Better You

10 Aplikasi Yoga untuk Dicoba di Rumah

  by: Givania Diwiya Citta       15/7/2020
    • Selama pandemi COVID-19 belum berakhir di Indonesia, mari tetap optimalkan kegiatan yang bisa dilakukan #DiRumahAja.
    • 10 aplikasi yoga berikut bisa kamu gunakan untuk stretching tubuh dan mengasah latihan yoga langsung dari rumah.


    Cosmo tahu, mungkin saat kamu dengar kata “fitness” dan “aplikasi” di satu kalimat yang sama, kamu langsung membayangkan karakter penggila kebugaran seperti aksi olahraga Burpee yang viral. Tapi kamu boleh tenang karena bukan olahraga itu yang Cosmo maksud. Melainkan aplikasi yang akan membantu kamu menyelaraskan tujuan kebugaran dan kesehatan kamu: Yoga apps!




    Ingin aplikasi yang bisa digunakan hanya di sela-sela istirahat selama lima menit saja? Ya, ada aplikasinya di dalam artikel ini. Atau ingin aplikasi yang membuat kamu latihan yoga sesuai preferensi sendiri? Ada juga! Kalau aplikasi yang akan membantu kamu melemaskan punggung yang nyeri akibat pekerjaan di balik meja yang kadang bikin stres? Ada banyaaak.


    10 aplikasi terbaik yang Cosmo kurasi ini akan membuat tubuh kamu merasa lebih kalem sekaligus terasa lebih bugar – karena tak selamanya sehat dan bugar itu butuh usaha yang berdarah-darah, tangisan, dan keringat yang selalu mengalir! Inilah aplikasi yoga terbaik yang akan memandu kamu menemukan kebugaran yang mindful, bahkan bisa dilakukan di mana saja, apalagi #DiRumahAja.


    1. Kalau kamu cinta body positivity:

    The Underbelly


    Gratis diunduh dan pembelian dalam aplikasi dimulai dari Rp139.000,- di iTunes dan Google Play.

    Guru yoga sekaligus penulis Jessamyn Stanley akan memimpin latihan yoga dalam aplikasi ini dengan tujuan tak hanya menciptakan kedamaian dalam pikiran, tapi juga di dalam tubuh. Jessamyn menciptakan latihan dengan varian durasi yang cocok dilakukan oleh berbagai jenis bentuk tubuh, dan tentunya akan membantu kamu merasakan konsep self-love.


    2. Kalau kamu ingin kesehatan sebagai gaya hidup:

    Grokker Yoga Fitness and Mind Videos


    Gratis diunduh di iTunes dan Google Play.

    Jangan sebut diri kamu seorang ahli kebugaran kalau hanya bisa menaklukkan pose-pose yoga yang rumit. Dengan Grokker, kamu bisa lebih meresapi gaya hidup yang amat sehat lebih dari sekadar berolahraga. Aplikasi ini punya puluhan video yang meliputi yoga, olahraga, makanan, meditasi, dan banyak hal lainnya yang akan membantu tujuan kamu meraih perubahan gaya hidup secara holistik.


    3. Kalau kamu ingin menguasai handstand:

    Pocket Yoga


    Diunduh dengan harga Rp43.000,- di iTunes dan Google Play.

    Kalau kamu pernah berkali-kali butuh waktu untuk melakukan handstand yang sulit, kamu pasti tahu bahwa untuk menguasainya memang butuh latihan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menelusuri lebih dari 200 postur yang ingin kamu dalami. Pilih yang paling membuat kamu kesulitan saat mencobanya, dan tonton animasinya yang akan menunjukkan gerakannya secara tepat. Masih kesulitan juga? Cek detail instruksi yang dituliskan dan baca tip untuk mempraktikannya sendiri.


    4. Kalau kamu newbie dan ingin latihan reguler:

    Daily Yoga


    Gratis diunduh dan pembelian dalam aplikasi dimulai dari Rp12.000,- di iTunes dan Google Play.

    Kalau kamu mencari kebiasaan sehat yang baru dari yoga, maka aplikasi ini punya program satu sampai dua minggu yang bisa membantu kamu masuk ke arusnya dan mulai menjadikan latihan yoga sebagai kebiasaan. Coba cek program Yoga Basics for Beginners selama dua minggu, yang akan menyediakan para penggunanya kelas-kelas latihan yoga yang bisa diikuti. Setiap hari, kamu pun akan mendapat pengingat untuk melakukan pose downward dog ataupun saran-saran lainnya untuk sesi selanjutnya yang bisa kamu ambil.


    5. Kalau kamu sedikit control freak:

    Yoga Studio: Mind & Body




    Gratis diunduh dan pembelian dalam aplikasi dimulai dari Rp27.000,- di iTunes dan Google Play.

