Lifestyle

Perut Kembung? Hindari 7 Makanan Ini Untuk Perut Lebih Rata

  by: Kezia Calesta       12/7/2020
  • Apakah kamu sering mengalami perut kembung atau begah usai makan? Kondisi bloating dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kebiasaan makan terlalu cepat, makan terlalu banyak, atau diet tidak sehat di mana kamu sering mengonsumsi karbohidrat atau makanan berminyak. 





    Bila kamu ingin mencegah perut kembung usai makan, ingat untuk mencerna dan mengunyah makananmu dengan lebih pelan, serta menghindari jenis makanan tertentu yang bisa memicu perut kembung. Hindari 7 makanan ini untuk menjaga perut agar lebih rata!


    1. Minuman berkarbonasi

    Suka minum soda? Nah, inilah salah satu penyebab di balik perut kembung. Saat mengonsumsi karbon dioksida, gas tersebut langsung memasuki saluran pencernaan dan membuat perutmu mudah begah. Menurut studi oleh American Journal of Public Health, soda telah dibuktikan dapat meningkatkan risiko obesitas serta diabetes. 


    2. Gandum

    Meskipun baik untuk kesehatan, gandum mengandung protein gluten yang dapat menyebabkan perut kembung, gas, sakit perut, hingga diare untuk beberapa orang yang sensitif. Jika mencari alternatif gandum yang tidak menyebabkan bloating, kamu bisa memilih pure oats atau quinoa.


    3. Pemanis buatan

    Pemanis buatan seperti aspartame, sorbitol, dan xylitol yang digunakan dalam makanan dan minuman bergula tidak mengandung nutrisi, juga bisa mengakibatkan masalah pencernaan termasuk sering mengeluarkan gas serta perut kembung. Jika ingin menggunakan pemanis dalam kopi atau teh kamu, ganti dengan madu alami, stevia, gula kelapa, atau kayu manis.




    3. Produk olahan susu

    Susu, keju dan yogurt memang merupakan sumber kalsium dan protein, namun ada sebagian orang yang mengalami kondisi bernama lactose intolerance di mana tubuh mereka tidak bisa mencerna lactose, yaitu gula dalam produk susu. Apakah setiap kali kamu meminum susu, perutmu terasa kembung, mulas, atau menyebabkan diare? Nah, ini artinya kamu mengalami lactose intolerance dan sebaiknya menghindari produk olahan susu. Bila kamu mencari pengganti susu sapi yang lebih aman untuk perut, Cosmo sarankan almond milk atau kacang kedelai.


    4. Minuman beralkohol

    Mengapa alkohol dapat membuat badan terasa hangat? Ingat ini: alkohol merupakan inflammatory substance yang dapat menyebabkan peradangan dalam lapisan gastrointestinal. Tipe alkohol yang paling tidak baik untuk perut? Bir, karena minuman ini menggabungkan alkohol dengan soda!


    5. Sayuran silangan

    Sayuran silangan, alias cruciferous vegetables seperti brokoli, kembang kol, brussel sprout, kubis, lobak, kale, hingga pok choy memang kaya akan nutrisi seperti potasium, serat, vitamin C hingga vitamin K… namun konsumsi berlebihan dapat menyulitkan pencernaan dan menimbulkan gas.


    6. Buah apel dan pir

    Siapa sangka bahwa buah apel dan pir dapat menyebabkan ini? Nyatanya, meskipun kedua buah ini mengandung serat, vitamin dan antioksidan, apel dan pir mengandung gula fructose yang seringkali sulit dicerna oleh tubuh. Ditambah lagi, pir mengandung sorbitol yang dapat menyebabkan perut kembung.


    (Image: doc. Freepik)