Better You

Daftar Terapis yang Bisa Kamu Follow di TikTok

  by: Givania Diwiya Citta       16/7/2020
    • Menjaga kesehatan mental selalu jadi hal esensial, tak hanya saat pandemi COVID-19 belum berakhir.
    • Follow 10 terapis di TikTok untuk mengingatkan kamu akan pentingnya kesehatan mental diri.


    Girls, algoritme TikTok itu cukup menakutkan, lho. Kalau kita hanya berpikir selintas tentang anak anjing lucu, tiba-tiba halaman For You akan diisi oleh 10 video bayi golden retriever. (Cosmo bukan mengeluh, tapi cukup terkejut). Jadi begitu juga saat Cosmo terlintas pikiran untuk terapi atau untuk menanggulangi kecemasan, tak butuh waktu lama sampai akun para terapis muncul di feed TikTok.




    Kalau kamu belum menemukan video para terapis itu, cukup scroll cepat lewat halaman #tiktoktherapist. Pada dasarnya, ada banyak sekali terapis bersertifikat yang telah bergabung dengan platform ini untuk menyebarkan kesadaran tentang kesehatan mental, mereka berbagi tip dan membuat video lucu juga, lho, dan akun mereka pun mulai booming. Sejujurnya, Cosmo tak terkejut kok. Malah ini menjadi penawar terapi dengan dosis mini yang bisa diakses secara gratis.


    Apakah follow terapis di TikTok bisa sangat membantu?

    “Saya rasa yang bisa memecahkan stigma kesehatan mental adalah apakah sesuatu itu cukup ‘membantu’,” ujar Rachel Gersten, Licensed Mental Health Counselor dan Co-Founder Viva Wellness yang berbasis di NYC. “Akun-akun ini menunjukkan bahwa terapis pun bisa menjadi orang yang nyata dan terasa relevan, bisa bercanda, dan menormalisasi semua kekhawatiran tentang jenis kesehatan mental,” tambahnya. Dengan kata lain, menonton video para terapis di TikTok bisa membuat profesi terapis, aktivitas terapi, dan perbincangan tentang topik kesehatan mental jadi lebih tidak mengintimidasi.


    Tip yang mereka bagikan juga akan berguna, kok – ingatlah bahwa nasihat-nasihat para terapis ini bisa diaplikasikan pada kondisi yang umum. “Anda tak perlu menelan bulat-bulat semua yang Anda lihat di internet, baik itu tentang healthcare atau nasihat kesehatan mental, karena tak semuanya bisa teraplikasikan pada Anda. Dan itu tak masalah, tak ada yang salah dengan Anda, karena memang Anda tak bisa menyantap nasihat di media sosial yang secara umum dikonsumsi masing-masing individu di luar sana yang menonton konten yang sama,” ujar Rachel. Jadi kalau ada teknik pernapasan tertentu atau latihan meningkatkan mood yang kamu lihat dari terapis di TikTok dan itu cocok dengan kamu, maka itu hal yang bagus. Tapi sekalipun tak cocok, tak usah memaksakannya.


    Ketahuilah bahwa video ini bukanlah pengganti dari terapi sungguhan.

    Meski kamu telah mempelajari beberapa strategi penolong untuk menghadapi beberapa kondisi, tapi menonton video terapis TikTok bukanlah hal yang sama dengan pergi ke terapi sungguhan. Karena kamu tetap tak mendapatkan panduan spesifik berdasarkan situasi terkini kamu, yang biasanya bisa diceritakan saat bertemu dengan terapis secara privat, jelas Rachel. Dan kamu juga tak mendapatkan hubungan therapeutic (alias ikatan antara sang terapis dengan kliennya) jika hanya menonton lewat TikTok, tambahnya.


    Kalau kamu sedang menghadapi kecemasan atau masalah mengenai mood yang menghambat aktivitas keseharian kamu, atau kamu hanya lebih senang dengan nasihat yang khusus ditujukan pada kamu, maka itulah saatnya untuk menemukan seorang terapis di luar TikTok, ujar Rachel.


