Beauty

7 Tanda Kamu Harus Mengganti Kuas Makeup!

  by: Astriana Gemiati       12/7/2020
    • Jika kamu merasa kuas makeup sudah tidak tercampur dengan baik pada makeup, coba cek tanda-tanda berikut!
    • Pastikan kamu tidak menggunakan kuas makeup ketika tanda-tanda ini terjadi!

      Kuas makeup dianggap memiliki peranan penting dalam menunjang makeup kamu agar tampil sempurna. Walaupun tidak memiliki tanggal kedaluwarsa seperti produk kosmetik atau skincare lainnya, kuas makeup juga perlu diperhatikan.



      Jika kamu merawatnya dengan ekstra, memang kuas makeup bisa bertahan sangat lama. Namun tidak seperti semua hal baik, keberadaan kuas juga pada akhirnya harus diganti. Pasalnya, sisa kotoran yang menempel pada kuas bisa menjadi bakteri dan penyebab masalah pada wajah kamu.


      Ini adalah tanda-tanda kapan saatnya kamu harus mengganti kuas makeup!

      1. Tidak dapat menyatu dengan baik pada makeup

      Saat kuas digunakan untuk mengaplikasikan blush on, perona mata, ataupum foundation namun tidak tercampur merata dengan baik, inilah saat untuk menggantinya.




      2. Bulu kuas rontok dalam jumlah banyak 

      Kuas makeup yang sering digunakan mungkin akan mengalami bulu yang tercabut hanya satu atau dua, dan itu normal. Namun, ketika bulu kuas makeup sudah mulai rontok dalam jumlah banyak ini saatnya kamu untuk membuangnya.


      3. Kuas makeup yang berubah warna berkat produk kosmetik

        Bertahun-tahun menggunakan kuas makeup, secara tidak langsung pasti akan mengalami perubahan warna pada bulu kuas. Jika bulu kuas sudah dicuci namun juga tidaklah bersih, ini saatnya kamu membeli kuas makeup yang baru. Hindari gunakan kembali, residu yang tertinggal di dalam kuas bisa menjadi penyebab jerawat. Tidak mau, kan?


        4. Gagang kuas rusak

        Jika kuas kamu menunjukkan tanda-tanda rusak yang tidak dapat diperbaiki, misalnya: gagang retak atau bulu rontok, buanglah! Karena celah dapat menyimpan bakteri yang dapat menyebar ke tangan dan wajah kamu.


        5. Bentuk kuas makeup tidak seperti asli lagi

        Kuas makeup cenderung kehilangan bentuknya, terutama jika kamu sering menggunakannya. Kuas yang baik adalah ketika dicuci bulu kuas kembali dengan baik. Namun jika bulu sudah mulai menyebar dan tidak menyatu dengan baik setelah dibersihkan, oh well.. ini waktunya untuk membeli yang baru.

        6. Aroma kuas berubah

        Tidak hanya akan berubah penampilannya saja, kuas juga akan mengalami perubahan bau. Jika kamu sudah mulai mencium aroma tak sedap, demi kesehatan kulit segeralah menggantinya.

        7. Bulu kuas terasa kasar

        Jika kuas kamu tidak dapat mengaplikasikan makeup dengan baik dan cenderung kaku hingga terasa kasar, bisa jadi kamu menggunakan kuas makeup yang tidak memiliki kualitas baik atau memang sudah memasuki masa kedaluwarsa.








        ( Astriana Gemiati, Image: Kaboompics.com/pexels.com)