Beauty

13 Mitos Makeup Yang Sering Kamu Dengar!

  by: Astriana Gemiati       20/7/2020
    • Mendengar atau melihat perihal produk kecantikan memang bisa sangat mudah memengaruhi kamu dalam mempersepsikan dan mengaplikasikan sebuah produk pada wajah.
    • Berikut beberapa mitos makeup yang sering kamu dengar.


    Pada kenyataannya, siapa yang tidak menyukai makeup! Produk kecantikan bisa begitu banyak memberi manfaat, tak hanya untuk penampilan fisik namun juga bisa menaikkan kadar kepecayaan diri kamu, lho! Namun, ada beberapa kesalahpahaman mengenai penggunaan makeup yang mungkin bisa memengaruhi kamu.




    Hmm.. kira-kira apa saja ya mitos makeup yang umum sering kamu dengar!


    Mitos #1: Bahan sedikit = produk lebih baik

    Sama seperti makanan, menggunakan bahan-bahan yang lebih sedikit umumnya akan lebih sehat untuk kamu, begitu juga dengan makeup! Pilihan terbaik adalah mencari riasan yang fragrance-free, oil-free, dan bahan berbasis mineral. 

    Memilih produk yang bebas paraben, digunakan untuk mempertahankan makeup dan memperpanjang umur masa waktu simpannya. Aturan praktisnya yang baik adalah mencari produk yang memiliki bahan paraben yang tertulis di akhir daftar bahan dengan jumlah minimal dibandingkan dengan bahan lainnya dalam makeup. Namun, apabila kamu melihat kata paraben tertulis dua kali atau letaknya di paling atas, Cosmo tidak menyarankannya!


    Mitos #2: Memompa tongkat maskara akan mendapatkan lebih banyak produk

    Cosmo tahu kamu ingin setiap maskara yang masih tersisa bisa digunakan! Namun, melakukan dengan cara tersebut dapat memasukan udara ke dalam tabung. Kebiasaan buruk ini memungkinkan bakteri terperangkap di sana dan tumbuh hingga menyebabkan kemungkinan akan terjadi infeksi pada mata. 


    Mitos #3: Tidak perlu menggunakan sunscreen di bawah alas bedak yang sudah memiliki SPF

    Menggunakan foundation, BB atau CC cream, dan tinted moisturizer yang sudah dibekali SPF di dalamnya tidaklah cukup untuk melindungi wajah kamu dari sinar matahari. Makeup dan krim pelembap akan mencairkan efektivitas SPF dalam produk makeup sekitar 10 hingga 15 menit setelah aplikasi. Jika kamu harus berada di luar lebih dari 10 menit, kamu tetap membutuhkan dan menggunakan produk sunscreen.


    Mitos #4: Makeup mahal membuat riasan kamu tampil cantik

    Kamu akan rela merogoh biaya banyak demi mendapatkan produk kesayangan dari bran mahal atau saat desainer favorit merilis produk kecantikan! Nah, perbedaan sebenarnya antara bran mahal dan label drug store adalah hanya persoalan harga. 

    Secara umum tidak ada perbedaan kualitas merek kelas atas dengan drug store brand. Yang penting perlu kamu perhatikan adalah bahan kandungan yang digunakan pada produk tersebut dan bagaimana teknik kamu mengaplikasikannya pada wajah.


    Mitos #5: Menggunakan warna concealer yang sama dengan foundation

    Jika kamu memiliki “mata panda” yang sangat gelap, menggunakan concealer yang sama dengan warna foundation tidak akan cukup untuk menutupinya. Ada baiknya kamu mengaplikasikan color correcting berwarna peach dahulu untuk menutupi area gelap, setelah itu baru dilanjutkan dengan menggunakan concealer. 