    Jadi, video-video terapis di TikTok ini tentunya bisa membantu, tapi tak seluruh nasihatnya bisa cocok dengan kamu. Dan menonton videonya bukanlah hal yang sama dengan pergi ke terapi sungguhan, mmmkay? Sekarang karena Cosmo sudah panjang lebar menjelaskan, selamat menikmati berselancar di 10 akun terapis yang layak kamu follow di TikTok.


    Kalau kecemasan sedang meninggi akhir-akhir ini:


    @evolveandbloom

    Did you know there was a difference? Share with someone who needs this???? ##foryoupage ##foryou ##viral ##fyp ##mentalhealth ##mentalhealthawareness ##therapy

    ♬ MAMACITA - Black Eyed Peas


    Ingin tip menghadapi kecemasan dari seseorang yang benar-benar memahaminya? Ikuti psikoterapis Nadia Addesi, RSW. Ia terbuka tentang pergulatannya dengan kecemasan, jadi ia akan memberikan nasihat yang sangat membantu.


    Kalau kamu ingin info kesehatan mental yang spesifik terhadap orang dengan budaya minoritas:



    Seperti yang Shani Tran, LPCC, sebutkan di video TikTok-nya, terapi tak selalu ditujukan untuk semua budaya di dunia – tapi seharusnya tak ada pembeda di sini. Itulah sebabnya banyak videonya menceritakan tentang pengalaman para terapis kulit hitam serta kliennya.


    Kalau kamu punya PTSD atau ingin belajar mengatasi trauma:



    Micheline Maalouf, LMHC, memilih topik kesehatan mental yang berbeda untuk mengisi halaman TikTok-nya setiap bulan. Selama bulan Juli, ia akan mengunggah semua hal tentang trauma, tentang bentuknya yang beragam, dan apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapinya.


    Kalau kamu ingin dapat tip yang disisipi humor:



    Terapi tak selamanya harus serius, dan TikTok milik Justin Puder, PhD, membuktikannya. Ia tak takut untuk bercanda tentang proses kehidupan (ia pun berbagi tip berguna tentang relationship, rasa duka, dan banyak lainnya).




    Kalau kamu butuh nasihat untuk segala hal:



    Akun Marquis Norton, PhD, ini sudah muncul di mana-mana… dengan maksud yang baik. Ia membahas tentang segala hal, mulai dari alkohol yang merusak diri, sampai hubungan toxic, hingga cara mengatasi negativity. Kamu akan menemukan banyak info atau setidaknya beberapa topik yang relevan dengan kamu.


    Kalau kamu butuh sedikit dorongan:



    Selain berbicara tentang kecemasan, depresi, dan relationship, Julie Smith, PhD menggunakan platformnya untuk berbagi pesan dorongan seperti video di atas ini, yang bisa membuat kita kembali funky lagi. Oh, ia juga berbagi fakta-fakta keren tentang otak, lho.


    Kalau kamu punya pertanyaan spesifik tentang kesehatan mental:


    @doctorshepard_md

    Reply to @psychotic.stxph laying in my hammock talking about ##psychiatry ❤️❤️ ##tiktokpartner ##learnontiktok

    ♬ original sound - doctorshepard_md


    Punya pertanyaan tentang kesehatan mental yang internet tak bisa jawab? Psikiater Melissa Shepard, MD, adalah akun yang bisa kamu follow di TikTok. Ia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan pengikutnya secara reguler.


    Kalau kamu mengalami kesulitan untuk percaya diri:



    Mari buka-bukaan, tak ada orang yang selalu percaya diri setiap saat. Tapi jika isu kepercayaan diri adalah yang ingin kamu atasi, maka coba lihat akun Kojo Sarfo, DNP, PMHNP-BC. Ia punya lima serial yang menjelaskan caranya untuk meningkatkan rasa percaya diri.


    Kalau kamu punya ADHD:



    Lindsay Fleming, LPC, membahas banyaaak topik berbeda di TikTok. Tapi ia pantas kamu follow jika kamu memiliki ADHD, karena ia membahas tentang disorder ini cukup sering dan secara reguler.


    Kalau kamu punya ~relationship drama~:



    Shane Birkel, LMFT adalah terapis untuk pasangan, jadi isi TikTok-nya adalah semua hal tentang relationship. Ajak juga pasangan kamu untuk menontonnya kalau ada satu masalah yang ingin kalian selesaikan.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Cosmopolitan US / Kara Cuzzone)