Lifestyle

Menurut Cosmo, Ini Deretan Film Paling Seram Sepanjang Masa

  by: Kezia Calesta       18/7/2020
  • Apa film horor atau thriller yang paling menakutkan untukmu? Menurut tim Cosmo, berikut adalah kumpulan film paling seram sepanjang masa yang selalu berhasil membuat bulu kuduk berdiri. Do you share our picks?


    1. Pengabdi Setan (2017)

    Alvin Yoga, Feature Editor





    "Joko Anwar selalu bisa membuat bulu kuduk merinding dengan caranya sendiri. Dari awal film, sensasi mencekam dan ngeri sudah disuguhkan lewat pengenalan tokoh "Ibu" dan sentuhan latar belakang yang pas. Kemampuan dan porsi akting para pemainnya sempurna, pendalaman ceritanya mengalir mengenaskan - in a good way - sehingga emosi penonton seakan-akan bisa ikut tersambung dengan karakter yang ada di film. Audionya juga jempolan (siapa sih, yg bisa melupakan lagunya sehabis nonton film itu?), selain itu sinematografinya juga sempurna. Engga kaget kalo film ini akhirnya rilis di 42 negara, mendapat 90% di Rotten Tomatoes, dan menang berbagai penghargaan ternama."


    2. 4bia (2008)

    Giovani Untari, Feature Reporter



    "Film Thailand dibagi menjadi empat bagian, dan ada salah satu adegan yang masih saya ingat dan begitu membekas hingga saat ini: bagian pramugari yang harus mengawal jenazah di atas pesawat terbang! Teror yang diberikan film ini begitu menegangkan dan dikemas secara apik — belum lagi ada beberapa pesan moral yang terungkap dengan penuh twist di akhir cerita ini."


    3. Jelangkung (2001)

    Kissy Aprilia, Digital Editor



    "Film ini memang sudah cukup lama, dan pada saat itu, era perfilman Indonesia belum sehebat sekarang. Namun, saya salut karena film ini bisa menyuguhkan cerita urban legend yg sederhana, namun diulik menjadi sesuatu yg original dan tidak terlupakan sehingga membuat orang tidak lagi lagi memandang film horor Indonesia sebelah mata."


    4. Nightcrawler (2014)

    Severinus Dewantara, Art Designer





    "Spoiler alert: film ini bercerita tentang psikopat yang berprofesi sebagai jurnalis, di mana ia mencelakai orang lain agar bisa dijadikan bahan berita olehnya. Menurut saya, konsep film ini lebih menakutkan dan thrilling dibanding film hantu, karena hal ini sangat mungkin terjadi di kehidupan sehari-hari… khususnya di masa kini di mana media dan netizen sering tertarik dengan konten yang negatif."


    5. Shutter (2004)

    Shamira Priyanka, Digital Writer



    "Sejak kecil, saya tidak pernah diizinkan menonton film horor oleh ibu, maka suatu hari aku mampir ke rumah tetangga untuk menonton Shutter versi Thailand yang katanya menyeramkan. Hasilnya? Saya tidak bisa tidur selama empat malam, dan tidak pernah berani mematikan lampu! Menurut saya, ceritanya menarik, membuat penasaran, dengan plot yang original dan tidak tertebak pada saat itu. Shutter penuh ketegangan dan jump scare, dan saya tidak pernah bosan menonton film ini hingga sekarang. Adegan favorit yang selalu berhasil membuat deg-degan: saat sang pria sedang gelisah di apartment sendirian. Seru!"


    6. Orphan (2019)

    Kezia Calesta, Feature Reporter



    "Saya biasanya tidak merasa terganggu atau gelisah setelah menonton film horor atau hantu, tapi film ini benar-benar creepy dan berhasil membuatku tidak bisa tidur semalaman meskipun tidak melibatkan dunia gaib. Film horor psikologis yang diproduksi oleh Leonardo DiCaprio ini menceritakan pasangan yang baru mengundang seorang anak yatim piatu untuk tinggal bersama mereka, namun lama-lama sadar bahwa Esther ini memiliki karakter yang jahat dan masa lalu yang aneh. Seriously, sampai sekarang aku masih takut menonton film ini!"


    (Image: doc. various / Layout: Severinus Dewantara)