Lifestyle

Resep Garlic Cheese Bread Korea Super Praktis Tanpa Oven!

  by: Alexander Kusumapradja       11/7/2020
    • Garlic Cheese Bread menjadi kuliner street food terbaru asal Korea yang viral di media sosial.
    • Dari mulai toko roti hingga penjual rumahan, semua berlomba membuat resepnya sendiri. Kamu juga bisa membuatnya di rumah, meskipun tidak memakai oven.


    Selain serial drama dan rilisan lagu-lagu K-pop, yang juga seakan tak ada habisnya dari Korean Wave adalah kuliner Korea yang menggoda untuk dicicipi. Dari mulai makanan tradisional seperti kimchi dan bibimbap hingga jajanan street food seperti bungeoppang dan hotteok, Korea dikenal sebagai salah satu surga kuliner di Asia dan seringkali mengeluarkan inovasi baru yang cepat viral di berbagai media sosial. Bila beberapa bulan lalu kopi dalgona menjadi tren viral dari Korea, kini yang sedang ramai dibicarakan di media sosial adalah roti keju bawang putih a la Korea alias Korean Garlic Cheese Bread.

    Sesuai namanya, kudapan yang termasuk street food ini adalah roti berbentuk bulat dengan belahan empat hingga enam bagian yang berisi krim keju di dalamnya. Sensasi lumer kejunya tambah gurih dengan rasa bawang putih yang menggugah selera. Roti bun berbentuk bulat itu pula yang membedakan roti garlic ini dengan garlic bread lain pada umumnya yang terinspirasi dari bruschetta Italia. Di negara asalnya, roti ini mulai booming akhir tahun lalu dan kabarnya bahkan sempat muncul di beberapa K-drama sebelum menyebar ke negara lain, termasuk Indonesia.



    Sekarang bila kita mengetik hashtag #garliccheesebread di Instagram, kita akan menemukan banyak sekali orang yang menjual roti ini. Dari mulai toko roti di mall hingga penjual roti rumahan, kita bisa mencari garlic cheese bread dengan rentang harga pada umumnya dari Rp20.000 hingga Rp55.000. Selain membeli yang sudah jadi, kamu pun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya sebetulnya tergolong mudah didapatkan dan proses pembuatannya juga tidak terlalu sulit, bahkan bila kamu tidak memiliki oven sekalipun di dekatmu.

    Dari berbagai resep Korean Garlic Cheese Bread yang sudah ada di luar sana, beberapa orang membuat rotinya sendiri dari nol dan menggunakan oven, sementara banyak juga yang memilih membeli roti bun yang sudah jadi sehingga mereka tinggal membuat isian krimnya dan memanggangnya sebentar. Untuk kali ini Cosmo akan memperkenalkan resep Korean Garlic Cheese Bread dari @helosani yang tanpa menggunakan oven sehingga lebih praktis tapi tak kalah lezat. Siap memasak? Let’s go!

    Bahan olesan garlic:

    - 2 siung bawang putih tumbuk

    - 2 sendok makan mentega yang sudah dicairkan

    - 1 sendok makan susu full cream

    - 1 sendok makan daun parsley (peterseli) yang sudah diiris halus


    Bahan isian cream cheese (untuk empat sampai lima porsi):

    - 90 gram keju

    - 1 sendok makan mayones

    - 2 sendok makan susu full cream

    - 1 sendok makan gula halus




    Cara Membuat:

    1. Masukkan isian cream cheese yang sudah diaduk rata ke dalam pastry bag.

    2. Iris roti bun menggunakan gunting atau pisau hingga menjadi empat sampai enam bagian. Lebih baik pilih roti bun yang rasanya tawar agar hasil jadinya lebih gurih.

    3. Isi cream cheese pada pastry bag ke dalam roti yang sudah diiris.

    4. Di permukaan rotinya oleskan campuran olesan garlic dengan merata.

    5. Letakkan kertas roti ke dalam teflon.

    6. Panggang mengunakan api kecil selama sekitar 10 menit. Jaga jangan sampai gosong terutama pinggiran roti yang mungkin bersentuhan dengan teflon terus-menerus.

    7. Tunggu hingga roti mulai terlihat coklat keemasan dan olesan garlic-nya lumer merata.

    8. Sajikan.


    Resep di atas bisa dibilang merupakan resep dasarnya dan bisa kita modifikasi sesuai selera. Bagi pecinta pedas, kita bisa menambahkan bubuk cabai di krim filling-nya agar lebih pedas sementara bagi yang suka makan daging juga bisa menambahkan cincangan halus daging sapi ke dalam isian krimnya agar makin mengenyangkan. Bagaimana? Mudah bukan Cosmo babes?


    (Alexander Kusumapradja/Image header dan video: @helosani)