Love & Sex

Jatuh Cinta dengan Pria Cancer? Ini Sifat & Karakter Mereka

  by: Alvin Yoga       10/7/2020
    • Pria Cancer terlahir antara 21 Juni sampai 22 Juli.
    • Untuk pria yang terlahir dengan zodiak Cancer, ada banyak sisi dirinya yang tak ia perlihatkan di depan orang lain.
    • Pria Cancer memiliki sifat pemalu dan romantis.


    Ada beberapa hal mendasar yang biasa saya cari tahu dari sosok seseorang sebelum memutuskan untuk berkencan dengan mereka. Semisal: Dari mana ia berasal? Apa pekerjaannya? Bagaimana ia membalas pesan-pesan saya? Oh, dan yang paling penting, kapan hari ulang tahunnya? Bukan untuk mengirimnya ucapan “happy bday :)” ya, tapi untuk mengetahui apa zodiak calon pacar saya, karena dengan begitu saya bisa memahami sifat-sifat, karakter dan kepribadiannya dengan lebih baik.

    Kalau kamu sendiri, bagaimana? Apakah kamu sama seperti Cosmo yang juga mencari tahu zodiak si dia sebelum setuju mengiyakan ajakan kencannya?



    Astrologi sedikit banyak bisa membantu kita mencari tahu sifat si dia, apa kelebihannya, apa yang membuatnya kesal, dan, yes, bagaimana caranya berkencan. Ini bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk dibicarakan ketika sedang membahas soal si dia bersama sahabat, sekaligus informatif—karena dengan begini kamu bisa mengetahui apakah secara astrologi kalian berdua cocok.

    Nah, untuk pria yang terlahir dengan zodiak Cancer, ketahuilah: Ada banyak sisi dirinya yang tak ia perlihatkan di depan orang lain. Jadi, kalau kamu jatuh cinta dengan seorang pria yang terlahir antara 21 Juni dan 22 Juli, tenang, berikut ini adalah kamus terbaik untukmu.


    THE CANCER BASICS

    Birthday: 21 Juni–22 Juli

    Type: Kardinal berelemen air

    Keywords: Emosional, peduli, protektif, intuitif, sentimental

    Love anthem: Shallow, dari film A Star Is Born

    Famous Cancer Men:

    Tom Hanks



    Jacob Elordi



    Lee Min-ho



    Chris Pratt



    Milo Ventimiglia




    PASANGAN TERBAIK

    Kalau kamu bertanya-tanya apa pasangan zodiak yang paling sempurna untuk seorang Cancer, Scorpio jawabannya. Kedua zodiak berelemen air ini memiliki kesamaan pada sisi emosional, serta memiliki pandangan yang mirip mengenai rasa aman, komitmen, dan kepercayaan. Selain itu, Taurus juga bisa menjadi pasangan yang tepat untuk seorang Cancer—keduanya tak suka terburu-buru, sama-sama setia, serta mencintai kenyamanan. Bulan, sang guardian bagi para Cancer, sangat menyukai zodiak berlambang kepiting ini, sedangkan favorit kedua Bulan adalah Taurus, jadi bisa dikatakan Cancer dan Taurus memiliki koneksi yang cukup dekat.



    Di sisi lain, Cancer harus banyak berkompromi jika memiliki pasangan seorang Gemini atau Aquarius. Hal ini terjadi karena kebanyakan pemilik zodiak Cancer adalah seorang introver dan menginginkan rasa aman dalam hidupnya, sedangkan para Gemini adalah makhluk super-sosial dan tak bisa ditebak. Kepribadian yang saling bertolak belakang tersebut bisa membuat Gemini merasa lelah. Selain itu, Aquarius kebanyakan berpikir menggunakan kepala mereka, bukan dengan hati—sungguh berlawanan dengan Cancer yang emosional.

    Lalu bagaimana dengan zodiak lain? Well, jika kedua pihak mau saling bekerja sama layaknya sebuah tim, Cancer bisa memiliki hubungan asmara yang sehat dan bertahan lama dengan zodiak lainnya.


    ALL ABOUT CANCER

    Sebagai zodiak berelemen air pertama dalam zodiak, Cancer sangat penuh intuisi dan sensitif, dan sebagai zodiak kardinal, Cancer membutuhkan koneksi emosional yang intim dari pasangannya dan ingin perasaan tersebut berlangsung sampai akhir zaman. Pada awalnya, pria pemalu ini mungkin tidak bisa menatapmu secara langsung tanpa merasa malu. Pipinya pasti akan memerah dan ia akan membuang matanya untuk menghindari tatapan matamu. Ia cenderung overthinking terhadap berbagai hal, dan kemungkinan besar tidak akan mendekatimu kecuali kamu yang mendekatinya terlebih dahulu. Namun, begitu ia berani mendekatimu, ia tak akan melepaskanmu dan siap melakukan segalanya untuk mendapatkan hatimu.

