Better You

42 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Usir Rasa Bosan di Rumah

  by: Alvin Yoga       12/7/2020
    • Terus-terusan berada di rumah memang bisa membuat kita bosan.
    • Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dicoba untuk mengusir rasa bosan meski #dirumahaja.


    UGH! Kamu mungkin juga pernah menggumamkan hal yang sama seperti Cosmo barusan. Ya, ya, ya, Cosmo tahu kita masih berusaha untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan tetap beraktivitas dan berdiam diri di rumah. Cosmo juga masih melakukannya, kok. Tapi rasa B-O-S-A-N ini, duh!

    TBH, ketika pertama kali mendengar bahwa saya akan bekerja dari rumah alias WFH, saya senang bukan main. "Yay, ini saatnya bersantai di rumah sambil mengetik dari atas tempat tidur!" Atau setidaknya, begitulah pikir saya.



    Kini, setelah hampir empat bulan berdiam di rumah, mengenakan celana piyama selama lima hari berturut-turut sudah tak lagi terasa menyenangkan. Bolak-balik membuka kulkas dan mengambil makanan setiap satu jam sekali pun sudah menjadi hal yang biasa. Mengecek ponsel dan scrolling Instagram sampai habis karena sudah kehabisan ide? Ya, saya melakukannya setiap hari. Pendeknya, saya bosan.

    Kamu mungkin juga merasakan hal yang sama seperti Cosmo. Jangan khawatir, kamu tak sendirian, kok. Dan karena Cosmo paham seperti apa rasanya, kami di sini untuk memberikan sederet solusi untuk mengusir rasa bosan tersebut. Tentu saja, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk melawan perasaan kurang nyaman ini, inilah sebabnya Cosmo menyertakan berbagai aktivitas mulai dari membaca buku sampai membeli dekorasi baru untuk kamarmu. Enjoy!


    Kalau kamu punya akun Viu / Netflix atau subscription lainnya yang bisa digunakan...

    1. Saatnya menonton variety show yang seru dan mengocok perut di rumah. Variety show seperti Busted atau Running Man mungkin bisa menghibur dan menghabiskan waktu luangmu.

    2. Percayalah, ini waktu yang tepat untuk maraton serial drama Indonesia seperti Pretty Little Liars Indonesia atau Gossip Girl Indonesia. Seru, lho!

    3. Buat sofa atau tempat tidur kesayanganmu menjadi "sarangmu" selama seharian penuh. Kumpulkan setiap snack yang ada, siapkan tisu, dan tonton film-film romantis komedi kesayanganmu (film Hollywood atau drama Korea? Tak masalah!)

    4. Atau mungkin kamu sedang butuh tertawa? Lihat daftar film berikut!

    5. Tak bisa lepas dari serial drama Korea? Ya ya ya, Cosmo mengerti. Berikut daftar serial drama Korea terbaik yang harus kamu tonton.

    6. Penggemar anime? Sure, kamu tak boleh melewatkan sederet film anime romantis Jepang berikut.

    7. Hi there, penggemar Lakorn Thailand! Cosmo juga suka kok, menonton serial drama Thailand dan film romantis komedi Thailand. (Hi there, P' Mew!)

    8. Tantang dirimu menonton film horor Thailand yang...dijamin bikin kamu bergidik!

    9. Tunggu, kamu punya Disney+? DISNEY CLASSICS MOVIE BINGE!!!


    Kalau kamu sendirian di rumah...



    1. Fashun like no one is watching. Coba berbagai tren yang muncul selama self-quarantine. Semisal, kenapa tidak mencoba fashion show selagi kamu sendirian di rumah? Kamu bisa berpura-pura menjadi model DAN juga Anna Wintour selagi kamu berpura-pura catwalk. Jangan lupa untuk mengabadikannya di TikTok, ya!

    2. Ambil alat olahragamu (Cosmo tahu kamu pasti pernah membeli setidaknya satu alat olahraga, atau gunakan botol air 1L untuk berolahraga) dan berkeringatlah sambil mencoba gerakan olahraga simpel ini selama 15 menit. Seperti yang pernah dikatakan oleh Britney Spears, "You better work b*tch."

    3. Sudah selesai? Sekarang saatnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk self-care dengan membuat masker DIY di rumah atau melakukan perawatan salon di rumah.

    4. Become a gardener! Cek tanaman indoor terbaik dari toko-toko berikut dan temukan pasangan hidup barumu. Welcome to plant parenthood.

