Celebrity

Psst... Ini Dia Kekayaan Bintang TikTok Charli D'Amelio

  by: Shamira Priyanka Natanagara       14/7/2020
  • Berapa banyak uang yang kamu hasilkan saat berusia 16 tahun? Rasanya saat itu kebanyakan dari kita berpenghasilan (jauh) lebih sedikit daripada Charli D'Amelio, remaja asal Amerika Serikat yang berhasil meraih jutaan dolar AS berkat koreografi TikTok-nya. Whew... 

    Charli bergabung dalam TikTok pada tahun 2019, dan pasa dasarnya ia langsung menjadi terkenal dalam semalam—awalnya memiliki kurang dari satu juta followers pada Agustus 2019 hingga 50 juta followers pada April 2020... lalu meningkat hingga 69,9 juta followers pada Juli 2020. Ia juga meraih ketenaran karena sempat menjadi anggota grup TikTok bernama Hype House dan putus hubungan dengan sesama seleb TikTok Chase Hudson, yang membuat para fans heboh.

    Kesimpulannya, Charli sangat populer, bahkan hingga tidak sedikit orang tua di AS mengenal namanya—dan ya, ia menghasilkan jumlah uang yang besar sebagai artis TikTok.




    Oke, tapi bagaimana caranya memperoleh uang dari TikTok?

    Tiga kata indah: konten yang disponsori. Celebrity Net Worth melaporkan bahwa Charli mengenakan biaya USD100.000 (hampir Rp1,5 miliar) per konten yang disponsori—yang berarti ia hanya butuh membuat 10 konten yang disponsori dalam setahun untuk menghasilkan satu juta dolar AS.

    Namun TikTok bukanlah satu-satunya platform di mana Charli mendominasi. Ia juga menghasilkan uang lewat iklan di YouTube, di mana ia memiliki 5,4 subscribers dan masih bertambah. Berikut ini adalah video haul Prada saat ia mengunjungi Milan Fashion Week, yang bisa ia hadiri berkat undangan dari YouTube!


    Selain itu, ia juga memperoleh uang dengan cara yang lebih tradisional: iklan Super Bowl. Celebrity Net Worth melaporkan bahwa Charli mendapatkan USD1 juta karena membintangi iklan Sabra Hummus, di mana ia tampil selama... 2 detik:





    Dan ia juga memiliki lini merchandise

    Charli memiliki lini merchandise yang menggemaskan, dan TBH Cosmo cukup tergoda untuk membelinya, tapi merchandise-nya super populer hingga cepat sold out!



    Nah, tapi bagaimana nasib kariernya jika TikTok diblokir di AS?

    Kalau kamu ketinggalan berita, Presiden AS Donald Trump mengancam untuk memblokir TikTok untuk "menghukum" Cina karena virus corona. Yikes... Namun ini seharusnya tidak memengaruhi karier Charli. Sekarang ia sudah menjadi influencer yang dikenal di berbagai platform, bukan hanya sebagai artis TikTok—yang paling penting di Instagram, di mana ia mampu mengumpulkan 22,9 juta followers dan, tentunya, mengunggah konten yang disponsori.


    So, berapa total kekayaan bersihnya?

    Menurut Celebrity Net Worth, sekitar USD4 juta... setidaknya untuk sekarang. Dan mengingat Charli mampu memperoleh jumlah tersebut dalam kurang dari satu tahun, jangan kaget jika angka tersebut meningkat sepanjang tahun ini—terutama sejak TikTok tampaknya menjadi media sosial favorit banyak orang selama masa karantina ini.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/CharliDamelio)