    Cancer juga luar biasa hebat dalam mengurus, merawat dan memperhatikan pasangannya. Pria Cancer sangat berkomitmen dan sangat protektif pada pasangannya, ia akan melakukan semua yang bisa ia lakukan untuk memastikan kamu merasa nyaman dan aman bersamanya. Terkadang, dari sisi luar, pria Cancer bisa terlihat dingin dan sarkastis, namun sebenarnya ia hanyalah seorang pemalu yang berusaha untuk tetap jujur pada perasaannya sendiri. Di balik sisi sarkas dan cuek tersebut, ia sebenarnya adalah pria yang penyayang, lembut, dan sentimental.

    Pria Cancer adalah rajanya cuddling. Ini karena Cancer diatur penuh oleh Bulan, yang dalam astrologi melambangkan perasaan yang dalam. Hasilnya, pria Cancer sangat romantis, manis dan sangat lembut. Sang kepiting juga sering dianggap sebagai salah satu zodiak yang paling sensitif, jadi jangan kaget jika ia melakukan segala sesuatunya atas nama cinta, yang membuatnya pantas disebut sebagai pasangan paling romantis.

    Kalau kamu ingin menghabiskan malam yang tenang bersama pasangan dengan bersantai di sofa sambil menonton Netlix, lalu menyandarkan kepala di pundak seorang kekasih, maka carilah seorang Cancer! Pria Cancer lebih senang menghabiskan waktunya di rumah dibandingkan ke luar untuk traveling dan bersosialisasi. Jika dilihat dari lambangnya, yaitu kepiting, binatang tersebut tinggal di dalam tempurung mereka, dan selalu membawa rumah mereka kemana pun mereka pergi. Mereka adalah makhluk yang bergerak dengan lamban. Begitu juga dengan pria Cancer—ia adalah seorang homebody, dan sebuah hubungan cinta dengan seorang pria Cancer berlangsung dengan perlahan namun pasti, tanpa ada kejutan di sana-sini. Ia adalah seorang pemerhati dan selalu siap mengurus orang-orang yang ia kasihi, terutama pasangannya. Faktanya, ia akan membutakan mata terhadap kesalahan pasangannya, dan selalu mampu menerima kekurangan.

    Sebagai pemilik elemen air, ada banyak emosi yang menumpuk dalam jiwa seorang Cancer, namun ia butuh merasa percaya dan nyaman denganmu sebelum bisa mengekspresikan seluruh perasaannya. Ia menganggap kepercayaan dan komitmen sebagai suatu hal yang sangat serius, serta membutuhkan dukungan dari pasangannya sebelum bisa berkomunikasi secara terbuka. Jika kamu memintanya dengan baik-baik, ia akan membagikan seluruh emosinya padamu. Psst, pria Cancer mudah sekali tertarik dengan orang yang simpatik seperti dirinya, juga pada orang yang memiliki pemahaman emosional yang tinggi.

    Berkenalan dan berkencan dengan orang baru bukanlah hal yang diinginkan pria Cancer. Cancer tidak jatuh cinta pada orang yang baru ia kenal, ia jatuh cinta pada orang yang bisa membuatnya merasa nyaman—dan sudah lama mengenalnya. Pria Cancer tahu bahwa jika ia merasa tertarik dengan seseorang, ia akan merasakannya begitu pertama kali bertemu. Secara umum, akan butuh waktu lama sampai seorang Cancer benar-benar jatuh cinta, namun begitu ia merasa nyaman dan aman dengan kamu, ia akan sangat loyal. Ia akan menghujanimu dengan berbagai hadiah, supaya semua orang yang kalian kenal—seperti keluarga dan temanmu—tahu seberapa besar ia mencintai kamu.

    Pria Cancer juga suka PDA, jadi jangan terkejut jika ia meminta kamu untuk terus menggenggam tangannya ketika kalian sedang berkencan di luar. Ia juga tak akan ragu untuk mencium kening atau pipimu di hadapan banyak orang. Menikmati wine sambil makan malam romantis serta Netflix and chill adalah tipe kencan yang ia sukai, dan di waktu-waktu tersebut ia akan memberikan seluruh perhatiannya padamu serta menghujanimu dengan berbagai pujian.

    Secara seksual, pria Cancer adalah yang paling romantis dibandingkan dengan zodiak lain, jadi kalian butuh waktu intim (baca: berdua saja) sebelum ia memulai sesi romantis. Sesi seks dengan seorang Cancer juga sangat lambat, dengan banyak kontak tubuh dan koneksi emosi yang mencerminkan hubungan kalian. Ia berkomitmen untuk memuaskanmu (jadi jangan kaget jika ia banyak menggunakan bibir dan mulutnya untuk menyentuh setiap jengkal tubuhmu).

