Lifestyle

Netflix Dilaporkan Hadapi Gugatan Karena "Stranger Things"

  by: Shamira Priyanka Natanagara       20/7/2020
  • Netflix dan para pembuat Stranger Things dilaporkan sedang digugat karena mencuri ide serial tersebut dari sebuah naskah.

    Para pencipta Stranger Things, Matt dan Ross Duffer, dan platform streaming yang menayangkan serial tersebut menghadapi gugatan dari perusahaan produksi Irish Rover Entertainment, yang mengklaim bahwa acara tersebut meniru konsep dari proyek serial televisi mereka, berjudul Totem.

    Menurut Digital Spy, naskah untuk Totem ditulis oleh Jeffrey Kennedy, yang mengklaim bertanggung jawab atas 'alur cerita, rangkaian, karakter, tema, dialog, suasana, dan latar, serta konsep seni yang memiliki hak cipta' dari acara tersebut.



    Gugatan tersebut menyatakan bahwa Aaron Sims membantu Jeffrey mengembangkan Totem, dan kemudian menyediakan konsep seni untuk Stranger Things, mengaitkan kedua acara. Jeffrey juga mengatakan bahwa Totem aslinya terinspirasi dari kematian salah satu teman masa kecilnya, yang mengidap epilepsi.

    Berikut isi gugatannya:

    "Selama masa kecil bersama di pedesaan Indiana, Oshtimer dan Kennedy terus-menerus menghadapi ancaman 'iblis pribadi' Oshtimer, epilepsi, yang menciptakan 'hujan petir dalam otaknya. Hujan petir tersebut atau kejang bisa mengirimnya ke dunia supernatural alternatif di mana sang iblis tinggal.'

    Klaim tersebut juga menyebutkan sejumlah perbandingan antara kedua serial, mencatat bahwa keduanya memiliki premis dasar yang sama, tokoh utamanya adalah seorang perempuan muda, dan keduanya menampilkan dunia alternatif dengan roh-roh supernatural gelap.



    Menanggapi gugatan tersebut, seorang perwakilan Netflix memberitahu The Wrap:

    "Tuan Kennedy telah menjajakan teori konspirasi tidak masuk akal ini selama bertahun-tahun, meski Netflix telah berkali-kali mengatakan bahwa kakak-beradik Duffer tidak pernah mendengar namanya atau skrip yang tidak ia terbitkan sampai ia mulai mengancam untuk menuntut mereka."

    "Setelah kami menolak untuk memenuhi keinginannya untuk sebuah bayaran, ia mengajukan tuntutan yang tak berdasar ini. Tidak sedikit orang yang ingin mengklaim pujian atas diciptakannya Stranger Things. Namun kenyataannya adalah acara tersebut dibuat secara independen oleh kakak-beradik Duffer, dan hasil kreativitas dan kerja keras mereka."


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Netflix)