Celebrity

12 Idol K-Pop yang Akan Selesai Wajib Militer Tahun 2020 Ini

  by: Alexander Kusumapradja       10/7/2020
    • Wajib militer masih merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalani oleh semua pria Korea Selatan, termasuk para idol K-pop.
    • Beberapa idol K-Pop yang menjalani wajib militer sejak tahun lalu kini bersiap menyelesaikan wamil dan kembali ke penggemar mereka tahun ini.

    Beberapa hari lalu nama Onew SHINee menjadi Trending Topic di Twitter setelah SM Entertainment merilis kabar bahwa leader SHINee tersebut akan segera menyelesaikan masa wajib militernya bulan ini tanpa perayaan khusus karena protokol COVID-19 yang sedang dijalankan militer Korea saat ini.



    “Benar bahwa Onew akan menjalani masa libur terakhirnya di militer hari ini (8 Juli). Demi menghalangi penyebaran COVID-19, dia diperintahkan untuk mengakhiri masa wamilnya tanpa harus kembali ke pasukannya. Onew akan dibebastugaskan tanggal 20 Juli nanti tanpa harus kembali ke pasukannya,” demikian bunyi surat pernyataan dari SM.

    Sebagai tindakan mencegah penyebaran COVID-19 di barak militer, prajurit yang mengambil masa liburan terakhirnya diperintahkan untuk menyelesaikan masa wamil mereka tanpa harus kembali ke pasukan terlebih dahulu dan SM sendiri menambahkan bahwa mereka tak akan menggelar acara khusus di hari pelepasan Onew dari militer.

    Menjalani wamil dari bulan Desember 2018, Onew menjadi member SHINee pertama yang masuk wamil selama hampir satu setengah tahun dan siap kembali ke kehidupan sipil. Dua member SHINee yang kini juga sedang menjalani wamil, yaitu Key dan Minho akan segera menyusul selesai wamil tahun ini sementara sang maknae, Taemin yang berusia 26 tahun, belum menjalani wamil.

    Selain Onew, berikut adalah 12 idol K-pop lainnya yang juga akan menyelesaikan wajib militer mereka tahun ini. Siapa nih yang paling kamu tunggu?


    1. Changsub BTOB

    Lead vocalist BTOB ini menjalani wajib militer sebagai prajurit aktif di tanggal 14 Januari 2019. Ketika wamil, ia termasuk idol yang terlibat dalam produksi lagu tema khusus untuk Militer Korea Selatan yang juga menampilkan selebriti lain seperti Onew dan Key SHINee, Xiumin EXO, Kim Sung Kyu INFINITE, Jo Kwon dan Jinwoon 2AM, Yoon Jisung, aktor Kim Minseok, dan Lee Jae Kyoon. Lee Changsub dijadwalkan selesai wamil tanggal 21 Agustus mendatang.


    2. Yoseob HIGHLIGHT

    Yang Yoseob debut sebagai main vocalist HIGHLIGHT yang sebelumnya dikenal dengan nama BEAST di tahun 2009. Selain aktif sebagai idol, ia pun meraih popularitas lewat peran-perannya di berbagai drama musikal terkenal. Yoseob menjalani wamil sebagai petugas kepolisian sejak 24 Januari 2019 dan akan bebas tugas pada tanggal 30 Agustus nanti.


    3. Minhyuk BTOB

    Debut sebagai lead rapper, lead dancer, vocalist, dan visual BTOB di 2012, Minhyuk juga dikenal membintangi beberapa serial drama dan variety show sebelum menjalani wajib militer sebagai petugas kepolisian sejak 7 Februari 2019 dan akan selesai tanggal 12 September mendatang.


    4. Key SHINee

    Kim Kibum alias Key masuk wamil tanggal 4 Maret 2019 lalu di hari yang sama ketika ia merilis album solo repackaged bertajuk "I Wanna Be" dengan title track berjudul sama di mana ia berkolaborasi dengan Soyeon dari (G)I-dle. Selain dikenal memiliki vokal yang bagus, cowok stylish ini juga berkarier sebagai aktor, desainer, hingga model. Ia dijadwalkan selesai wamil tanggal 7 Oktober nanti.