    Mitos #6: Memilih rona foundation hanya dengan mengoleskannya pada pergelangan tangan

    Karena kamu sering terkena paparan sinar matahari dan kondisi cuaca, tentu saja kulit pergelangan tangan atau tangan kamu memiliki warna berbeda dari wajah. Untuk mendapatkan rona yang tepat, cara menentukan foundation dari warna kulit kamu yaitu dengan mengaplikasikan produk pada rahang atau pipi kamu pada cahaya yang alami


    Mitos #7: Tidak masalah tidur dengan menggunakan makeup

    Tentu saja, membersihkan kotoran makeup terutama waterproof mascara bisa menjadi tugas berat apalagi ketika kamu sudah lelah setelah seharian beraktivitas. Ketika kamu memutuskan untuk membiarkan tidur bersama makeup pada malam hari, sama saja kamu memberinya lebih banyak waktu untuk mengembangkan bakteri hingga bisa menyumbat pori-pori pada wajah yang bisa mudah menyebabkan munculnya jerawat. Tidur juga membantu meregenerasi kulit dan memperbaiki dirinya sendiri, jadi ada baiknya kamu jangan melewatkan proses pembersihan pada wajah.



    Agar kulit kamu tetap terjaga dengan baik, coba ubah kebiasaan tidur dengan mengganti sarung bantal secara teratur. Atau, tidurlah di satu sisi sarung bantal dan alihkan ke sisi lain pada hari berikutnya. Kemudian cuci pada hari ke tiga, ini akan menjauhkan dari bakteri yang menyumbat pori-pori, minyak, dan iritasi lainnya dari kulit kamu.




    Mitos #8: Tidak membersihkan alat-alat makeup hanya karena kamu saja yang menggunakannya

    Alat rias kamu tidak hanya bersentuhan dengan wajah, namun juga dengan pouch kesayangan dan benda-benda lainnya yang ada di sekitar. Kedua area ini justru memiliki kuman dan bakteri yang dapat di transfer dengan mudah ke alat-alat makeup kemudian kulit kamu. Cucilah setidaknya seminggu sekali untuk menghindari iritasi dan jerawat!


    Baca juga: Ini Cara Bersihkan Kuas Makeup Agar Terlihat Seperti Baru


    Mitos #9: Krim pelembap bisa menggantikan produk primer

    Pelembap hanya bisa membantu menjaga kulit kamu agar tetap lembap dan terhidrasi, dan tidak membantu kamu dalam ber-makeupPrimer akan bantu menghaluskan kulit kamu dan membantu foundation agar dapat menyebar merata di seluruh wajah, sekaligus bantu membuat riasan agar lebih tahan lama. Selalu aplikasikan pelembap dahulu setelah itu baru primer, dan lanjutkan dengan proses makeup.


    Mitos #10: Concealer dahulu baru foundation

    Sebenarnya, disarankan untuk menggunakan foundation terlebih dahulu dan kemudian concealer untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan kulit lainnya. Ini juga bantu membuat riasan kamu terihat lebih alami.


    Mitos #11: Menggunakan eyeliner gelap bisa buat mata kamu terlihat besar

    Untuk membuat mata kamu terlihat lebih besar, lebih baik menerapkan eyeshadow dan eyeliner ringan ke kelopak mata bagian dalam. Efek eyeliner gelap dan smokey hanya bisa berikan kesan dramatis bukan ukuran mata.


    Mitos #12: Warna alis harus lebih gelap dari rambut

    Jika kamu memiliki alis yang terang dan berpikir untuk harus mewarnainya, lakukanlah! Tidak ada aturan atau skala yang ditetapkan untuk warna alis kamu. Kuncinya, percaya diri!


    Mitos #13: Kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap

    Pelembap adalah kunci untuk menjaga kulit kamu agar tetap terhidrasi, begitu juga dengan kulit berminyak! Yang terpenting adalah kamu harus mengetahui bahan-bahan skincare yang cocok untuk kulit berminyak. Jadi, kulit berminyak juga butuh pelembap.


    Baca juga: Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Saat Gunakan Pelembap




    ( Astriana Gemiati, Image: Shiny Diamond/PEXELS, GIPHY.com )