Beauty

Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Gunakan Pelembap

  by: Astriana Gemiati       17/7/2020
    • Apakah kamu merasakan produk pelembap tidak terserap dengan baik?
    • Mungkin kamu melakukan salah satu kesalahan seperti di bawah ini saat akan mengaplikasikan krim pelembap.


    Formula pelembap kamu akan bekerja dengan baik dan terlihat pada kulit apabila teknik mengaplikasikannya pada wajah sudah tepat. Jadi, ketika kamu menemukan bahwa kulit terlihat sangat berminyak di awal, atau merasa sangat dehidrasi, itu bisa jadi karena kamu telah melakukan salah satu kesalahan seperti di bawah ini saat hendak menggunakan krim pelembap!




    Menerapkan terlalu banyak produk


    Apapun jenis kulit kamu, jika menggunakannya secara berlebih yang ada justru kulit kamu akan terasa lebih licin dan terkesan berminyak. Ada baiknya coba mengikuti instruksi seperti yang tertera pada kemasan. Jika tidak ada, jumlah seukuran kacang polong bisa menjadi takaran kamu saat akan menerapkannya pada wajah.


    Menggunakan pelembap tanpa mencuci tangan

    Oh well... Cosmo bahkan tidak ingin memikirkan berapa banyak bakteri dan kuman yang dimiliki tangan dan jari kamu. Jika kamu ingin mengurangi kemungkinan terkena noda, maka cucilah tangan kamu sebelum mengoleskan pelembap, terutama jika kamu memasukan jari ke dalam jar —bakteri sangat suka tempat yang lembap dan gelap.




    Tidak menjaga kulit agar tetap lembap karena sudah memiliki kulit berminyak

    Menggunakan krim pelembap adalah sangat penting untuk menjaga agar kadar kelembapan tetap seimbang. Untuk kulit berminyak, coba gunakan pelembap berbasis minyak atau gel untuk menjaga kompleksi kulit wajah kamu.


    Baca jugaBahan Bahan Skincare Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak




    Tidak menerapkannya di area leher dan dada

    FYI, kulit di leher dan dada kamu juga akan melalui proses penuaan. Coba pijat lembut kedua area tersebut dengan menggunakan pelembap kamu untuk mencegah pembentukan garis-garis halus.


    Menggunakan formula yang salah untuk jenis kulit

    Sejauh ini yang paling umum: Jika kamu memiliki kulit berminyak dan menggunakan pelembap secara berlebihan, tentu saja kulit wajah kamu akan langsung terlihat mengilap. Temukan formula yang tepat dengan mencoba konsultasikan melalui dokter kulit untuk mengetahui tipe kulit kamu. Atau, jika kamu memiliki anggaran terbatas, kamu bisa cek beberapa review para beauty enthusiast atau rajin membuka website Cosmo untuk mencari tahu apa saja rekomedasi produk pelembap yang tepat buat kamu.


    Menerapkannya hanya pada kulit kering

    Coba perhatikan, jika pelembap dianggap cukup lama meresap ke dalam kulit, itu mungkin karena kamu hanya mengoleskannya pada area kulit kering. Cosmo menyarankan bahwa setelah membersihkan kulit wajah, biarkan sedikit lembap baru dilanjutkan dengan mengaplikasikan moisturizer. Atau, kamu bisa juga gunakan toner dahulu untuk membantu produk dengan cepat mengunci kelembapan.


    Tidak membiarkannya mengering sebelum merias wajah

    Apapun foundation yang kamu gunakan jika pelembap kamu tidak menyerap dengan benar, itu akan membuat riasan kamu terkesan blotchy. Solusinya? Tunggu beberapa menit dan biarkan pelembap menyerap dengan baik, baru kamu bisa lanjutkan dengan foundation, bedak, hingga blush on untuk hasil akhir yang sempurna.




    ( Astriana Gemiati, Image: luckybusines©123RF.com / GIPHY.com )