    5. N VIXX

    Di tanggal yang sama dengan Key, Cha Hakyeon alias N dari VIXX juga akan menyelesaikan wajib militernya. Ia menjadi member VIXX pertama yang masuk wamil pada tanggal 4 Maret 2019 dan setelah menyelesaikan latihan militer dasar, ia ditugaskan menjadi anggota band militer. Beberapa bulan sebelum wamil, N membuat channel YouTube pribadi dengan berbagai konten tentang kegiatan sehari-harinya, termasuk ketika ia memotong rambut dan menulis surat untuk fans sebelum masuk wamil.


    6. Sungyeol INFINITE

    Sungyeol melakukan latihan dasar militer di Jeungpyung tanggal 26 Maret 2019 lalu sebelum menjalani wamil sebagai prajurit aktif. Saat menjalani wamil, ia sempat dikunjungi dan berfoto dengan adik laki-lakinya, Daeyeol yang juga aktif sebagai idol di grup Golden Child. Cowok 28 tahun yang juga aktif sebagai aktor ini dijadwalkan selesai wamil tanggal 27 Oktober mendatang.




    7. Minho SHINee

    Choi Minho memulai wamil pada tanggal 15 April 2019 di pusat latihan Korps Marinir di Pohang dan menjadi artis SM Entertainment pertama yang menjalani wajib militer sebagai pasukan marinir yang tentu tak main-main dan butuh kemampuan khusus. Ia dijadwalkan keluar wamil pada tanggal 15 November nanti.


    8. Dongwoo INFINITE

    Main rapper INFINITE ini menjalani wamil sebagai prajurit aktif sejak tanggal 15 April 2019 dan dijadwakan keluar di tanggal yang sama dengan Minho, yaitu 15 November. Selama wamil, ia ditugaskan sebagai prajurit di Divisi Infantri Ke-6 di Cheorwon, Provinsi Gangwon.


    9. Gikwang HIGHLIGHT

    Sebelum menjalani wamil tanggal 18 April 2019 lalu dan ditugaskan sebagai anggota kepolisian di Provinsi Gyeonggi Selatan, Lee Gikwang yang juga aktif bersolo karier sempat menggelar live broadcast di V Live untuk pamitan dengan para fans dan merilis single digital bertajuk “Nothing”. Ia direncanakan selesai wamil tanggal 18 November mendatang.


    10. Xiumin EXO

    Kim Minseok alias Xiumin menjadi member pertama EXO yang menjalani wajib militer pada tanggal 7 Mei 2019 lalu dengan diantar oleh para member EXO dan Changmin TVXQ. Selain sebagai prajurit aktif, selama wamil Xiumin juga terlibat dalam berbagai proyek musik seperti merilis lagu tema khusus untuk Militer Korsel dan menjadi salah satu pemeran di drama musikal militer “Return: The Promise of the Day” yang dijadwalkan berlangsung antara 4 Juni sampai 12 Juli namun terpaksa diundur karena kasus COVID-19 yang kembali meningkat di Korea. Xiumin dijadwalkan selesai wamil pada tanggal 6 Desember mendatang.


    11. Dongwoon HIGHLIGHT

    Son Dongwoon menjadi member HIGHLIGHT terakhir yang masuk wamil pada tanggal 9 Mei 2019 lalu di pusat latihan Provinsi Chungcheong Selatan di mana ia berhasil menyelesaikan latihan dasar militer sebagai prajurit terbaik dan mendapat penghargaan dari direktur pusat pelatihan tersebut. Setelahnya, ia menjalani latihan selama tiga minggu di Akademi Polisi Baekje untuk bergabung sebagai petugas kepolisian. Dia dijadwalkan bebas wamil tanggal 8 Desember mendatang.


    12. Yoon Jisung

    Leader dari Wanna One ini menjadi member Wanna One pertama yang masuk wamil pada tanggal 14 Mei 2019 lalu dengan menjalani latihan dasar militer di Provinsi Gangwon. Selain sebagai prajurit aktif, Jisung juga berpartisipasi dalam produksi drama musikal militer “Return: The Promise of the Day”. Ia akan menyelesaikan wajib militernya pada tanggal 13 Desember mendatang.


    (Alexander Kusumapradja/Image: Xsportnews)