Better You

8 Makanan Terbaik untuk Menghilangkan Sariawan

  by: Giovani Untari       22/7/2020
    • Salah satu masalah kesehatan yang cukup sering kali kita alami adalah sariawan. Munculnya bintik putih di area bibir, lidah, dan area dalam mulut ini juga terkadang menganggu aktivitas dan membuat kita kehilangan selera makan.
    • Untuk membantu mengatasinya, ini dia 8 makanan terbaik yang bisa kamu pilih dalam menghilangkan sariawan.


    Rasa nyeri dan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh sariawan memang terkadang mengganggu aktivitas kita. Munculnya si bintik putih ini di area bibir, lidah, dan mulut bahkan terkadang sampai membuat kita kehilangan selera makan.  

    Been there, babes!



    Sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya sariawan itu sendiri. Di antaranya faktor bentuk gigi yang terlalu tajam sehingga kerap mengenai area dalam mulut, penggunaan kawat gigi, infeksi jamur, bakteri atau virus di mulut, stres dan terjadinya perubahan hormon dalam tubuh. Sariwan juga sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi kamu juga bisa mengatasi sariawan dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang tepat, agar semakin mempercepat proses penyembuhannya.

    Berikut 8 makanan terbaik yang bisa kamu coba untuk menghilangkan sariawan.


    1. Madu

    Makanan yang baik untuk membantu menghilangkan sariawan yang pertama adalah madu. Madu terkenal dengan kandungan di dalamnya yang mengandung zat anti inflamasi serta anti bakterial. Inilah yang membuatnya baik untuk menghilangkan sariawan. Madu juga memiliki zat antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk tubuh. Selain diminum, kamu juga bisa mengoleskan madu pada sariawan karena madu juga sering digunakan untuk menyembuhkan luka.


    2. Buah-buahan Mengandung Vitamin C seperti: Lemon, Jeruk, Jambu, dan Strawberry



    Ketika sedang terserang sariawan tak jarang kita dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C. Itu karena vitamin C merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan inilah yang membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalannya dalam melawan penyakit dan peradangan, termasuk sariawan. Kamu bisa mendapatkan vitamin C secara alami dari beberapa buah segar seperti lemon, jeruk, jambu, dan strawberry


    3. Matcha

    Matcha mengandung zat bernama polifenol yang tinggi serta bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan melawan zat penyebab kanker. Selain itu matcha juga memiliki senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang berperan sebagai antioksidan alami dalam membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menyeduh bubuk matcha dengan air hangat atau mencampurkannya ke dalam menu makanan atau minumanmu.


    Baca Juga: 8 Makanan yang Ternyata Buruk Bagi Kesehatan Vagina!


    4. Daging Merah dan Salmon



    Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah kurangnya mengonsumsi vitamin B, seperti vitamin B9 dan vitamin B6. Untuk itu, saat sedang sariawan kamu bisa memilih beberapa makanan yang tinggi kandungan vitamin B seperti daging merah dan salmon. Di dalam salmon seberat 100 gram misalnya, terkandung vitamin B6 sebanyak 47%. Sedangkan daging merah seberat 100 gram memiliki 31% kandungan vitamin B6.




    5. Sayuran Hijau

    Makanan yang baik untuk menghilangkan sariawan selanjutnya datang dari sayur-sayuran hijau. Kamu bisa mengonsumsi beberapa sayuran hijau yang tinggi vitamin B seperti bayam, brokoli, selada, dan kailan. Pastikan kamu mengolah sayuran hijau dengan cara yang sehat pula contohnya direbus, dikukus, atau ditumis dengan sedikit minyak agar seluruh gizi dan nutrisi dari sayuran hijau ini tidak hilang.


    6. Alpukat

    Buah berwarna hijau ini tidak hanya enak tetapi juga kaya nutrisi yang baik bagi penderita sariawan. Di dalam alpukat terkandung vitamin vitamin B5, B6, vitamin K, dan vitamin E yang baik bagi tubuh. Alpukat pun tinggi serat dan bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Pasalnya, salah satu penyebab dari timbulnya sariawan karena adanya masalah pencernaan. Alpukat juga memiliki kandungan anti oksidan yang baik di dalamnya untuk kesehatan tubuh kita.


    Baca juga: 8 Makanan yang Baik untuk Meredakan Pilek


    7. Yogurt



    Yes, it’s time for yogurt! Yogurt dikenal berkat kandungan probiotik yang tinggi. Zat inilah yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit dan peradangan. Sehingga yogurt menjadi makanan yang tepat untuk dikonsumsi selama kamu mengalami sariawan. Selain tinggi probiotik, yogurt juga kaya akan nutrisi baik lainnya bagi tubuh seperti protein, vitamin B, dan kalsium. 


    8. Air Kelapa

    Bahan alami selanjutnya yang baik untuk menghilangkan sariawan adalah air kelapa. Dalam air kelapa terkandung antioksidan yang baik untuk tubuh dalam melawan penyakit. Air kelapa juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, magnesium, serta potasium. Tapi sebaiknya kamu tidak mencampurkan air kelapa dengan gula agar nutrisi baiknya tetap terjaga.

    Selain itu air kelapa segar juga bisa menjadi alternatif untuk mengisi cairan tubuh sehingga kamu tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa membuat mulutmu terasa kering, yang akan berdampak pada luka sariawan yang dimiliki akan menjadi terasa lebih perih dan menyakitkan. Jadi saat mengalami sariawan selalu cukupi konsumsi air di dalam tubuhmu.


    (Giovani Untari / Images: Dok. Rawpixels from Freepik.com, tenor.com)