Kayu manis punya kandungan anti-bakteri hingga efeknya bisa melawan infeksi dan virus tertentu. Selain itu, kayu manis juga mengandung anti-oksidan hingga bisa meningkatkan sistem pencernaan kamu.


    Pala


    Berasal dari pulau Banda, pala kerap digunakan untuk menyedapkan rasa daging, saus, minuman, hingga manisan. Pala mengandung anti-oksidan kuat yang melindungi sel tubuh dari radikalisme ataupun kerusakan. Bahkan manfaat super lainnya, pala mengandung anti-inflamasi yang bisa menangkal penyakit diabetes hingga kondisi kesehatan jantung. Stock. It. Now.




    Kapulaga


    Rempah asal nusantara ini juga tak kalah punya khasiat menangkal radang pernapasan, batuk, flu, sampai asma. Bahkan aromanya saja bisa berfungsi merendahkan level tekanan darah tinggi para penderitanya. Lebih dari itu, studi juga mengatakan kapulaga mampu menciptakan enzim yang berfungsi melawan beberapa jenis kanker. Super!


    Ketumbar


    Rempah yang satu ini kerap digunakan untuk membumbui sup, semur, sampai kare. Ketumbar pun punya manfaat kesehatan yang tinggi, mulai dari merendahkan tekanan darah sampai mencegah kerusakan sel tubuh berkat kandungan anti-oksidan yang dimiliki. Lebih dari itu, ketumbar juga memiliki kemampuan untuk mengelola kegelisahan, lho. Studi bahkan mengatakan khasiatnya sama dengan efek resep obat yang biasanya diberikan dokter.


    Lada


    Lada yang diproduksi besar di Sumatera ini tak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, lho. Lada memiliki kandungan anti-inflamasi, anti-oksidan, dan anti-bakteri, hingga memberi efek meningkatkan sistem imun tubuh. Tak hanya dikonsumsi dalam sebuah masakan, tapi sepucuk lada juga bisa ditambahkan ke kopi pagi hari kamu. Manfaatnya bisa kamu rasakan dari sistem pencernaan yang membaik. Mind-blowing!


    (Givania Diwiya / Images: Jigsawstocker on Freepik.com; Racool_Studio on Freepik.com; Welcomia on Freepik.com; Drobotdean on Freepik.com; Freepik.com)