Beauty

Manfaat Minyak Alpukat untuk Kecantikan Kulit

  by: Kissy Aprilia       17/7/2020
    • Minyak alpukat memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kecantikan.
    • Minyak alpukat dapat mengatasi masalah kulit kering, jerawat, sampai tanda-tanda penuaan. 
    • Pastikan kamu memilih minyak alpukat organik agar khasiat yang diberikan pada kulit lebih maksimal. 


    Are you a big fan of avocado? Buah yang satu ini ternyata memiliki sejumlah peran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Manfaat ini bisa didapatkan dengan sejumlah cara, mulai dikonsumsi dengan roti, dijadikan smoothies, sampai digunakan sebagai perawatan topikal. Para dermatologis bahkan mengakui keunggulan buah alpukat dan menyarankan kita untuk menggunakan minyak esensialnya dalam rutinitas kecantikan sehari-hari. 





    Apa itu minyak alpukat?

    Kamu mungkin sudah tahu bahwa buah alpukat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Lebih detailnya, buah alpukat mengandung serat yang tinggi, rendah gula, dan semua vitamin cofactor yang kita butuhkan—termasuk kalium, natrium, magnesium, vitamin A, C, K dan B6, asam folat dan niasin. Buah alpukat juga memiliki antioksida yang sangat kuat, serta lemak tak jenuh tunggal, dan semua kandungan tersebut banyak digunakan dalam produk skincare.  

    Saat membeli minyak alpukat, kamu sebaiknya memilih produk organik (tidak diolah) dan diformulasikan secara cold-pressed. Hal ini memastikan bahwa minyak alpukat yang kamu dapatkan benar-benar murni sehingga memberikan hasil perawatan yang maksimal untuk kulit.


    Jadi, apa saja manfaat minyak alpukat untuk kecantikan?

    Note: untuk pemakaian topikal.




    • Membantu memperbaiki kinerja kolagen di dalam kulit. Memulaskan minyak alpukat pada kulit membantu mencegah semua faktor pemecah kolagen sehingga kulit senatias halus, lembut, dan kencang. 
    • Mengurangi risiko kerusakan pada kulit. Karena kaya akan antioksidan, seperti vitamin E yang berfungsi menghalangi paparan radikal bebas, minyak alpukan akan melindungi kulit dari kondisi lingkungan yang buruk.
    • Mengatur tingkat hidrasi kulit. Minyak alpukat dapat bertidak sebagai emolien yang bersifat oklusif. Ini artinya, formula minyak alpukat bekerja mengunci kadar air pada kulit sehingga tetap lembap, dan tentu saja: mengurangi risiko munculnya keriput.
    • Meminimalkan masalah inflamasi. Buah ini memiliki sifat anti inflamasi yang direkomendasikan untuk perawatan eksim, psoriasis, atau masalah jerawat. Supaya tidak menyumbat pori-pori, pastikan kamu mencuci wajah sampai bersih setelah menggunakannya.
    • Membantu perawatan kulit kepala yang kering dan mengelupas. Minyak alpukat bekerja mengembalikan keseimbangan microbioma di permukaan kulit, sehingga mengurangi peradangan.



    Adakah efek samping penggunaan minyak alpukat?

    Formula minyak alpukat seringkali digunakan sebagai bahan dasar skincare untuk jenis kulit kering, sensitif, atau bermasalah. Akan tetapi, selalu ada kemungkinan munculnya reaksi alergi ketika mencoba sebuah produk baru. Maka dari itu, kamu wajib melakukan tes terlebih dulu dengan cara mengaplikasikannya di area kulit yg sensitif. 


    Bagaimana cara tepat menggunakan minyak alpukat?

    Kamu dapat menggunakan produk minyak alpukat murni atau pun yang sudah diformulasikan dengan produk skincare tertentu, dan biasanya banyak ditemukan dalam produk pelembap kulit. Jika ingin mencoba menciptakan homemade skincare, kamu dapat memanfaatkannya untuk hydrating atau nourisih mask dengan cara mencampurkan buah alpukat dan madu organik. Tertarik mencoba minyak esensialnya secara langsung? Kamu bisa merasakan khasiatnya untuk kulit, dari ujung kepala hingga ke ujung kaki sebagai hair and body oil. 


    (Kissy Aprilia, images: Estudio Bloom/ Unsplash)