Beauty

Wewangian Mood Booster Ini Akan Membuatmu Lebih Bahagia

  by: Kissy Aprilia       11/7/2020
    • Menghirup aroma dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih bahagia.
    • Menurut penelitian, aroma bunga dapat meningkatkan kebahagiaan orang tiga kali lipat dari sebelumnya. 
    • Wangi bayi juga merangsang produksi hormon dopamin sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik.


    The key to happiness might be right under your nose. Kamu bahkan tak perlu berlibur atau menyenangkan hati dengan berbelanja, sebab mencium aroma alami saja dapat membuat mood kamu lebih baik.

    Faktanya, penciuman adalah indera terkuat dari seluruh panca indera. Sekitar 75 persen emosional yang kita rasakan setiap hari merupakan hasil dari koneski bagian otak dengan saraf penciuman. Sejumlah studi penelitian mengungkapkan bahwa suasana hati seseorang mengalami peningkatan sebanyak 40 persen setelah menghirup aroma yang menyenangkan. Bagaimana caranya?



    Ketika zat kimia dalam aroma memasuki paru-paru dan aliran darah, salah satu bagian otak yang mengelola emosi memberikan respon fisiologis, lalu mengubah suasana hati, bahkan meningkatkan produktivitas. Cosmo sudah merangkum 5 wewangian terfavorit yang selalu berhasil menjadi mood booster. Simak!




    Wangi Citrus 

    Kalau suasana hatimu benar-benar sedang tidak baik dan membutuhkan penyemangat, semprotkan wewangian citrus! Aroma buah vitamin C ini terbukti dapat meningkatkan energi dalam waktu singkat. Penelitian mengungkapkan bahwa aroma buah lemon secara spesifik dapat mengurangi stress dan meninggalkan kesan positif pada pemakaianya. Tak heran kalau mayoritas produk sabun pembersih rumah tangga menggunakan aroma citrus, because they want to make the whole home smell happy!


    Wangi Peppermint

    Minyak esensial dari daun mint terkenal sebagai salah satu aroma yang dapat meningkatkan mood dan juga menstimulasi otak. Menurut studi penelitian, para atlet yang mencium aroma pepermint mengalami peningkatan kinerja secara atletis, bahkan pernapas mereka pun menjadi lebih baik.




    Wangi Lavender

    Bunga lavender adalah salah satu aroma yang paling sering digunakan untuk aromaterapi. Aroma bunga ini terkenal sebagai stress release yang dapat meningkatkan suasana hati, membuatmu lebih tenang, bahkan dimanfaatkan dalam medis untuk mengatasi kecemasan pasien sebelum operasi. Jika kamu sedang merasa bad mood atau penat dengan pekerjaan yang menumpuk, coba nyalakan aromaterapi atau semprotkan parfum beraromakan lavender.


    Wangi Jasmine

    Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa menghirup aroma bunga jasmine (melati) dapat meningkatkan mood dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Selain itu, aroma jasmine juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti; menyembuhkan sakit kepala, memperbaiki detak jantung, suhu tubuh, dan aktivitas otak, serta meningkatkan konsentrasi.


    Wangi Bayi

    Siapa yang selalu menyukai wangi bayi atau bahkan masih menggunakan cologne khas bayi? Berdasarkan penelitian, aroma khas bayi merangsang produksi hormon dopamin di dalam tubuh dan mengubah suasana hati kita menjadi lebih baik. Selain itu, aroma ini juga mengingatkan kita semua akan kenangan indah, perasaaan aman, dan juga kenyamanan yang kita miliki di masa kecil. So no matter how old you are, wangi bayi yang lembut selalu menjadi 'a pleasant smells' yang bisa kamu manfaatkan sebagai mood booster. 


    (Kissy Aprilia, images: Antonino Visalli/ Unsplash)