Beauty

5 Cara Mengatasi Dan Merawat Kulit Kepala Gatal!

  by: Astriana Gemiati       16/7/2020
    • Kulit kepala terasa gatal bisa dipicu karena kondisi kulit atau pemakaian suatu produk, dan bisa juga karena perubahan cuaca.
    • Mulai dari sekarang ada baiknya jika kamu tak hanya merawat helai rambut agar tampak mengilap, namun juga memberikan perhatian ekstra pada kulit kepala agar menjaganya tetap sehat.


    Fokus menggunakan produk untuk rambut berkilau dan mudah diatur, membuat kamu pasti lupa untuk merawatnya sampai ke akar rambut, khususnya kulit kepala! Kulit kepala adalah tempat rambut tumbuh, jadi, sangat penting untuk menjaganya agar tetap sehat dan memberikan perhatian ekstra pada sumbernya. 

    Siapa saja bisa mengalami gatal di kulit kepala. Hal ini bisa disebabkan atau dipicu dari kondisi kulit itu sendiri seperti ketombe dan eksim, atau bisa juga reaksi dari suatu produk serta perubahan cuaca. Kamu tentu tidak mau dong hal itu terjadi?



    Nah, menggunakan produk-produk yang ditargetkan untuk kulit kepala tentu akan membantu mendorong pertumbuhan dan kilau rambut. Jadi, mulai sekarang ga ada salahnya kamu merawat kulit kepala. Namun, jika kulit kepala kamu tiba-tiba mengalami gatal, peradangan, dan memerah coba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.



    1. Rutin membersihkan rambut

    Kulit kepala yang kotor menghasilkan helai rambut kusam dan berminyak, sehingga sangat penting untuk keramas setelah kamu mengalami hari yang panjang dan berkeringat. Jika kamu mempertahankan dan mencuci bukanlah suatu pilihan, coba batasi penggunaan dry shampoo setiap hari. Hal ini bisa menjadi pemicu kulit kepala jadi mudah gatal.


    2. Gunakan sampo berformula tepat

    Kulit kepala seperti kulit di wajah kamu. Artinya, menggunakan sampo alias pembersih hingga membuat kulit kepala terasa kering tidak disarankan!

    Agar kulit kepala seimbang, coba beralih ke sampo yang mengandung bahan-bahan khusus untuk membantu melembapkan kulit kepala sekaligus meredakan rasa tidak nyaman karena gatal. Cosmo merekomendasikan Itch Care dari HEAD & SHOULDERS yang formulanya telah dirancang khusus untuk membersihkan minyak dan kotoran secara efektif tanpa penumpukan, sehingga rambut terasa lebih bersih dan ringan. Plus, sampo ini juga memiliki aroma eucalyptus yang segar, cocok untuk membuat rambut wangi tahan lama. Karena formulanya yang lembut, kamu bisa menggunakannya setiap hari, terutama kalau mengalami masalah ketombe—yes, formulanya juga dirancang untuk mengatasi ketombe!


    Presented by HEAD & SHOULDERS


    HEAD & SHOULDERS Itch Care

    Beli di mana: Shopee

    Harga: Rp48.000,-.


    3. Bilas dengan vinegar

    Sifat antibakteri dan anti-inflamasi dari apple cider vinegar bisa bantu mencegah gatal. Memang aroma yang dimiliki apple cider vinegar atau cuka, bagi beberapa orang kurang menyukainya. Tenang girls, kini sudah ada beberapa produk rambut yang menggunakan khasiat apple cider vinegar di dalamnya yang bisa kamu coba. Produk unik ini tak hanya bantu menghilangkan kotoran dan minyak, namun juga serpihan di kulit kepala kamu sembari memberikan manfaat lainnya yaitu rambut tetap terasa lembut dan terkesan mengilap.




    Yves Rocher Radiance Rinsing Vinegar

    Beli di mana: cnfstore

    Harga: Rp189.000,-.


    4. Cuci rambut dengan air dingin

    Girls, bukan berarti kamu harus berhenti mandi air hangat yang menenangkan. Namun membilas dengan air dingin akan menghentikan rasa gatal dalam sekejap. Ditambah lagi, latihan ini akan membuat kulit kepala kamu terasa bersih!


    5. Pijat kulit kepala

    Biasakan untuk memijat kulit kepala kamu setiap hari, lebih baik lagi menggunakan pijatan kulit kepala. Gerakan ini akan bantu merangsang sel-sel papilla derma manusia yang akan mempercepat pertumbuhan rambut.






    ( Astriana Gemiati, Image: Criativithy/Pexels, Dok. Rated Green, Dok. Yves Rocher, GIPHY.com, YouTube.com )