Fashion

Ini Cara Merawat Jaket Kulit Kamu Agar Tetap Awet!

  by: Hendry Leo       14/7/2020
  • Jaket kulit merupakan salah satu item yang fashionable. Item ini sangat cocok dipadu padankan dengan tampilan apapun. Tak heran, para penikmat mode pun pasti wajib memilikinya dengan kualitas dan desain yang baik. Namun, kadang kala masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui cara merawat jaket kulit yang baik dan bener, sehingga tak banyak dari item ini pun jadi cepat rusak, berjamur, atau menimbulkan bau tak sedap. Untuk itu, berikut Cosmo akan memberikan beberapa cara merawat jaket kulit kamu agar tetap awet. Yuk, simak!

    1. Ikuti Penunjuk Penggunaan

    Setiap jaket kulit pastinya memiliki jenis yang berbeda-beda, sehingga kamu tidak bisa sembarang mencucinya. Agar lebih pasti, coba lihat penunjuk penggunaan yang terdapat pada tag baju.





    2. Hindari Menggunakan Mesin Cuci

    Jika jaket kulit kamu terbuat dari kulit premium, seperti dari kulit domba atau sapi, alangkah baiknya untuk tidak mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Cukup menggunakan tangan saja secara manual, hal ini berfungsi untuk menghindari kerusakan pada teksturnya.


    3. Bersihkan Menggunakan Kain

    Jika ada noda yang membandel, coba kenakan sabun cair khusus bayi dengan kain yang lembut untuk membesihkannya. Jangan menggunakan cairan berbahan kimia, untuk menghindari kerusakan dan warna luntur.

    4. Bilas dengan Kain

    Setelah membersihkan jaket kulit kamu dengan menggunakan sabun bayi, bilas menggunakan kain kerung yang lembut dan pastikan sisa noda dan cairan sabun sudah hilang dan kering.

    5. Gunakan Cairan Pelembut Pakaian

    Salah satu efek setelah kamu mencuci jaket kulit biasanya akan terasa kaku pada bagian yang dibersihkan, hal ini pun bisa menimbulkan patahan pada beberapa bagian. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan sedikit cairan pelembut pakaian pada bagian yang terkena cairan pembersih.



    6. Jangan Menjemur Langsung dari Sinar Matahari

    Hindari mengeringkan jaket kulit kamu langsung di bawah sinar matahari. Sebaiknya keringkan di dalam ruangan untuk menghindari kerusakan dan jaket jadi tidak cepat luntur.


    So, semoga bermanfaat ya!


    (Teks: Hendry Leo/ Foto: unsplash.com, instagram.com/ Thumbnail: @hoboannapolis)