Lifestyle / ADVERTORIAL

Kampanye LUX #BintangMasaKini Soroti Perempuan Garda Depan

  by: Givania Diwiya Citta       20/7/2020
    • Sebagai apresiasi kepada semua perempuan dan perannya di masa pandemi Covid-19, LUX memperkenalkan kampanye yang bertajuk #BintangMasaKini.
    • Kampanye ini menyoroti peran penting para pejuang di garda depan terutama ketika masa pandemi, serta sebagai wujud terima kasih untuk dedikasi mereka.


    Sejak pandemi Covid-19 merebak di Indonesia pada bulan Maret 2020, kita mulai beraktivitas, belajar, dan bekerja dari rumah. Lebih dari tiga bulan lamanya, mayoritas dari kita pun melakukan karantina #DiRumahAja hingga kini kita memasuki masa transisi menuju adaptasi gaya hidup yang baru dan lebih mindful terhadap kebersihan serta kesehatan. Tapi selama itu, tahukah kamu siapa yang berjuang lebih keras menghadapi tantangan dan terekspos oleh kondisi pandemi? Ya, mereka adalah para pejuang di garda depan yang setiap harinya tak lelah bekerja untuk masyarakat meski terpapar oleh ancaman dari pandemi. Apalagi para perempuan yang berperan ganda untuk tak hanya melayani masyarakat, namun juga menjalankan perannya di kehidupan personalnya sebagai seorang ibu, istri, kakak, ataupun sebagai seorang anggota keluarga yang diandalkan.





    Cosmo terenyuh saat memikirkan para perempuan kuat ini, apalagi saat LUX menyoroti peran para perempuan garda depan ini dalam kampanye bertajuk #BintangMasaKini pada awal bulan Juni lalu. Dimulai dari viralnya IG challenge #BintangMasaKini di mana banyak perempuan memberikan apresiasinya pada para female front liners secara lintas profesi. Mulai dari para tenaga medis, jurnalis lapangan, kasir swalayan, sampai para street workers seperti penyapu jalan, pengambil sampah, penjual sayur, hingga para perempuan pengendara ojek online, banyak ungkapan terima kasih serta cerita perjuangan mereka yang dikisahkan lewat unggahan media sosial.



    Nama-nama selebriti tanah air pun turut membuka suara mereka, seperti di antaranya Alexandra Asmasoebrata yang menyampaikan apresiasinya kepada para profesi dokter yang bertugas langsung di rumah sakit penanganan Covid-19 di Jakarta, Maria Rahajeng yang mengapresiasi para street workers sebagai refleksi Bintang Masa Kini versinya, sampai Asmara Abigail yang mengapresiasi perempuan-perempuan di KBRI Roma yang sudah membantu WNI di Italia saat masa kritis Covid-19 terjadi di sana.



    Rasanya tak salah jika para perempuan hebat tersebut dilabeli bintang yang sesungguhnya, bagaimana tidak, mereka tetap bersinar meski kondisi kehidupan di dunia sedang kelam. Mereka tetap melaksanakan tugas mulia mereka untuk masyarakat, bahkan tetap bekerja untuk mengakomodasi kebutuhan pokok kita yang beruntung punya privilege untuk tetap beraktivitas secara aman di rumah, lho! 





    Seperti ungkapan Maudy Ayunda yang berbincang dengan Cosmo lewat ajang IG Live pada hari Minggu lalu, tentang makna #BintangMasaKini baginya, “Dengan sudah berjalannya new normal ini, ada juga sosok perempuan hebat yang bekerja di jalanan. Seperti pasukan oranye, yang bertugas parkir, menjadi satpam, menurut saya peran mereka juga harus kita angkat ke permukaan karena merekalah bintang masa kini. Karena sungguh tidak sepele, saat banyak orang masih bisa beraktivitas dari rumah dengan banyak protokol lainnya, sosok-sosok inilah yang jauh lebih terekspos. Jadi saya rasa penting untuk mengapresiasi mereka, karena berkat mereka, kita bisa merasa nyaman menjalani new normal ini,” ungkap Maudy.


    "Seperti pasukan oranye, yang bertugas parkir, menjadi satpam, menurut saya peran mereka juga harus kita angkat ke permukaan karena merekalah bintang masa kini." - Maudy Ayunda


    Berangkat dari gagasan ini pula, LUX pun memberi apresiasi khusus pada para #BintangMasaKini dalam wujud sebuah “beauty kit” sebagai ucapan terima kasih atas perjuangan dan dedikasi para perempuan hebat tersebut, serta tentunya, untuk mengingatkan mereka bahwa mereka pun berhak untuk recharge tubuh, pikiran, dan jiwa mereka melalui sesi self-pampered. Donasi beauty kit ini pun di antaranya terdiri dari produk kecantikan LUX serta produk personal care lainnya, seperti face mask, lotion, sampai lipstik. Lengkap dengan sebuah thank you card yang ditulis secara thoughtful, LUX pun mendonasikan satu beauty kit untuk satu hashtag #BintangMasaKini yang beredar di media sosial, lho!



    Lebih dari aktivitas donasi, kampanye bertajuk #BintangMasaKini pun menjadi force untuk meluruskan stigma masyarakat terhadap peran-peran para perempuan di garda depan, mulai dari tenaga medis hingga para pekerja informal seperti street workers, yang mungkin awalnya tak terlintas esensial di pikiran kita, nyatanya punya peranan vital dalam susunan masyarakat, apalagi di masa pandemi karena mereka tetap bekerja untuk melayani kebutuhan pokok masyarakat. They are the real stars, and the real superstars that shine through the darkest times. Salute!


    (Givania Diwiya / Images: Dok. Instagram @alikaislamadina @asmaraabigail @mariarahajeng @alexandra.asma / Layout: Shakurani)