Lifestyle

Ini 15 Album Mellow Terbaik untuk Sesi Santai di Rumah

  by: Kezia Calesta       10/7/2020
  • Sudah bosan dengan daftar lagu di playlist kamu? Saatnya kilas balik ke album-album terbaik sepanjang masa yang cocok menemani sesi santai kamu di rumah. Mulai dari album Coldplay, Payung Teduh, hingga Bruno Major… berikut 15 rekomendasi album mellow terbaik untukmu!

    1. Coldplay - Parachutes (2000)

    Lagu favorit Cosmo: Yellow



    Let’s start with Coldplay! Parachutes merupakan debut studio album mereka yang sukses secara internasional. Dengan lagu-lagu yang menghanyutkan perasaan seperti Shiver, Sparks hingga Yellow, album ini berhasil memenangkan penghargaan Grammy untuk Best Alternative Music Album pada tahun 2002.

    2. Norah Jones - Come Away with Me (2002)

    Lagu favorit Cosmo: Don't Know Why



    Adakah pecinta modern jazz yang tidak mengenal suara khas Norah Jones? Album yang menggabungkan genre blues, jazz, dan folk ini berhasil memenangkan empat penghargaan Grammy, termasuk Album of the Year. Bahkan, Come Away with Me termasuk dalam kategori best-selling albums of all time dengan penjualan sebanyak 27 juta kopi!

    3. Kings of Convenience - Riot On An Empty Street (2004)

    Lagu favorit Cosmo: Misread



    Somehow mellow and upbeat at the same time! Kings of Convenience adalah duo asal Norwegia yang menciptakan musik bergenre indie pop-folk yang easy-listening. Dengan lagu-lagu seperti Misread, Cayman Island, dan I’d Rather Dance With You, album ini pas jika kamu ingin album santai yang dapat membangkitkan mood.

    4. The Script - The Script (2008)

    Lagu favorit Cosmo: The Man Who Can't Be Moved



    Pernah galau sambil ditemani lagu The Man Who Can’t Be Moved atau Breakeven? We can relate. Album ini merupakan debut album The Script, yaitu pop rock band asal Irlandia… and this is the go-to playlist for the broken-hearted!

    5. Endah N Rhesa - Nowhere to Go (2009)

    Lagu favorit Cosmo: When You Love Someone



    Pertama kali dirilis pada tahun 2005, grup duo musik Endah N Rhesa membuat ulang album akustik ini dengan label Demajors dan menghadirkan 11 lagu yang bercerita tentang cinta, persahabatan, dan kehidupan sehari-hari.

    6. Kodaline - In A Perfect World (2013)

    Lagu favorit Cosmo: All I Want



    Ini dia album yang bisa melelehkan hati: In a Perfect World merupakan debut album oleh Kodaline, sebuah indie folk-rock band asal Irlandia, yang dipenuhi oleh lagu-lagu mellow manis seperti All I Want dan High Hopes.

    7. Jessie Ware - Tough Love (2014)

    Lagu favorit Cosmo: Say You Love Me



    Jika kamu menyukai lirik lagu romantis, Tough Love oleh Jessie Ware adalah album yang sempurna untukmu. Musisi kontemporer asal Inggris ini memperkenalkan banyak lagu bergenre pop / R&B yang catchy, lengkap dengan lirik-lirik puitis yang bisa menjadi inspirasi untuk Instagram caption kamu.

    8. Payung Teduh - Dunia Batas (2014)

    Lagu favorit Cosmo: Untuk Perempuan Yang Sedang di Pelukan



    Apa hasilnya saat genre pop digabungkan dengan jazz dan keroncong? Dengan Mondo Gascaro sebagai produser, Payung Teduh berhasil menciptakan album dengan sound unik yang tiada duanya.

    9. HONNE - Warm on a Cold Night (2016)

    Lagu favorit Cosmo: Coastal Love



    This album put HONNE on the radar! Siapa sangka bahwa electronic music dapat digabungkan dengan genre soul? Setelah sukses dengan lagu single Warm on a Cold Night, duo asal Inggris ini merilis album dengan judul serupa yang dipenuhi oleh deretan lagu feel-good yang menyenangkan. Album ini cocok untuk kamu yang sedang jatuh cinta!

    10. Daniel Caesar - Freudian (2017)

    Lagu favorit Cosmo: Get You



    Suka dengan musik R&B dan soul? Lagu single milik Daniel Caesar yang berjudul Best Part telah berhasil memenangkan Grammy Award untuk Best R&B Performance, namun albumnya yang berjudul Freudian merupakan salah satu kreasinya yang underrated. Have a listen!

    11. Rhye - Blood (2018)

    Lagu favorit Cosmo: Phoenix



    Jika kamu mencari album dengan nuansa mellow yang lebih ‘dark’ dan sensual, Blood oleh Rhye merupakan album yang ideal untukmu. Jangan lewatkan lagu Taste, Count To Five, dan Song For You!

    12. Kunto Aji - Mantra Mantra (2018)

    Lagu favorit Cosmo: Rehat



    Berhasil memenangkan AMI Award for Best of the Best Album, Mantra Mantra adalah album yang wajib didengarkan oleh setiap pecinta musik Indonesia. Didukung oleh lagu utama yaitu Konon Katanya, Topik Semalam, Rehat dan Pilu Membiru, Kunto Aji mengangkat isu kesehatan mental serta memasukkan frekuensi suara yang menurut penelitian dapat membuat pendengarnya merasa lebih baik. Wow!

    13. Snoh Aalegra - Ugh, Those Feels Again (2019)

    Lagu favorit Cosmo: I Want You Around



    Ini dia salah satu musisi underrated yang tidak boleh kamu lewatkan! Snoh Aalegra adalah musisi asal Swedia yang multitalented, dan pada tahun 2019 lalu ia merilis album Ugh, Those Feels Again yang berisi lagu-lagu romantis bergenre cinematic soul. Penasaran? Dengarkan lagu I Want You Around, Toronto, atau saksikan music video Whoa yang dibintangi oleh Michael B. Jordan.

    14. Monita Tahalea - Dari Balik Jendela (2020)

    Lagu favorit Cosmo: Sesaat Yang Abadi



    Lama tak terdengar kabarnya, Monita Tahalea merilis album ketiganya yang berjudul Dari Balik Jendela. Di sini, ia berkolaborasi dengan mantan personel Banda Neira, Ananda Badudu, dan mengusung genre folktronik yang menggabungkan musik folk dan elektronik. So unique!

    15. Bruno Major - To Let A Good Thing Die (2020)

    Lagu favorit Cosmo: The Most Beautiful Thing



    Mencari album baru untuk menemani momen santai kamu? Jika belum sempat mendengarkan album Bruno Major yang terkini, To Let A Good Thing Die dipenuhi oleh berbagai lagu puitis yang menghangatkan hati, mulai dari The Most Beautiful Thing, Nothing, hingga Old Fashioned.


    (Image: doc. @blocks via Unsplash)