    Ingin memilih sendiri petualangan kamu sebagai yogi? Aplikasi ini punya fitur yang mengizinkan kamu untuk menyesuaikan gerakan kamu selama latihan berlangsung. Tinggal pilih pose yang kamu inginkan dari perpustakaan aplikasi ini, dan gunakan fungsi smart-link yang akan menghubungkan berbagai rangkaian postur tersebut menjadi satu flow kohesif yang bisa kamu ikuti lewat video.


    6. Kalau kamu cepat bosan:

    Down Dog


    Gratis diunduh dan pembelian dalam aplikasi dimulai dari Rp39.459,- di iTunes dan Google Play.

    Dengan lebih dari 30.000 kelas, aplikasi ini adalah bukti bahwa rutinitas latihan yoga itu tak membosankan sama sekali. Jadi tak ada lagi ya alasan ‘tak terinspirasi untuk olahraga’!! Untuk menyempurnakan latihan kamu, pilihlah level yogi kamu, jenis latihan yang kamu inginkan (semisal kamu ingin quick flow atau sun salutation), lalu pilih apa yang ingin kamu fokuskan (semisal untuk membuka pinggul atau pada pose-pose yang memperbaiki postur tubuh), pilih juga berapa banyak waktu yang kamu punya, seberapa cepat flow yang kamu inginkan, dan terakhir, soundtrack yang ingin kamu dengar. Boom. Kamu akan repeat terus-terusan.


    7. Kalau kamu terobsesi dengan para yogi di IG:

    Alo Moves


    Gratis diunduh dan pembelian dalam aplikasi dimulai dari Rp24.133,- di iTunes dan Google Play.

    Pegiat profesional sekaligus bintang yogi Instagram seperti Briohny Smyth dan Koya Webb akan memimpin kamu latihan yoga lewat 1000 kelas yang ada di aplikasi, mulai dari vinyasa sampai meditasi murni. Kalau kamu ingin bisa melakukan pose handstand untuk diunggah ke IG, coba ikuti workshop handstand aplikasi ini. Kamu akan dapat progres lewat mengikuti serial sembilan kelas yang membantu kamu mempersiapkan cara handstand sampai diajari benar untuk menaklukannya.


    8. Kalau kamu benar-benar cuma punya lima menit:

    5 Minute Yoga


    Gratis diunduh dan pembelian dalam aplikasi dimulai dari Rp23.000,- di iTunes dan Google Play.

    Coba buka aplikasi ini dan tekan ‘start’ untuk mulai latihan dalam satu hari. Kamu pun akan menyaksikan foto sebuah gerakan, deskripsi yang menjelaskan cara melakukannya, dan penghitung mundur waktu untuk memandu kamu berapa lama kamu harus menahan setiap pose itu. Setelah lima menit telah dilalui, maka latihan kamu selesai, dan setiap kali kamu membuka aplikasi ini lagi, kamu akan mendapat tantangan untuk melakukan lima menit latihan yoga selanjutnya.


    9. Kalau kamu ingin bercucur keringat:

    Asana Rebel


    Gratis diunduh dan pembelian dalam aplikasi dimulai dari Rp129.000,- di iTunes dan Google Play.

    Kalau kamu mencari gaya yogi yang benar-benar membuat kamu bercucuran keringat, maka aplikasi ini akan membakar tubuh kamu dengan persediaan latihan yang berfokus pada strength. Mulai dari plank, push-up, squat, sampai interval yang penuh intensitas tinggi. Setiap video yang menginstruksikan latihan ini digarap dalam ruang yang indah, seperti tempat-tempat destinasi tropis, jadi kamu punya pemandangan cantik untuk dilihat sambil melatih otot-otot tubuh. Butuh istirahat? Coba juga beberapa kelas low-key dalam aplikasi ini yang berfokus pada slow stretch, easy flow, dan balance.


    10. Kalau kamu butuh yang bisa dipercaya:

    Find What Feels Good


    Gratis diunduh dan pembelian dalam aplikasi dimulai dari Rp139.000,- di iTunes dan Google Play.

    Kalau kamu adalah tipe orang yang bisa berolahraga maksimal jika kamu tergabung dalam kelompok pegiat kebugaran yang bisa kamu percaya, maka kamu akan suka dengan aplikasi yang dibuat oleh yogi inspiratif, Adrienne Mishler. Ia akan memimpin kamu dengan lebih dari 100 jam latihan yoga, yang bisa kamu unduh ke ponsel atau tonton menggunakan WiFi. Setelah kamu menyelesaikan salah satu videonya, kirim pesan ke anggota lain dalam aplikasi yang juga sudah mengikuti kelas tersebut. Kamu mungkin akan menemukan squad kamu di sana.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Images: Courtesy of apps / Opening Image: Elly Fairytale from Pexels / Mallory Creveling & Ahad Sanwari)