    Pria Cancer juga sangat menghargai pernikahan dan akan mementingkan keluarganya di atas segalanya. Sebagai seorang ayah, ia sangat terlibat dalam kehidupan dan pertumbuhan anak-anaknya. Ia akan melakukan segalanya untuk bisa menghidupi keluarganya, juga demi memberikan rasa nyaman pada setiap orang di rumahnya. Pria Cancer memiliki etika kerja yang sangat tinggi, dan sangat loyal pada pekerjaan juga pada koleganya. Jangan kaget jika si dia memiliki koneksi yang kuat serta persahabatan yang dalam dengan teman-teman kantornya. Ia juga dikenal sangat peduli dan suportif pada koleganya. Namun hati-hati, terkadang hal ini bisa membuatnya menjadi sangat sibuk, dan hasilnya, sisi emosionalnya akan tidak stabil dalam jangka waktu yang panjang.

    Emosi seorang Cancer yang menumpuk juga bisa berbalik menyerangmu ketika seorang Pria Cancer sedang tidak berada pada mood yang baik. Selain itu, perasaan sensitif dan kebutuhannya terhadap rasa aman akan membuatnya membutuhkan kamu di sisinya, 24/7/365, yang tentu saja akan terasa melelahkan. And yes, meski komitmennya terhadapmu adalah suatu nilai plus, di baliknya ia bisa jadi sangat clingy karena ia memiliki rasa percaya diri yang rendah serta rasa insecure yang tinggi.

    Selain itu, Cancer juga dikenal sangat memerhatikan orang-orang di sekelilingnya. Ia akan dengan senang hati membantu kamu menyelesaikan masalah. Berhati-hatilah, karena jika kamu menyelesaikan seluruh masalahmu sendiri, ia mungkin akan keliru menganggap hal tersebut dengan berpikir bahwa kamu tidak menyukainya. “Kenapa sih, kamu enggak mau menceritakan masalah tersebut sama aku?” Yah, begitulah. Ia juga akan menunggu jawaban darimu, karena pria Cancer selalu membutuhkan kejelasan, dan tak bisa lepas dari suatu hal apabila masalah tersebut sudah mengganjal pikiran mereka. Solusi terbaik? Cari seorang Cancer yang memiliki passion atau hobi tertentu. Biasanya mereka tak akan melewatkan hobi tersebut meski harus merelakan kamu (ini adalah aturan penting ketika harus mencari pasangan, TBH).

    Pria Cancer juga suka bernostalgia. Hal ini tentu bisa menjadi suatu hal yang positif, atau justru negatif, karena ia jadi sangat terpaku dengan masa lalu. Terkadang hal ini bisa membuatnya menyadari bahwa sifat atau karakter yang hilang dari dirinya kini berganti menjadi suatu yang lebih baik. Namun di lain waktu, hal ini bisa membuat rasa takutnya berkembang, dan ia jadi tak mau berubah karena ia ingin tetap seperti dirinya yang sekarang—atau parahnya, dirinya yang dulu.

    Ia juga bisa menjadi sangat pasif dan pendiam. Ia akan mengikuti apa yang kamu inginkan dan selalu mengalah dengan memberikan apa yang kamu inginkan, tanpa mengatakan apa yang sebenarnya ia rasakan. Alih-alih, ia akan mundur ke dalam “cangkang”nya, dan jika kamu tak membujuknya dengan cepat, ia akan mengeluarkan emosinya dengan “cakar”nya.

    Dan, selain normalnya ia sulit ditebak, seorang pria Cancer juga memiliki mood swing yang luar biasa. Ia bisa berubah dari sangat friendly dan menyenangkan menjadi tertutup dan pendiam di detik berikutnya, dan kamu tak tahu alasannya kenapa. Unfortunately, perasaan seorang Cancer yang sudah terluka biasanya sulit untuk disembuhkan, dan ia bisa menghabiskan sepanjang hidupnya menyimpan dendam.

    Pria Cancer memiliki berlapis-lapis tembok, dan hanya akan meruntuhkan tembok tersebut ketika ia merasa 100% yakin bahwa ia bisa memercayai kamu, jadi terbukalah padanya! Ketika ia siap untuk melanjutkan hubungan ke tingkat yang lebih tinggi, ia akan melakukannya, namun mendorongnya keluar dari zona nyamannya adalah suatu hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan. It’s a big no-no. Jika ia sudah memutuskan untuk hidup bersama, ia akan memberikan seluruh hatinya padamu, jadi berhati-hatilah dengan perasaannya! Menertawakan kekurangannya adalah sebuah cara yang sempurna untuk memulai pertengkaran yang penuh drama. Ia penuh dengan cinta dan akan memaafkan setiap kesalahanmu, namun seorang pria Cancer tak pernah melupakan kesalahan seseorang.

    Jika kamu dan si dia berdua saling jatuh cinta, ia akan sangat loyal dan setia, dan akan menjadi teman baikmu sepanjang hidupnya. Ia adalah tipe pria yang kamu tahu bisa selalu kamu andalkan, dan ia akan selalu ada di sisimu untuk membantu ketika kamu tertimpa masalah. Jika kamu mencari seseorang yang bisa memberikan perhatian secara E-K-S-T-R-A, seseorang yang tanpa malu-malu siap menunjukkan sisi romantisnya yang cheesy, well, he’s your lobster crab.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Oliver Sjöström on Unsplash)