Lifestyle

16 Barang untuk Dekorasi Kamar Kos

  by: Givania Diwiya Citta       19/7/2020
    • Ada banyak cara untuk membuat kamar jadi lebih hidup dan berwarna, tak terkecuali kamar kos yang compact.
    • 16 barang pilihan Cosmo ini bisa jadi inspirasi kamu untuk mendekorasi kamar kos dan memaksimalkan fungsi ruangan.


    Halo, para anak kos yang sedang dalam jenjang kuliah ataupun bekerja! Kamu pasti tahu bahwa ada tantangan tersendiri untuk mendekorasi kamar yang ukurannya compact, apalagi dilema kalau memasukkan barang belanja ke cart sebelum check out, mau ditaruh di mana lagi ya nanti barangnya?! Tak apa untuk berbelanja barang, tapi tetap ingat untuk mindful dan tak menjadi seorang hoarder, mmmkay? Sekarang, Cosmo akan memberi kamu tips untuk memaksimalkan ruang kamar yang terbatas lewat penggunaan beberapa barang yang tak hanya dekoratif, namun juga berfungsi dan pintar dalam mengoptimalkan tempat. Inilah sederet barang esensial yang bisa kamu jadikan inspirasi dekorasi untuk kamar kos, yang juga akan mengakomodir kebutuhan aktivitas kamu seperti makan-mandi-tidur-relaksasi di dalam kamar. 




    Untuk menciptakan Tumblr-vibes:


    String lights, Shopee.co.id

    (Harga: Rp22.660,-)

    Meski dekorasi string lights klasik untuk suasana Natal, tapi dengan memasangnya di kamar kos, semisal di dinding atau di sekitar cermin rias kamu, kehadiran lampu LED ini akan mentransformasi nuansa kamar yang tadinya kaku jadi jauh lebih ~hangat~.


    Untuk memanfaatkan dinding kosong:


    Hanging hook, Tjusig, Ikea.co.id

    (Harga: Rp199.000,-)

    Memasangkan gantungan multifungsi adalah pilihan baik untuk menyimpan tas, jaket, dan barang lainnya yang sering kamu gunakan saat akan ke luar rumah. Apalagi dengan menempelkannya di dinding kosong, kamar jadi punya kelegaan tanpa banyak memakan tempat.


    Untuk menghidupkan musik dalam kamar:


    Mini bluetooth speaker, Mifa, Jd.id

    (Harga: Rp299.000,-)

    Speaker selalu berguna (meski hanya dengan volume moderat yang tak bising berlebihan, ya, ingat kamu punya tetangga kos!) untuk memainkan musik, apalagi musik punya fungsi untuk membuat kamu fokus saat belajar atau mengerjakan tugas, ataupun saat kamu butuh meditasi, ataupun hanya untuk menikmati sesi musik seru di malam akhir pekan.


    Untuk membersihkan debu secara effortless:


    Handheld vacuum, Bolde, Blibli.com

    (Harga: Rp389.000,-)

    Percayalah, meski kamar kos kamu tak berukuran super luas, tapi kamu pasti tetap akan menemukan debu, dan kamu tak punya alasan untuk malas bersih-bersih meski kamarmu kecil karena ada alat pembersih yang memudahkan hidup kamu berikut ini. Apalagi, ukurannya yang kecil karena bisa langsung kamu genggam ini, tak akan memakan banyak tempat untuk disimpan dalam kamar.


    Untuk terbangun tanpa telat:


    Wooden digital clock, Tokopedia.com

    (Harga: Rp99.400,-)

    Kamu tak akan terlambat pergi ke kampus atau kantor dengan jam alarm yang setia menanti membangunkan kamu setiap pagi. Jadi, daripada pasang alarm di ponsel (karena kita tahu kita hanya akan pencet tombol snooze lalu buka Instagram dan menunda mandi), maka coba biarkanlah alarm dari jam kayu chic ini yang membangunkanmu.


    Untuk merapikan peralatan mandi:


    Plastic shower basket, Shopee.co.id

    (Harga: Rp107.804,-)

    Keranjang imut ini akan memuat semua perlengkapan ritual mandi kamu dalam satu tempat, jadi kamu tak perlu melihatnya tercecer di atas wastafel.


