Lifestyle

UOB Credit Card dan MRA Academy Gelar Meditasi untuk Anxiety

  by: Givania Diwiya Citta       14/7/2020
  • Kecemasan, stres, dan serangan rasa panik yang berlebihan bisa memengaruhi kesehatan well-being kita. Apalagi dengan merebaknya pandemi COVID-19 yang belum berakhir di Indonesia, ditambah dengan kondisi yang rasanya serba tak pasti, maka kesehatan holistik antara pikiran, jiwa, dan fisik kian esensial untuk dirawat. Oleh karenanya, pada 4 Juli 2020 lalu, UOB Credit Card dan MRA Academy menggelar latihan meditasi untuk mengurangi rasa panik, stres, dan kecemasan, bersama Helena Abidin, Corporate Director PT. Golden Space Indonesia.






    Tanpa berpikir dua kali, Cosmo pun langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti sesi workshop yang digelar virtual lewat aplikasi Zoom ini. Acara pun kemudian dibuka oleh Dylla Agnesia selaku host, dan disambut oleh Shantica Warman selaku Editor in Chief Her World Indonesia. Shantica pun menekankan tentang pentingnya menjaga well-being selama kita beradaptasi dengan masa kenormalan yang baru. “Karena yang dibutuhkan kini adalah ‘new me’ yang kuat secara mental dan fisik,” ujarnya. Lewat workshop ini, kita diajari cara berbicara pada diri kita sendiri, our inner self, agar kita kuat untuk menghadapi era yang baru. “Jangan takut, kecemasan dan ketakutan kita akan segera terkendali setelah kita benar-benar melaksanakan apa yang kita dapat dari kelas ini,” tambahnya.




    We couldn’t agree more to that! Karena untuk menata kembali hidup setelah pandemi, dibutuhkan kekuatan untuk menavigasi diri agar terelevasi ke level yang lebih baik dan bijaksana. Oleh karenanya, inisiasi workshop yang ditujukan untuk melatih kesehatan well-being ini digelar sebagai salah satu manifestasi dari gagasan ‘Unlock the New You’ yang diusung oleh UOB Credit Card. “Kampanye ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan alternatif ide-ide bagi kita yang mungkin selama masa pandemi ini menghadapi keterbatasan, maka dari itu kampanye ‘Unlock the New You’ ditujukan untuk mendorong kita dalam melakukan hal yang mungkin belum pernah kita lakukan atau belum pernah terpikirkan sebelumnya,” ujar Dessy Masri selaku Cards & Payment Head Bank UOB Indonesia dalam sambutannya. Seperti salah satu serial acaranya yang pernah digelar sebelumnya, yaitu Financial Business Workshop yang bertema Productivity Tips for Homepreneur, kini dengan Mind and Body Workshop bertema Mindfulness Meditation for Anxiety, menjadikannya sebagai salah satu cara untuk mendorong diri kita menuju persona yang baru.




    Dessy pun menyampaikan harapannya agar meditasi tak hanya menjadi kegiatan positif sebagai bentuk relaksasi dari pikiran juga hati di kala masa tak menentu ini, melainkan bisa menjadi rutinitas menyenangkan yang bisa dilakukan dalam bagian keseharian hidup kita. Dalam hal ini UOB Credit Card memberikan banyak program menarik seperti cicilan 0%, potongan harga dengan berbagai partner e-commerce, dll, sehingga memberi kemudahan untuk melakukan hal yang baru dengan menggunakan kartu kredit UOB. Akhirnya tanpa menunggu lebih lama, Helena pun mulai memaparkan tentang pemahaman terhadap anxiety yang menjadi topik besar dalam sesi mindfulness meditation ini. Psst, bahkan menurut data Cosmo poll, 52% perempuan milenial yang memiliki masalah kesehatan mental berkata bahwa kondisi kecemasan mereka memburuk karena COVID-19, sedangkan 32% perempuan yang tadinya tak punya masalah kesehatan mental kini memilikinya, lho. “Jika anxiety datang setiap hari selama enam bulan berturut-turut, maka anxiety tersebut sudah kronis,” ujar Helena. Well, how do we cope with it, then?






    Dengan era new normal yang justru ketidakpastiannya terasa lebih panjang, kemampuan untuk bertransformasi lewat self-discovery terhadap personal growth masing-masing menjadi lebih dibutuhkan dari biasanya. Dan melalui meditasi yang melibatkan latihan pernapasan, mampu membuat kita memetakan penyelesaian masalah-masalah dalam hidup. Meditasi juga mengajarkan kita untuk hadir di momen saat ini juga, dan mengajarkan kita untuk sadar terhadap pikiran serta emosi yang muncul ke permukaan. Kita diajari untuk mengobservasinya, tanpa menghakiminya. 


    What’s the benefit? A plenty! Meditasi mampu meningkatkan kebahagiaan serta kesehatan well-being kita. Dengan berlatih meditasi, kita mampu mendapatkan kejernihan pikiran, kemampuan untuk fokus, rasa tenang dan positif saat menghadapi tantangan dalam hidup, tak terkecuali dalam konteks pekerjaan. Meditasi juga mampu mereduksi level stres, serta tentunya, kecemasan. Lebih dari itu, produktivitas serta kemampuan berkomunikasi pun lebih terasah, karena kita diajari untuk menciptakan ketangguhan dalam diri, namun sekaligus menumbuhkan empati, serta kasih sayang dalam diri. 




    Helena pun membimbing Cosmo serta para partisipan yang hadir kala itu lewat sesi guided meditation selama 15 menit. Dan, wow… Cosmo can’t help but cry-and-smile afterwards! Energi yang dihasilkan dari meditasi bersama tersebut tak hanya dapat dirasakan oleh Cosmo sendiri, lho, karena positivity tersebut semakin kuat saat secara kolektif dilakukan bersama-sama, meski itu diadakan virtual. Rasanya, lewat sebuah kelas meditasi untuk atasi anxiety ini mampu mendorong kita untuk membuka diri ke dunia, kesempatan, serta perspektif positif yang baru. It feels like we unlock the new us, indeed!


    (Givania Diwiya / FT / Images: Dok. UOB Indonesia / Layout: Shakurani)