    5. Karena tak ada orang di rumah, ini mungkin merupakan waktu terbaik untuk memutar film musikal dan ikut bernyanyi dengan suara karaoke merdumu. Atau, sekalian saja habiskan waktu berkaraoke dengan playlist seru!

    6. Sudah lelah? Sekarang cobalah untuk relaksasi. Duduk dan lakukan sedikit meditasi (berikut beberapa aplikasi meditasi yang bisa kamu coba).


    Kalau yang kamu punya hanyalah Wi-Fi...



    1. Mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba menjadi influencer? Maybe! Buka Instagram-mu, unggah beberapa meme favoritmu beserta dengan foto tidak-terlalu-cantik-namun-lucu milikmu, buat caption yang kreatif, dan dapatkan followers!

    2, Saatnya menghubungi sahabat lamamu di luar kota atau di luar negeri dengan Zoom atau FaceTime.

    3. Mungkin ini waktu yang tepat untuk mendengarkan podcast. Ada banyak sekali podcast lokal yang menarik.

    4. Ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang? Hmm, mungkin kamu bisa mendengarkan podcast horor yang bikin merinding.

    5. Mempelajari bahasa baru bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan produktif, dan lagi ada banyak aplikasi belajar bahasa yang seru di ponsel (bonjour, Duolingo).

    6. Kamu tahu apa yang lebih menyenangkan selain belajar bahasa? Bermain video games! Ada banyak video games baru seperti Animal Crossing yang kini sedang populer, atau habiskan waktu dengan membangun rumah dan bermain The Sims. 



    7. Mencoba virtual photoshoot yang sekarang sedang booming? Why not!


    Kalau kamu mulai bosan melakukan sesuatu secara digital dan ingin kembali ke dunia IRL...



    1. Saatnya kembali ke masa yang lebih simpel dan nikmati rasa bahagia dengan membaca buku self-love yang menarik di rumah.

    2. Buat kopi favoritmu di rumah, atau pesan kopi susu literan, dan bersantailah sejenak.

    3. Saatnya mencoba jade roller yang kini semakin populer dan buktikan kegunaan kristal tersebut.

    4. Jigsaw puzzle (yes, untuk orang dewasa)! Ada banyak sekali pilihan puzzle menarik yang bisa menghabiskan waktu kamu di rumah.

    5. Board games! Board games! Apa lawan kata boring? Board games! (Ya, ya, ya, Cosmo tahu lelucon ini tidak lucu.)

    6. Saatnya menggulung lengan bajumu dan kuasai le kitchen. Kamu bisa mencoba resep karumeyaki, camilan Jepang yang sekarang sedang ramai di TikTok.

    7. Atau, kamu bisa mencoba resep garlic cheese bread Korea praktis yang menggugah selera. Slurp!

    8. Bosan memasak? Mungkin ini saatnya kamu mencoba berkreasi dengan membuat...cocktails! Siapa tahu kamu ditakdirkan menjadi seorang bartender? Who knows!

    9. Saatnya mengeluarkan sisi spiritualmu dengan belajar membaca kartu tarot. Tidak sulit, kok!


    Kalau kamu ingin punya tampilan baru meski di rumah aja...



    1. Saatnya bermain dengan rambutmu. Ada banyak sekali orang di luar sana yang kini mengecat sendiri rambutnya di rumah.

    2. Atau mungkin kamu bisa mencoba memotong rambut sendiri di rumah.

    3. Selagi kita masih berbicara soal rambut, kamu mungkin bisa mencoba bubble hair colour sendiri di rumah.

    4. Saatnya menggunakan koleksi cat kukumu di rumah dan bermain-main dengan kuku S-E-H-A-R-I-A-N lewat inspirasi cat kuku berikut.

    5. Opsi lain: kamu bahkan bisa mencoba untuk melepas acrylic nails sendiri tanpa merusak kuku.

    6. Summer is here, dan ini saatnya kamu mencoba satu hal: membuat tie-dyed t-shirt sendiri di rumah!

    7. Tak ingin kalah dari teman-temanmu lainnya? Saatnya mendekor kamarmu dengan beberapa dekorasi baru yang cute berikut.

    8. Atau, karena sekarang sedang musim panas, kamu mungkin tertarik untuk membeli dekorasi bertemakan musim panas berikut. Rasanya seperti di pantai!

    9. Ambil rehat sejenak dan coba masker kopi ini untuk mengatasi berbagai masalah kulit ini. You're welcome.

    10. Mencoba manicure sendiri di rumah? Kenapa tidak!

    11. Atau...perbaiki gel manicure-mu yang sudah mulai tumbuh berantakan.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. @rw.studios on Unsplash)