    Untuk meningkatkan kenyamanan kasur:


    Quilt cover, Skuggbräcka, Ikea.co.id

    (Harga: Rp249.000,-)

    Sekalipun kasur di kamar kos kamu adalah bertipe twin-size, tapi kamu tetap bisa membuatnya super nyaman sekaligus tak membosankan dengan sarung quilt berpola grafis acak ini.


    Untuk mendekorasi kasur:


    Throw pillow, On&On, Dekoruma.com

    (Harga: Rp180.550,-)

    Sekarang setelah kamu meningkatkan level kenyamanan kasur, waktunya untuk meriasnya tampak lebih glam dengan bantal dekoratif! Grafisnya yang flowery dan warnanya yang subtle akan sukses menghiasi apapun jenis kasurmu.




    Untuk memotivasi diri sebelum tidur:


    LED neon box, Mendekor, Dekoruma.com

    (Harga: Rp211.680,-)

    Situasi pencahayaan saat tidur juga bisa membuat suasana kamar jadi lebih nyaman, apalagi dengan tambahan fitur quotes motivasi yang akan mendorong semangat kamu untuk bangun keesokan hari dengan pikiran positif.


    Untuk memenuhi aktivitas makan di kamar:


    Melamine dinnerware, Golden Dragon, Lazada.co.id

    (Harga: Rp419.200)

    Jika kamu bisa masak di fasilitas rumah kos (ataupun berlaku juga untuk kamu pencinta pesan makanan antar), set perangkat makan ini akan menunjang aktivitas bersantap kamu. Tak perlu lagi makan dari panci, ya…


    Untuk menyempurnakan aktivitas makan:


    Cutlery set, Sujeo, Blibli.com

    (Harga: Rp75.000,-)

    Kalau yang ini fungsinya untuk membuat aktivitas bersantap kamu jadi lebih sempurna dan menyenangkan.


    Untuk mengeringkan cucian setelah makan:


    Dish drainer, Sinmatron, Jd.id

    (Harga: Rp129.000,-)

    Setelah asyik bersantap, tak perlu malas cuci piring, karena kamu punya tempat pengering sekaligus penyimpan semua alat makan kamu yang edgy ini! Percaya, deh, dish drainer ini akan sangat berguna untuk kamu para penghuni kos.


    Untuk membuat barang tak bercecer di meja:


    Silicone storage box wall-mount, Tokopedia.com

    (Harga: Rp38.800,-)

    Kadang dengan banyaknya dinding kamar kos yang kosong, sebenarnya ada pula tempat ekstra untuk menempatkan barang-barang kamu. Tapi tetap sepakati dulu aturan menghias dinding dengan pemilik kos, ya. Kalau kamu bisa memanfaatkan dinding kosong, coba isi dengan boks penyimpanan yang praktis digantungkan di dinding, jadi kamu tak akan kehilangan jejak keberadaan remote AC sampai alat tulis kamu.


    Untuk bercermin sekaligus menyulap ruangan:


    Hanging mirror, Mendekor, Dekoruma.com

    (Harga: Rp144.480,-)

    Cermin ini tak hanya akan berfungsi untuk kamu gunakan saat merias diri, tapi kehadiran cermin ini akan sekaligus memberi ilusi optik dan membuat kamar tersulap jadi lebih luas. Kamu mungkin jadi betah lama-lama bercermin (haruskah dipertanyakan?) dan akhirnya jadi tetap betah #DiRumahAja saat masa pandemi belum berakhir.


    Untuk memperindah area tempat tidur:


    Wall sticker, Codeco, Dekoruma.com

    (Harga: Rp252.000,-)

    Wall sticker yang ramah dan mudah ditempel di dinding ini akan secara instan mentransformasi dinding kamar kos kamu yang konkrit dan monoton jadi gorgeous


    Untuk membuat tidur kamu lebih nyenyak:


    Throw blanket, Tan Living, Dekoruma.com

    (Harga: Rp499.000,-)

    Sekarang beri sentuhan terakhir pada kasur dengan menambahkan throw blanket yang berfungsi sebagai selimut sekaligus penutup kasur. Apalagi, kamu akan berterima kasih dengan kehadiran selimut ini saat kamu melepas lelah dari aktivitas WFH atau mengerjakan tugas, karena kini saatnya kamu cuddling dengan diri sendiri.


    (Givania Diwiya / Images: Courtesy of products / Layout: Shakurani)