Beauty

7 Cara Menata Rambut Agar Kuping Tidak Sakit Akibat Masker

  by: Shamira Priyanka Natanagara       22/7/2020
  • Oke, so kini kita semua harus memakai masker, kan? Benar, bukan?? Kalian pasti sadar bahwa kita masih berada di tengah pandemi dan kasus virus corona di Indonesia meningkat setiap hari, dan Tom Hanks tampaknya kecewa dengan umat manusia, dan selain rajin mencuci tangan/menerapkan social distancing/sebisa mungkin tidak pergi ke luar rumah, menggunakan masker wajah adalah hal paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 ketika beraktivitas di luar. Ini berarti kamu pun seharusnya tahu bahwa memakai masker seharian bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, lebih tepatnya pada bagian telinga yang ditarik karet masker.

    Dan walaupun, ya, ada masker dengan tali ikat yang lebih nyaman untuk digunakan, tidak semua orang bisa beralih ke tipe masker tersebut—terutama jika pekerjaan mereka mewajibkan mereka untuk memakai jenis masker tertentu. So, apa yang sebaiknya dilakukan? Gunakan kreativitasmu untuk menata rambut dan memanfaatkan aksesori, seperti tujuh orang berikut ini yang mengenakan sejumlah hairstyle hacks untuk mengurangi tekanan pada bagian kuping selama memakai masker wajah. Jadi sekarang kamu sama sekali tidak punya alasan untuk tidak memakai masker setiap kali pergi ke luar. Paham? Good.




    Use a head wrap

    Jika kupingmu iritasi akibat gesekan terhadap masker, hindari tali karet sejenak dan coba gunakan bahan yang lebih lembut. Dalam video di atas, @Modelesque_Nic menunjukkan tiga cara ia menggunakan masker menggunakan kerudung, memelintir dan menyimpul sebuah kain satin di atas rambut ikal dan telinganya.


    Mask for your hairstyle

    Uhh, video ini adalah bukti bahwa kamu masih bisa tampak super cute selama memakai masker (jadi gunakan, ya, tidak ada alasan!). Menggunakan beberapa jepit dan bobby pins, @HairByTT memperlihatkan cara mengamankan dan/atau menata rambut dengan gaya twist, ponytail rendah, gaya chignon, atau double buns imut.


    Twist and clip

    Kunci untuk membuat gaya rambut ini tampak cantik adalah tarik sebagian helai rambut pada bagian samping ke bagian belakang kepala. Hanya beberapa helai dipelintir ke belakang, kaitkan jepit yang cute pada tali masker, lalu gunakan jepit tersebut untuk mengamankan rambut yang sudah dipelintir. Lakukan hal yang sama pada sisi lain, dan voila! Cute hair, happy ears


    Bandana Mask Hairstyle

    Tahukah kamu bahwa awalnya bandana digunakan sebagai masker wajah sebelum masker yang kita gunakan sekarang diciptakan? Yes, sekarang adalah waktunya untuk mengeluarkan bandana kesayanganmu. Lalu gunakan untuk membungkus bagian belakang leher, selipkan setiap ujungnya melalui lubang tali masker, dan ikat bandana ke atas pada kepala atau di sekeliling ponytail untuk menata rambut dengan sempurna, sekaligus menyelamatkan kuping dari gesekan yang tidak nyaman. 


    Easy face mask hairstyle




    Gaya rambut ini benar-benar simpel—kamu hanya perlu mengikat rambut menggunakan gaya low bun, ponytail, kepang, apapun pilihanmu, dan lalu gunakan sejumlah jepit cantik untuk mengamankan tali masker pada rambut, jauh dari telinga. Tidak punya askesori menggemaskan? Ambil dua bobby pins untuk menjepit tali masker.


    Ponytail Face Mask Hairstyle


    Oke, bahkan jika kita sedang tidak menghadapi pandemi, Cosmo akan tetap mencoba gaya yang satu ini! Meski tidak dilengkapi dengan aksesori mutiara, kamu masih bisa meniru gaya rambut ponytail ini dengan mengaitkan masker di bawah atau melewati ponytail untuk mengamankannya—dan menghindari telinga.


    Braided bun mask Hairstyle


    Kamu bisa membuat penampilan gaya rambut double bun ini elegan atau santai sesuka hatimu—semprotkan dry shampoo ke bagian akar untuk memberi sedikit volume, keriting helai rambut yang membingkai wajahmu untuk membentuk soft wave. Atau hanya kepang, pelintir, dan jepitkan dua buns dengan mudah dan cepat, lalu kaitkan ikat pada masker pada kedua buns tersebut agar tidak menyakiti telinga.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/modelesque_nic, Instagram/jamielvandenberg)